CARA MEMBUAT MODUL P5 BESERTA CONTOH



Semangat Pagi,,
Berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang biasa disingkat P5 merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Berdasarkan pengertian tersebut jelas bahwa P5 merupakan pembelajaran berbasis projek, dimana anak-anak diajak untuk mengimplementasikan teori-teori yang telah diperolehnya sehingga mampu mengatasi permasalahan-permasalahan di dalam kehidupan sehari-hari.

DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA
Ada 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dapat digunakan di dalam penyusunan model projek. Adapun ke-6 dimensi tersebut yaitu sebagai berikut:
  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia
  2. Berkebhinekaan global
  3. Bergotong royong
  4. Kreatif
  5. Bernalar kritis
  6. Mandiri
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat melalui gambar di bawah ini
Gambar 01. Dimensi Profil Pelajar Pancasila

TEMA P5
Setelah memahami dimensi Profil Pelajar Pancasila selanjutnya bapak/ibu harus tahu tema-tema apa saja yang dapat dipilih untuk nantinya dijadikan projek. Adapun tema-tema yang dapat dipilih yaitu sebagai berikut.
  1. Gaya Hidup Berkelanjutan (SD-SMA/SMK)
  2. Kearifan Lokal (SD-SMA/SMK)
  3. Bhineka Tunggal Ika (SD-SMA/SMK)
  4. Bangunlah Jiwa dan Raganya (SD-SMA/SMK)
  5. Suara Demokrasi (SMP-SMA/SMK)
  6. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI (SD-SMA/SMK)
  7. Kewirausahaan (SMP-SMA/SMK)
Untuk Sekolah Dasar, bapak/ibu dapat memilih minimal 2 tema dalam 1 tahun. Dimana tema yang dipilih tidak boleh sama dalam 1 tahunnya.

ALUR PERENCANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)
Sebelum nantinya membuat sebuah projek, bapak/ibu harus memahami terlebih dahulu alur perencanaan projek. Adapun alur perencanaan projek yaitu dimulai dari membentuk tim fasilitator projek, kemudian mengidentifikasi kesiapan satuan pendidikan, setelah itu lanjut merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu yang dibutuhkan. Selanjutnya barulah bapak/ibu membuat modul projek yang berisi rincian kegiatan yang akan dilaksanakan terakhir merancang strategi pelaporan hasil projek. Untuk lebih jelasnya dapat melihat alur perencanaan P5 seperti di bawah ini
Gambar 02. Alur Perencanaan P5

WAKTU PELAKSANAAN PROJEK
  1. Menentukan satu hari dalam seminggu untuk pelaksanaan projek profil (misalnya hari Jumat). Seluruh jam belajar pada hari itu digunakan untuk projek profil.
  2. Mengalokasikan 1-2 jam pelajaran di akhir hari, khusus untuk mengerjakan projek profil. Bisa digunakan untuk eksplorasi di sekitar satuan pendidikan sebelum peserta didik pulang.
  3. Mengumpulkan dan memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu (misalnya 2 minggu atau 1 bulan - tergantung jumlah jam tatap muka yang dialokasikan pada setiap projek profil), di mana semua Tenaga Pendidik berkolaborasi mengajar projek profil setiap hari selama durasi waktu yang ditentukan.
Untuk memudahkan bapak/ibu memahami modul projek, berikut akan diberikan contoh modul projek sederhana yang dapat bapak/ibu modifikasi sesuai keperluan. 


Demikianlah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) beserta contoh modul projek. Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu semuanya di dalam merancang modul projek.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MEMBUAT MODUL P5 BESERTA CONTOH"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah