STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA JENJANG SD/MI/SEDERAJAT DAN ALOKASI WAKTU

Semangat pagi,,
Struktur kurikulum Merdeka termuat pada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 262/M/2022, diaman dalam keputusan tersebut, struktur kurikulum SD/MI/bentuk lain yang sederajat dibagi menjadi 3 (tiga) fase:
  1. Fase A untuk kelas I dan kelas II 
  2. Fase B untuk kelas III dan kelas IV
  3. Fase C untuk kelas V dan kelas VI
SD/MI dapat mengorganisasikan muatan pembelajaran menggunakan pendekatan mata pelajaran atau tematik. Proporsi beban belajar di SD/MI/bentuk lain yang sederajat terbagi menjadi 2 (dua), yaitu: 
  1. Pembelajaran intrakurikuler; 
  2. Projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dialokasikan sekitar 20% (dua puluh persen) beban belajar pertahun. 
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik muatan maupun waktu pelaksanaan. Secara muatan, projek harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.
 
Adapun struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kelas I dapat dilihat sebagai berikut.

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SD/MI Kelas I (Asumsi 1 Tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)

Di dalam struktur di atas, dalam 1 Minggu bapak/ibu harus dapat mengalokasikan waktu 23 JP untuk jam intrakurikuler seperti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, PJOK, serta Seni dan Budaya. Jika bapak/ibu menambahkan pelajaran Bahasa Inggris dan Muatan Lokal maka akan ada 27 JP yang harus bapak/ibu alokasikan dalam seminggu. Sementara untuk alokasi jam P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam 1 minggu memperoleh 7 jp.

SD/MI/bentuk lain yang sederajat kelas II (Asumsi 1 Tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)

Di dalam struktur kelas II, dalam 1 Minggu bapak/ibu harus dapat mengalokasikan waktu 25 JP untuk jam intrakurikuler seperti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, PJOK, serta Seni dan Budaya. Jika bapak/ibu menambahkan pelajaran Bahasa Inggris dan Muatan Lokal maka akan ada 29 JP yang harus bapak/ibu alokasikan dalam seminggu. Sementara untuk alokasi jam P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam 1 minggu memperoleh 7 jp.
 
SD/MI/bentuk lain yang sederajat kelas III-V (Asumsi 1 Tahun = 36 minggu dan 1 JP = 35 menit)  
Di dalam struktur kelas III-V, dalam 1 Minggu bapak/ibu harus dapat mengalokasikan waktu 29 JP untuk jam intrakurikuler seperti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, IPAS, PJOK, serta Seni dan Budaya. Jika bapak/ibu menambahkan pelajaran Bahasa Inggris dan Muatan Lokal maka akan ada 33 JP yang harus bapak/ibu alokasikan dalam seminggu. Sementara untuk alokasi jam P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam 1 minggu memperoleh 7 jp.
 
SD/MI/bentuk lain yang sederajat kelas VI (Asumsi 1 Tahun = 32 minggu dan 1 JP = 35 menit) 
Sementara untuk struktur kelas VI, dalam 1 Minggu bapak/ibu harus dapat mengalokasikan waktu 29 JP untuk jam intrakurikuler seperti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, IPAS, PJOK, serta Seni dan Budaya. Jika bapak/ibu menambahkan pelajaran Bahasa Inggris dan Muatan Lokal maka akan ada 33 JP yang harus bapak/ibu alokasikan dalam seminggu. Sementara untuk alokasi jam P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam 1 minggu memperoleh 7 jp.
 
Untuk lebih jelasnya bapak/ibu dapat mengunduh langsung Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 262/M/2022 DISINI.
 
Semoga dapat informasi ini dapat mempermudah pemahaman bapak/ibu mengenai struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SD. Jika dirasa bermaat, silahkan bisa dibagikan kepada rekan-rekan guru lainnya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA JENJANG SD/MI/SEDERAJAT DAN ALOKASI WAKTU"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah