JURNAL REFLEKSI MINGGUAN MODEL 2: DEAL (DESCRIPTION, EXAMINATION AND ARTICULATION OF LEARNING)


Semangat Pagi,,
Jurnal refleksi dipandang sebagai salah satu elemen kunci pengembangan keprofesian karena dapat mendorong guru untuk mengaitkan teori dan praktik, serta menumbuhkan keterampilan dalam mengevaluasi sebuah topik secara kritis. Menuliskan jurnal refleksi secara rutin akan memberikan ruang bagi seorang praktisi untuk mengambil jeda dan merenungi apakah praktik yang dijalankannya sudah sesuai, sehingga ia dapat memikirkan langkah berikutnya untuk meningkatkan praktik yang sudah berlangsung. 

Salah satu Jurnal Refleksi yang akan saya bahas pada postingan kali ini adalah Model DEAL. Apa itu model DEAL? Dan bagaimana contoh penggunaan model tersebut dalam jurnal refleksi mingguan? Untuk mengetahui semua itu mari kita akan bahas satu persatu.
 
Model DEAL dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009). Untuk membuat refleksi model ini, tulislah penjabaran dari pertanyaan panduan berikut:
  1. Description: Deskripsikan pengalaman yang dialami dengan menceritakan unsur 5W1H (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana)
  2. Examination: Analisis pengalaman tersebut dengan membandingkannya terhadap tujuan/rencana yang telah dibuat sebelumnya;
  3. Articulation of Learning: Jelaskan hal yang dipelajari dan rencana untuk perbaikan di masa mendatang.
Berikut saya akan bagikan contoh penggunaan model DEAL (Description, Examination and Articulation of Learning) dalam penggunaan jurnal refleksi mingguan yang telah saya buat.

 
Demikianlah contoh penggunaan model DEAL (Description, Examination and Articulation of Learning) dalam jurnal refleksi mingguan, semoga dapat menjadi refrensi bagi bapak/ibu CGP di dalam pembuatan jurnal refleksi mingguan.
Salam Guru Penggerak
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "JURNAL REFLEKSI MINGGUAN MODEL 2: DEAL (DESCRIPTION, EXAMINATION AND ARTICULATION OF LEARNING)"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah