JADWAL KURIKULUM MERDEKA DAN CONTOH



Semangat Pagi,,
Tahun ajaran 2023/2024 sudah dimulai, itu artinya pendidik harus menyiapkan berbagai administrasi yang mendukung proses pembelajaran di sekolah. Salah satunya yaitu jadwal pelajaran. Jadwal pelajaran menjadi sesuatu hal penting dibuat agar pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. 

Pada tahun ini kelas II dan V sudah mulai menerapkan kurikulum merdeka. Jadi sudah ada 4 kelas yang tahun ini menerapkan kurikulum merdeka mulai dari kelas I, II, IV dan V. Sementara 2 kelas lainnya yaitu kelas III dan VI masih menggunakan kurikulum 2013. Melihat ada kelas yang menerapkan kurikulum merdeka dan kurikulum 2013, maka dalam proses pembuatan jadwal pelajaran pun akan berbeda alokasi waktu yang diberikan. Misalnya saja pada Kurikulum Merdeka pelajaran PJOK mendapatkan alokasi waktu 3 JP untuk intrakurikuler dan 1 JP nya untuk jam P5, sementara pada Kurikulum 2013 alokasi PJOK masih 4 JP.

STRUKTUR KURIKULUM DAN ALOKASI WAKTU
Hal pertama yang harus kita perhatikan di dalam membuat jadwal pelajaran yaitu struktur kurikulumnya. Struktur kurikulum untuk kurikulum merdeka dan kurikulum 2013 tentu berbeda. Pada kurikulum merdeka alokasi waktunya dibagi 2 yaitu jam intrakurikuler dan jam P5 sementara pada kurikulum 2013 tidak ada pembagian alokasi waktu untuk P5 sehingga alokasi waktu keseluruhan akan berbeda pula. 

Jadi sebelum bapak/ibu membuat jadwal pelajaran, silahkan lihat Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) di sekolah masing-masing. Kemudian cermati bagan strukturnya sehingga nantinya memudahkan bapak/ibu di dalam membuat jadwal pelajaran. Untuk lebih jelasnya bapak/ibu bisa melihat struktur kurikulum untuk Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 sebagai berikut.

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SD/MI Kelas I (Asumsi 1 Tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)



Alokasi Waktu Mata Pelajaran SD/MI Kelas II (Asumsi 1 Tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SD/MI Kelas IV dan V (Asumsi 1 Tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SD/MI Kelas III dan VI (Kurikulum 2013)


Setelah bapak/ibu paham struktur kurikulumnya, barulah bapak/ibu mulai menyusun jadwal pelajaran sesuai struktur yang telah ditetapkan oleh pemerintah beserta alokasi waktunya.

Misalnya saja pada kelas I SD, jumlah alokasi waktu dalam 1 minggu yaitu 27 JP. Adapun rinciannya yaitu meliputi Pendidikan Agama dan BP (3 JP), Pendidikan Pancasila (4 JP), Bahasa Indonesia (6 JP), Matematika (4 JP), PJOK (3 JP), Seni dan Budaya (3 JP), Bahasa Inggris (2 JP), dan Muatan Lokal (2 JP). Jadi intinya dalam 1 minggu, siswa kelas I harus memperoleh alokasi waktu 27 JP untuk belajar intrakurikuler. Begitu seterusnya untuk kelas lainnya.

Pada intinya bapak/ibu harus mengetahui alokasi waktu per minggu terlebih dahulu, kemudian membagi alokasi waktu tersebut sehingga dalam 1 minggu siswa belajar sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Lebih jelasnya, berikut kami bagikan Jadwal Pelajaran yang menggunakan sistem blok mingguan, dimana P5 dilaksanakan secara merata pada Hari Jumat.

Bagaimana cukup mudah bukan bapak/ibu untuk membuat jadwal pelajaran secara mandiri? Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi kita semua untuk menyusun jadwal pelajaran. Jika dirasa bermanfaat, silahkan bisa dibagikan kepada rekan-rekan pendidik lainnya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "JADWAL KURIKULUM MERDEKA DAN CONTOH"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah