RPP/MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA JENJANG SD FASE A, B, DAN C


Semangat Pagi,,
Seperti yang diketahui bersama, masa pandemi 2 tahun terakhir ini mengakibatkan proses pembelajaran tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Banyak murid yang harus belajar dari rumah atau melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Sebagai akibat dari PJJ ini, pembelajaran yang diberikan guru kepada murid kurang optimal dan tidak menutup kemungkinan ada murid yang tidak bisa sama sekali mengikuti pembelajaran karang tidak memiliki sarana gawai ataupun paket internet.  
 
Kurikulum Merdeka menjadi salah satu alternatif yang ditawarkan Kemendikbudristek untuk memulihkan pembelajaran pasca pandemi. Kurikulum merdeka dianggap mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran akibat pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, fokus pada materi esensial dan pendidikan karakter serta kompetensi peserta didik.

Pembelajaran dilakukan berbasis proyek untuk mengembangkan soft skill dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Guru juga disebut lebih fleksibel dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan kemampuan peserta didik dan penyesuaian konteks dan muatan lokal.
Sehingga dengan demikian pembelajaran jauh akan lebih bermakna karena mampu memfasiltasi keunikan masing-masing peserta didik.
 
Dalam Kurikulum Merdeka istilah RPP disebut Modul Ajar. Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran. Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang sehingga guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.
 

Adapun beberapa kriteria dalam penyusunan Modul Ajar dapat dijabarkan sebagai berikut.
  • Guru dalam satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik.
  • Modul ajar dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunan.
  • Komponen modul ajar dalam panduan dibutuhkan untuk kelengkapan persiapan pembelajaran.
  • Komponen modul ajar bisa ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhan.
Berikut ada beberapa Modul Ajar yang dapat dijadikan refrensi dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah
FASE A (KELAS I DAN II)

 
Sementara untuk mengunduh Modul Ajar Fase B (Kelas III dan IV) dapat klik gambar di bawah ini.


Sementara untuk mengunduh Modul Ajar Fase C (Kelas V dan VI) dapat klik gambar di bawah ini.



 
Demikianlah beberapa refrensi modul ajar (RPP) dalam kurikulum merdeka yang dapat dibagikan. Silahkan modul ajar ini dapat dikembangkan lagi sesuai kondisi di sekolah bapak/ibu. Semoga dapat bermanfaat bagi bapak/ibu semuanya terutama sekolah yang akan mengaplikasikan kurikulum merdeka.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP/MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA JENJANG SD FASE A, B, DAN C"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah