APLIKASI CETAK KARTU UJIAN SEKOLAH 2023


Semangat Pagi,
Salah satu pekerjaan berat wali kelas VI di Semester II, selain mempersiapkan Penilaian Akhir Tahun (PAT) wali kelas VI juga harus mempersipkan segala perangkat yang dibutuhkan untuk Ujian Sekolah. Ujian Sekolah ini merupakan pengganti Ujian Nasional. Jadi bisa dikatakan nilai Ujian Sekolah menjadi salah satu penentu kelulusan peserta didik, selain nilai rata-rata Rapor Kelas V dan VI. Ujian Sekolah biasanya dilaksanakan sebelum PAT yaitu di Bulan Mei. Tentu sebelum ujian berlangsung wali kelas VI wajib mempersipkan perangkat ujian salah satunya yaitu Kartu Ujian untuk siswa.

Kartu Ujian menjadi salah satu komponen penting yang harus dibagikan guru kepada siswa menjelang ujian. Pada kartu ujian biasanya memuat Identitas siswa seperti No Peserta, Nama, Tempat Tanggal Lahir, Nama Ruang, dan Foto Siswa. Dengan memiliki kartu ujian ini diharapkan kesalahan penulisan identitas siswa saat ujian berlangsung dapat diminimalisir. Karena fakta yang terjadi di lapangan banyak siswa yang salah menuliskan identitasnya. Oleh sebab itu, wali kelas VI membantu membuatkan Kartu Ujian yang dimana data siswa diambil dari Akta Kelahiran, sehingga ketika siswa diminta untuk membuat identitasnya mereka tinggal melihat di kartu ujian. Berikut gambaran umum kartu ujian


Di atas adalah gambar kartu ujian yang dibuat menggunakan aplikasi sederhana di Microsoft Excel. Berikut gambar aplikasi cetak kartu ujian yang sederhana dan sangat mudah dalam penggunaannya.


Adapun cara penggunaannya yaitu dapat dijabarkan sebagai berikut.
  1. Bapak/Ibu silahkan unduh terlebih dahulu Aplikasi Kartu Ujian DISINI
  2. Silahkan isi data siswa kelas VI, dengan klik "LIHAT DATA SISWA

  3. Nanti bapak/ibu akan diminta mengisi data kelas VI seperti No Peserta, Nama Murid, Ruang, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir seperti gambar di bawah ini. Silahkan diisi data pada kolom 2 sampai 6 saja, karena kolom 7 akan otomatis terisi.

  4. Untuk kembali ke beranda, silahkan klik "PRINT KARTU"

  5. Untuk merubah nama sekolah, silahkan lakukan secara manual
  6. Untuk merubah tanggal pelaksanaan ujian, silahkan isikan tanggal ujian pada kolom masukan tanggal seperti yang terlihat pada gambar 1. Sementara untuk mengganti nama kepala sekolah beserta NIP nya silahkan isikan pada kolom isian wajib seperti yang terlihat pada kolom 2.

  7. Untuk mencetak kartu, silahkan isikan nomor urut kartu yang akan di cetak seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini
Itulah tadi sedikit informasi mengenai aplikasi cetak kartu ujian yang dapat bapak/ibu pergunakan sebagai refrensi di dalam mebuat kartu ujian. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan kepada rekan-rekan guru yang membutuhkan.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "APLIKASI CETAK KARTU UJIAN SEKOLAH 2023"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah