JURNAL REFLEKSI MINGGUAN MODEL 1: 4F (FACTS, FEELINGS, FINDINGS, FUTURE)

Semangat Pagi,,
Jurnal refleksi dipandang sebagai salah satu elemen kunci pengembangan keprofesian karena dapat mendorong guru untuk mengaitkan teori dan praktik, serta menumbuhkan keterampilan dalam mengevaluasi sebuah topik secara kritis. Menuliskan jurnal refleksi secara rutin akan memberikan ruang bagi seorang praktisi untuk mengambil jeda dan merenungi apakah praktik yang dijalankannya sudah sesuai, sehingga ia dapat memikirkan langkah berikutnya untuk meningkatkan praktik yang sudah berlangsung. 

Salah satu Jurnal Refleksi yang akan saya bahas pada postingan kali ini adalah Model 4F. Apa itu model 4F? Dan bagaimana contoh penggunaan model tersebut dalam jurnal refleksi mingguan? Untuk mengetahui semua itu mari kita akan bahas satu persatu.
 
4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4F, dengan pertanyaan sebagai berikut (disesuaikan dengan yang sedang terjadi pada saat penulisan jurnal): 
  1. Facts (Peristiwa): Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini atau pada saat menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Apa hal baik yang saya alami dalam proses tersebut? Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada minggu ini? Apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut?
  2. Feelings (Perasaan): Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Apa yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut.
  3. Findings (Pembelajaran): Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini? Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini?
  4. Future (Penerapan): Apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan? Apa aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini? 
Berikut saya akan bagikan contoh penggunaan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dalam penggunaan jurnal refleksi mingguan yang telah saya buat. 


 
 (UNDUH)
 
Demikianlah contoh penggunaan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dalam jurnal refleksi mingguan, semoga dapat menjadi refrensi bagi bapak/ibu CGP di dalam pembuatan jurnal refleksi mingguan.
Salam Guru Penggerak
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "JURNAL REFLEKSI MINGGUAN MODEL 1: 4F (FACTS, FEELINGS, FINDINGS, FUTURE)"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah