TIPS DAN TRIK AKSI NYATA LOLOS VALIDASI DI PMM BESERTA CONTOH AKSI NYATA

Semangat Pagi,,
Kemendikbudristek telah resmi meluncurkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) tanggal 11 Februari 2022. PMM merupakan Merdeka Belajar Episode ke-15. Platform ini adalah salah satu platform teknologi dan akun pembelajaran yang dimiliki oleh Kemendikbudristek. Platform edukasi ini diperuntukkan bagi guru sebagai teman penggerak dalam mengajar, belajar, dan berkarya guna mewujudkan profil pelajar pancasila.

Gambar 01. Tampilan Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Platform ini memiliki fitur-fitur yang sangat membantu pendidik di dalam memahami dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Salah satu fitur yang ramai dikunjungi oleh pendidik yaitu fitur Pelatihan Mandiri. Fitur ini sangat komplit karena berisi materi dalam bentuk video yang sangat mudah dipahami dan tentunya sudah lolos akurasi sehingga tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Selain berisi materi, fitur ini juga terdapat soal-soal (post test) yang menguji pemahaman pendidik di dalam memahami Kurikulum Merdeka. Di akhir kegiatan, pendidik diminta untuk membuat sebuah Aksi Nyata mengenai topik yang dipilihnya. Jika berhasil, maka pendidik akan memperoleh Sertifikat.

Namun sayangnya, masih banyak pendidik yang mengalami kesulitan di dalam membuat Aksi Nyata. Padahal jika kita mengikuti petunjuk yang ada, maka dengan mudahnya kita dapat menyelesaikan Aksi Nyata. Ada beberapa yang harus menjadi perhatian di dalam membuat Aksi Nyata yaitu sebagai berikut
  1. Aksi Nyata yang dibuat tidak boleh sama persis dengan aksi nyata yang sudah ada. Di sini bapak/ibu bisa melakukan ATM (Amati Tiru Modifikasi) sesuai dengan pemahaman bapak/ibu mengenai topik yang telah dipilih.
  2. Menerima umpan balik dari objek Aksi Nyata. Artinya di sini bapak/ibu wajib melampirkan umpan balik dari rekan sejawat, siswa ataupun orang tua siswa disesuaikan dengan topik yang dipilih. 
  3. Memuat dokumentasi dalam melakukan Aksi Nyata. Dokumentasi yang dimaksud di sini yaitu dokumentasi ketika bapak/ibu menyampaikan pemahaman bpak/ibu mengenai topik yang dipilih. Misalnya dokumentasi ketika bapak/ibu mempresentasikan pemahaman bpak/ibu mengenai topik yang dipilih. 
  4. Sesuai dengan panduan yang tertera pada setiap topik Aksi Nyata yang dipilih. 
Bagaimana bapak/ibu guru hebat semuanya, cukup mudah bukan untuk membuat sebuah aksi nyata? Untuk mempermudah bapak/ibu di dalam membuat Aksi Nyata berikut saya berikan contoh Aksi Nyata yang telah saya buat dan sudah terbit sertifikatnya.
  1. TOPIK AKSI NYATA: MERDEKA BELAJAR
  2. TOPIK AKSI NYATA: TRANSISI PAUD-SD 1
  3. TOPIK AKSI NYATA: KURIKULUM MERDEKA
  4. TOPIK AKSI NYATA DISIPLIN POSITIF: PENERAPAN SEGITIGA RESTITUSI

Silahkan bapak/ibu guru bisa pilih Topik Aksi Nyata yang bapak/ibu inginkan dengan cara klik. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke halaman untuk mengunduh file tersebut.

Semoga informasi ini dapat mempermudah bapak/ibu di dalam membuat Aksi Nyata di PMM. Jika dirasa bermanfaat, silahkan bapak/ibu bisa membagikannya kepada rekan-rekan bapak/ibu di sekolah. 
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TIPS DAN TRIK AKSI NYATA LOLOS VALIDASI DI PMM BESERTA CONTOH AKSI NYATA"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah