ANALISIS PH, PTS, DAN PAS K13 SD/MI SEMESTER 1

Semangat Pagi,,
Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) baru saja usai. Bukan berarti usainya kegiatan PTS tugas guru berhenti sampai di sini saja. Ada tugas selanjutnya, yang mesti guru lakukan setelah menilai hasil pekerjaan siswa. Tugas tersebut yaitu menganalisis jawaban siswa. 
 
Analisis adalah suatu usaha dalam mengamati secara detail pada suatu hal dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau menyusun komponen tersebut untuk dikaji lebih lanjut. Terkadang dalam melakukan analisis jawaban siswa, masih banyak guru mengalami kesulitan. Salah satu kesulitannya yaitu masih banyak yang melakukan analisis secara manual. Jika cara ini digunakan sudah tentu pengerjaanya membutuhkan waktu yang cukup lama.
 
Analisis sangat penting untuk dilaksanakan oleh guru. Kenapa dikatakan demikian? Karena dengan menganalisis hasil jawaban siswa, maka guru akan mengetahui soal mana yang kira-kiranya dianggap sulit dan soal mana yang paling dianggap mudah oleh siswa. Hal ini mungkin akan menjadi salah satu pertimbangan untuk guru dalam penyusunan soal berikutnya agar sekiranya soal tersebut tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah dijawab siswa. Selain itu, dengan melakukan analis kita juga akan mengetahui nilai masing-masing Tema dan nantinya dari nilai masing-masing tema ini akan direkap untuk mencari nilai masing-masing KD. 
 
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Aplikasi Analisis Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS). Aplikasi ini dibuat oleh Alit Sentanu. Beliau selalu senantiasa membagikan aplikasi yang memudahkan pekerjaan guru. Sebelum saya membagikan aplikasi analisis ini, ada beberapa hal yang mesti diketahui bersama yaitu sebagai berikut.
  1. Perhatikan tampilan awal aplikasi analisis berikut
  2. Silahkan aktifkan macro dengan klik Enable Content sampai terlihat foto pengarsa lalu klik OK (lihat gambar no. 1)
  3. Selanjutnya isi identitas kepala sekolah dan guru (silahkan lihat gambar no.2)
  4. Setelah mengisi identitas, silahkan pilih jenis analisis yang ingin digunakan. Di sana terdapat 3 analisis yaitu analisis Penilaian Harian (PH), analisis Penilaian Tengah Semester (PTS), dan analisis Penilaian Akhir Semester (PAS). Jadi jika kalian ingin menganalisis PTS silahkan pilih analisis PTS terlebih dahulu (silahkan lihat gambar no. 3)
  5. Silahkan isi identitas siswa (klik gambar yang ditunjuk no. 4)
  6. Aplikasi ini mampu menganalisis soal Pilihan ganda sebanyak 50, isian sebanyak 25, dan uraian sebanyak 15.
Nah itulah sedikit informasi mengenai aplikasi Analisis PH, PTS, dan PAS. Aplikasi yang akan saya bagikan ini ada 2 jenis yaitu aplikasi untuk analisis PH, PTS, dan PAS untuk guru kelas serta aplikasi analisis PH, PTS, dan PAS untuk guru mata pelajaran. Untuk lebih jelasnya silahkan bapak/ibu dapat unduh langsung aplikasinya.
Aplikasis Analisis PH, PTS, dan PAS untuk Guru Kelas, silahkan UNDUH DISINI
Aplikasi Analisis PH, PTS, dan PAS untuk Guru Mata Pelajaran, silahkan UNDUH DISINI

Demikianlah informasi mengenai aplikasi Analisis PH, PTS, dan PAS yang dapat saya informasikan. Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat dalam membantu bapak/ibu menganalisis jawaban siswa. Apabila bermanfaat, bapak/ibu dapat membagikannya kepada rekan-rekan guru lainnya.

Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "ANALISIS PH, PTS, DAN PAS K13 SD/MI SEMESTER 1"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel