UNDUH AKSI NYATA TOPIK: KURIKULUM MERDEKA


Kurikulum Merdeka sudah mulai diterapkan oleh masing-masing satuan pendidikan pada tahun 2022, dimana pada tahun tersebut kelas yang menerapkan kurikulum merdeka hanya kelas I dan IV. Kini pada tahun ajaran 2023/2024, giliran kelas II dan V yang akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jadi setiap tahunnya secara bertahap pemerintah mengajak masing-masing satuan pendidikan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka. Terakhir pada tahun 2024 sudah dipastikan giliran kelas III dan VI yang akan menerapkannya. Sehingga dapat dikatakan, Kurikulum Merdeka baru bisa dilaksakan secara serentak pada tahun ajaran 2023/2024.

Kurikulum senantiasa berubah sesuai dengan kebutuhan murid dan perkembangan zaman. Jadi kurikulum merdeka yang kita terapkan ini bukan sekedar mengganti kurikulum yang lama begitu saja, namun sudah melalui kajian dan melihat fakta di lapangan mengenai apa yang dibutuhkan murid dan seperti apa perkembangan zaman sekarang. Dengan kata lain kurikulum yang baik adalah kurikulum yang sesuai dengan zamannya. Kurikulum bersifat dinamis dan terus berkembang sesuai dengan karakteristik murid. 

Hal ini sejalan dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara, dimana menurut beliau pendidikan harus mampu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia, maupun sebagai anggota masyarakat. Hal ini sesuai dengan Kurikulum Merdeka, dimana tugas guru hanya menuntun siswa sesuai dengan kebutuhannya bukan kehendak guru.

Untuk mewujudkan kurikulum yang benar-benar berpihak pada murid, tentu dibutuhkan kerjasama semua pihak terutama 3 pilar pendidikan. Apa saja yang dimaksud 3 pilar pendidikan tersebut? Adapun 3 pilar pendidikan yang dimaksud yaitu orang tua, sekolah dan masyarakar. Ketiga elemen ini harus saling memberi dukungan satu sama lain demi terwujudnya pembelajaran yang berpihak pada murid.

Untuk lebih jelasnya mengenai topik Kurikulum Merdeka, berikut dibagikan salah satu contoh Aksi Nyata topik Kurikulum Merdeka. 

Semoga informasi ini dapat memudahkan bapak/ibu di dalam membuat Aksi Nyata topik Kurikulum Merdeka.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "UNDUH AKSI NYATA TOPIK: KURIKULUM MERDEKA"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah