UNDUH AKSI NYATA TOPIK MERDEKA BELAJAR



Semangat Pagi,,
Pada postingan kali ini kita akan bersama-sama membahas mengenai Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar. Topik ini dirasa sangat relevan dengan Kurikulum yang kita terapkan yaitu Kurikulum Merdeka. Merdeka Belajar adalah salah satu kebijakan yang dibuat oleh Kemendikbudristek sebagai langkah untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang memiliki Profil Pelajar Pancasila.

Di dalam topik Merdeka Belajar ada 5 Modul yang harus diselesaikan oleh bapak/ibu sebelum membuat Aksi Nyata. Adapun modul yang dimaksud yaitu senagai berikut
  1. Mengenali dan Memahami Diri sebagai Pendidik
  2. Mendidik dan Mengajar
  3. Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
  4. Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
  5. Pendidikan yang Menghantarkan Keselamatan dan Kebahagian

Mengenali dan Memahami Diri sebagai Pendidik


Sebagai pendidik kita harus hadir saat murid membutuhkan kita, mendengarkan setiap keluhan belajar mereka sehingga kita mampu merancang pembelajaran yang sesuai harapan mereka. Pendidik harus selalu belajar agar bisa menghantarkan murid untuk berdaya dan menjadi manusia yang merdeka.

Mendidik dan Mengajar

Pengajaran adalah bagian dari pendidikan. Dimana pendidikan itu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak agar mereka mencapai keselamatan dan kebahagian setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat.

Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh


Segala perubahan yang terjadi pada murid dihubungkan dengan kodrat keadaan baik kodrat alam dan zaman.



Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti


Kecerdasan berpikir murid harus dapat mengembangkan budi pekerti atau watak murid yang tidak hanya dibentuk di sekolah, tetapi dalam keluarga dan lingkungannya.



Pendidikan yang Menghantarkan Keselamatan dan Kebahagian


Pendidikan sejatinya dapat menghantarkan murid untuk menuju keselamatan dan kebahagian. Pendidik tidak hanya memberikan informasi dan pengetahuan saja, melainkan mendorong murid untuk menemukan sendiri pemahamannya sehingga pembelajaran akan jauh lebih bermakna.





Nah itulah rangkuman materi yang terdapat pada topik Merdeka Belajar. Bagi bapak/ibu yang ingin mengunduh contoh Aksi Nyata topik Merdeka Belajar, bisa diunduh filenya di bawah ini

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi bapak/ibu yang sedang membuat Aksi Nyata di PMM. Jika dirasa bermanfaat, silahkan bisa dibagikan kepada rekan-rekan bpak/ibu semuanya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "UNDUH AKSI NYATA TOPIK MERDEKA BELAJAR"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah