KUMPULAN MODEL JURNAL REFLEKSI MINGGUAN GURU PENGGERAK


Semangat Pagi,,
Dalam pendidikan guru, jurnal refleksi dipandang sebagai salah satu elemen kunci pengembangan keprofesian karena dapat mendorong guru untuk mengaitkan teori dan praktik, serta menumbuhkan keterampilan dalam mengevaluasi sebuah topik secara kritis. Menuliskan jurnal refleksi secara rutin akan memberikan ruang bagi seorang praktisi untuk mengambil jeda dan merenungi apakah praktik yang dijalankannya sudah sesuai, sehingga ia dapat memikirkan langkah berikutnya untuk meningkatkan praktik yang sudah berlangsung. 
 
Dalam pembelajaran daring pada Pendidikan Guru Penggerak, jurnal yang ditulis setiap minggu ini menjadi media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Dengan memiliki rekam jejak yang berkelanjutan seperti ini, akan terdorong untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang kita latih dan uji cobakan. Jurnal ini juga dapat menjadi sarana untuk menyadari emosi dan reaksi diri yang terjadi sepanjang pembelajaran, sehingga kita dapat semakin mengenali diri sendiri. 
 
Sama halnya dengan keterampilan lainnya, menulis jurnal refleksi pun perlu latihan dan pembiasaan agar dapat dirasakan manfaatnya. Pada awalnya, mungkin tidak mudah untuk menuangkan gagasan reflektif ke dalam tulisan. Oleh sebab itu, pada postingan kali ini saya akan memberi contoh jurnal refleksi yang pernah saya buat. 
 
Di bawah ini saya juga sajikan beberapa model refleksi yang bisa digunakan. Pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di setiap model tersebut berfungsi untuk memandu kita dalam mencurahkan isi pikiran dan perasaan. Ada 9 model yang dapat digunakan untuk membuat jurnal refleksi. Adapun ke-9 model tersebut yaitu sebagai berikut.
  1. Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)
  2. Model 2: Description, Examination and Articulation of Learning (DEAL)
  3. Model 3: Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi)
  4. Model 4: (Papan cerita reflektif - Reflective Storyboard)  
  5. Model 5: Connection, challenge, concept, change (4C)
  6. Model 6: Reporting, responding, relating, reasoning, reconstructing (5R)
  7. Model 7: Segitiga Refleksi  
  8. Model 8: Model Driscoll 
  9. Model 9: Gaya Round Robin  
Untuk memahami pengertian masing-masing model dan contoh penggunaan model tersebut dalam jurnal refleksi, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file jurnal refleksi yang menggunakan Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).
 

Untuk mengetahui pengertian dari Model 2: Description, Examination and Articulation of Learning (DEAL) dan penggunaanya dalam jurnal refleksi mingguan, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.

Untuk mengetahui pengertian dari Model 3: Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi) dan penggunaanya dalam jurnal refleksi mingguan, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.
 

Untuk mengetahui pengertian dari Model 4: (Papan cerita reflektif - Reflective Storyboard) dan penggunaanya dalam jurnal refleksi mingguan, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.

Untuk mengetahui pengertian dari Model 5: Connection, challenge, concept, change (4C) dan penggunaanya dalam jurnal refleksi mingguan, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.

Untuk mengetahui pengertian dari Model 6: Reporting, responding, relating, reasoning, reconstructing (5R) dan penggunaanya dalam jurnal refleksi mingguan, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.

Untuk mengetahui pengertian dari Model 7: Segitiga Refleksi dan penggunaanya dalam jurnal refleksi mingguan, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.
 

Untuk mengetahui pengertian dari Model 8: Model Driscoll dan penggunaanya dalam jurnal refleksi mingguan, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.

Untuk mengetahui pengertian dari Model 9: Gaya Round Robin dan penggunaanya dalam jurnal refleksi mingguan, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.

Demikianlah beberapa model jurnal refleksi mingguan yang dapat Bapak/Ibu CGP gunakan sebagai bahan refrensi. Semoga dapat bermanfaat.
Salam guru penggerak.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KUMPULAN MODEL JURNAL REFLEKSI MINGGUAN GURU PENGGERAK"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah