RPP/MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA KELAS V SD


Semangat Pagi,,
Ada beberapa hal yang harus kita kerahui bersama di dalam penyusunan modul ajar yaitu seperti konsep modul ajar dan komponen-komponen apa saja yang ada di dalam penyusunan sebuah modul ajar. Untuk lebih jelasnya dapat dipaparkan sebagai berikut.

1. KONSEP MODUL AJAR
Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran. Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.

2. KOMPONEN MODUL AJAR
Guru dalam satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. Modul ajar dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunan. Komponen modul ajar dalam panduan dibutuhkan untuk kelengkapan persiapan pembelajaran. Komponen modul ajar bisa ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhan Ada 3 komponen inti dari modul ajar yaitu Informasi Umum, Kompetensi Inti, dan Lampira. Untuk lebih jelasnya masing-masing komponen akan dijelaskan sebagai berikut.

INFORMASI UMUM
A. Identitas Modul
Informasi tentang modul ajar yang dikembangkan terdiri dari:
  1. Nama penyusun, institusi, dan tahun disusunnya Modul Ajar. 
  2. Jenjang sekolah (SD/SMP/SMA) 
  3. Kelas 
  4. Alokasi waktu (penentuan alokasi waktu yang digunakan adalah alokasi waktu sesuai dengan jam pelajaran yang berlaku di unit kerja masing-masing) 
 
B. Kompetensi Awal
Kompetensi awal adalah pengetahuan dan/atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu. Kompetensi awal merupakan ukuran seberapa dalam modul ajar dirancang.

C. Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila merupakan tujuan akhir dari suatu kegiatan pembelajaran yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Profil Pelajar Pancasila (PPP) dapat tercermin dalam konten dan/atau metode pembelajaran. Di dalam modul pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila tidak perlu mencantumkan seluruhnya, namun dapat memilih Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran dalam modul ajar.

Enam dimensi Profil Pelajar Pancasila saling berkaitan dan terintegrasi dalam seluruh mata pelajaran melalui (terlihat dengan jelas di dalam):
  1. materi/isi pelajaran, 
  2. pedagogi, dan/atau  
  3. kegiatan projek atau  
  4. asesmen 
Setiap modul ajar memuat satu atau beberapa unsur dimensi Profil Pelajar Pancasila yang telah ditetapkan.

D. Sarana dan Prasarana
Sarana dan Prasarana merupakan fasilitas dan bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Sarana merujuk pada alat dan bahan yang digunakan, sementara prasarana di dalamnya termasuk materi dan sumber bahan ajar lain yang relevan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Ketersediaan materi disarankan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik baik dengan keterbatasan atau kelebihan. Teknologi, termasuk sarana dan prasarana yang penting untuk diperhatikan, dan juga dimanfaatkan agar pembelajaran lebih dalam dan bermakna

E. Target Peserta Didik
Peserta didik yang menjadi target yaitu;
  1. Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. 
  2. Peserta didik dengan kesulitan belajar: memiliki gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya misalnya dengan audio. Memiliki kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, dan sebagainya. 
  3. Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin. 
F. Model Pembelajaran 
Model Pembelajaran merupakan model atau kerangka pembelajaran yang memberikan gambaran sistematis pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran dapat berupa model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended learning.

KOMPONEN INTI
A. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman. Tujuan pembelajaran menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang digunakan. Tujuan pembelajaran bisa dari berbagai bentuk: pengetahuan yang berupa fakta dan informasi, dan juga prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan penalaran keterampilan, dan kolaboratif dan strategi komunikasi.
 
B. Pemahaman Bermakna
Pemahaman bermakna adalah informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran. Manfaat tersebut nantinya dapat peserta didik terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh kalimat pemahaman bermakna:
  1. Manusia berorganisasi untuk memecahkan masalah dan mencapai suatu tujuan. 
  2. Makhluk hidup beradaptasi dengan perubahan habitat.
C. Pertanyaan Pemantik
Pertanyaan pemantik dibuat oleh guru untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik. Pertanyaan pemantik memandu siswa untuk memperoleh pemahaman bermakna sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Contohnya pada pembelajaran menulis cerpen, guru dapat mendorong pertanyaan pemantik sebagai berikut:
  1. Apa yang membuat sebuah cerpen menarik untuk dibaca? 
  2. Jika kamu diminta untuk membuat akhir cerita yang berbeda, apa yang akan kamu usulkan? 
D. Kegiatan Pembelajaran
Urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa. Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, meliputi tiga tahap, yakni pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif.

E. Asesmen
Asesmen digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran di akhir kegiatan. Kriteria pencapaian harus ditentukan dengan jelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
Jenis asesmen ada 3 yaitu:
  1. Asesmen sebelum pembelajaran (diagnostik) 
  2. Asesmen selama proses pembelajaran (formatif) 
  3. Asesmen pada akhir proses pembelajaran (sumatif) Bentuk asesmen yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:
Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anekdotal.
Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.)
Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah) 
 
F. Pengayaan dan Remedial
Pengayaan adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Sementara remedial diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang. Saat merancang kegiatan pengayaan, perlu diperhatikan mengenai diferensiasi contohnya lembar belajar/kegiatan yang berbeda dengan kelas.

LAMPIRAN 
A. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Lembar kerja siswa ini ditujukan untuk peserta didik (bukan guru) dan dapat diperbanyak sesuai kebutuhan untuk diberikan kepada peserta didik termasuk peserta didik nonreguler.

B. Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
Bahan bacaan guru dan peserta didik digunakan sebagai pemantik sebelum kegiatan dimulai atau untuk memperdalam pemahaman materi pada saat atau akhir kegiatan pembelajaran.

C. Glosarium
Glosarium merupakan kumpulan istilah-istilah dalam suatu bidang secara alfabetikal yang dilengkapi dengan definisi dan artinya. Glosarium diperlukan untuk kata atau istilah yang memerlukan penjelasan lebih mendalam.
 
D. Daftar Pustaka
Daftar pustaka adalah sumber-sumber referensi yang digunakan dalam pengembangan modul ajar. Referensi yang dimaksud adalah semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.)

Pada postingan kali ini saya akan coba bagikan refrensi RPP atau yang biasanya disebut sebagai Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka yang didapat dari sekolah penggerak. 

MODUL AJAR IPAS

Adapun materi yang terdapat dalam pembelajaran IPAS di kelas V yaitu sebagai berikut.
Semester 1
Bab 1. Melihat karena cahaya, mendengar karena bunyi
Bab 2. Harmoni dan ekosistem
Bab 3. Magnet, listrik, dan teknologi untuk kehidupan
Bab 4. Ayo berkenalan dengan bumi kita

Semester 2
Bab 5. Bagaimana kita hidup dan tumbuh
Bab 6. Indonesia Kaya Raya
Bab 7. Daerahku Kebanggaanku
Bab 8. Bumiku Sayang Bumiku Malang

Untuk mengunduh Modul Ajar IPAS Kelas V Semester 1 dan 2 dapat dapat klik DISINI di bawah ini

Semester 1
Modul Ajar IPA Bab 1, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar IPA Bab 2, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar IPA Bab 3, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar IPA Bab 4, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI

Semester 2
Modul Ajar IPA Bab 5, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar IPA Bab 6, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar IPA Bab 7, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar IPA Bab 8, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA

Adapun materi yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V yaitu sebagai berikut.
Semester 1
Bab 1. Aku yang Unik
Bab 2. Buku Jendela Dunia
Bab 3. Ekspresi Diri melalui Hobi
Bab 4. Belajar Berwirausaha

Semester 2
Bab 5. Menjadi Warga Dunia
Bab 6. Cinta Indonesia
Bab 7. Sayangi Bumi
Bab 8. Bergerak Bersama

Untuk mengunduh Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas V Semester 1 dan 2 dapat dapat klik DISINI di bawah ini

Semester 1
Modul Ajar Bahasa Indonesia Bab 1, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Indonesia Bab 2, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Indonesia Bab 3, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Indonesia Bab 4, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI

Semester 2
Modul Ajar Bahasa Indonesia Bab 5, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Indonesia Bab 6, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Indonesia Bab 7, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Indonesia Bab 8, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI

MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA (PPKn)

Adapun materi yang terdapat dalam pembelajaran PPKn di kelas V yaitu sebagai berikut.
Semester 1
Bab 1. Pancasila dalam Kehidupanku
Bab 2. Norma dalam Kehidupan

Semester 2
Bab 3. Keragaman Budaya Indonesia
Bab 4. Aku dan Lingkungan Sekitarku

Untuk mengunduh Modul Ajar PPKn Kelas V Semester 1 dan 2 dapat dapat klik DISINI di bawah ini

Semester 1
BAB 1
Modul Ajar PPKn Bab 1 Pembelajaran 1, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 1 Pembelajaran 2, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 1 Pembelajaran 3, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 1 Pembelajaran 4, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 1 Pembelajaran 5, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 1 Pembelajaran 6, silahkan unduh DISINI

BAB 2
Modul Ajar PPKn Bab 2 Pembelajaran 1, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 2 Pembelajaran 2, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 3 Pembelajaran 3, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 4 Pembelajaran 4, silahkan unduh DISINI

Semester 2
BAB 3
Modul Ajar PPKn Bab 3 Pembelajaran 1, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 3 Pembelajaran 2, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 3 Pembelajaran 3, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 3 Pembelajaran 4, silahkan unduh DISINI

BAB 4
Modul Ajar PPKn Bab 4 Pembelajaran 1, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 4 Pembelajaran 2, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 4 Pembelajaran 3, silahkan unduh DISINI
Modul Ajar PPKn Bab 4 Pembelajaran 4, silahkan unduh DISINI

MODUL AJAR MATEMATIKA

Adapun materi yang terdapat dalam pembelajaran Matematika di kelas V yaitu sebagai berikut.
Semester 1
Bab 1. Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat
Bab 2. Pengukuran Perkuantitas Unit
Bab 3. Perkalian Bilangan Desimal
Bab 4. Kekongruenan dan Sudut dari Bangunan
Bab 5. Pembagian Bilangan Desimal
Bab 6. Volume
Bab 7. Kelipatan dan Faktor
Bab 8. Pecahan

Semester 2
Bab 9. Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
Bab 10. Perkalian dan Pembagian Pecahan
Bab 11. Luas Bangun Datar
Bab 12. Perbandingan
Bab 13. Segi Banyak Beraturan dan Lingkaran
Bab 14. Bangun Ruang
Bab 15. Rasio dan Diagram

Untuk mengunduh Modul Ajar Matematika Kelas V Semester 1 dan 2 dapat dapat klik DISINI di bawah ini

Semester 1
Modul Ajar Matematika Bab 1, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Matematika Bab 2, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Matematika Bab 3, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Matematika Bab 4, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Matematika Bab 5, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Matematika Bab 6, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Matematika Bab 7, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Matematika Bab 8, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI

Semester 2
Modul Ajar Matematika Bab 9, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Matematika Bab 10, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Matematika Bab 11, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Matematika Bab 12, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Matematika Bab 13, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Matematika Bab 14, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Matematika Bab 15, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI

MODUL AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAIBP)

Adapun materi yang terdapat dalam pembelajaran PAIBP di kelas V yaitu sebagai berikut.
Semester 1
Bab 1. Menyayangi Anak Yatim
Bab 2. Lebih Dekat dengan Nama-Nama Allah
Bab 3. Aku Anak Saleh
Bab 4. Hidup Lapang dengan Berbagi
Bab 5. Meneladani Perjuangan Rasulullah

Semester 2
Bab 6. Hidup Damai dalam Kebersamaan
Bab 7. Ketika Berhentinya Kehidupan 
Bab 8. Senangnya Berteman
Bab 9. Ibadah Haji dan Kurban
Bab 10. Perjuangan Khulafaurrasyidin

Untuk mengunduh Modul Ajar PAIBP Kelas V Semester 1 dan 2 dapat dapat klik DISINI di bawah ini

Semester 1
Modul Ajar PAIBP Bab 1, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PAIBP Bab 2, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PAIBP Bab 3, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PAIBP Bab 4, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PAIBP Bab 5, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI

Semester 2
Modul Ajar PAIBP Bab 5, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PAIBP Bab 6, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PAIBP Bab 7, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PAIBP Bab 8, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PAIBP Bab 9, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PAIBP Bab 10, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI

MODUL AJAR BAHASA INGGRIS

Adapun materi yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas V yaitu sebagai berikut.
Semester 1
Bab 1. What Delicious Bakso!
Bab 2. I Want an ice cream cone
Bab 3. How much is it
Bab 4. I've got a stomachache
Bab 5. What a nice skirt

Semester 2
Bab 6. Part of Our Body that Work Together
Bab 7. How tall are you?
Bab 8. The giraffe is taller than the deer
Bab 9. The elephant is the biggest
Bab 10. I Like Playing "balap karung"


Untuk mengunduh Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas V Semester 1 dan 2 dapat dapat klik DISINI di bawah ini

Semester 1
Modul Ajar Bahasa Inggris Bab 1, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Inggris Bab 2, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Inggris Bab 3, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Inggris Bab 4, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Inggris Bab 5, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI

Semester 2
Modul Ajar Bahasa Inggris Bab 6, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Inggris Bab 7, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Inggris Bab 8, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Inggris Bab 9, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar Bahasa Inggris Bab 10, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI

MODUL AJAR PJOK

Adapun materi yang terdapat dalam pembelajaran PJOK di kelas V yaitu sebagai berikut.
Semester 1
Bab 1. Kombinasi Gerak Dasar dalam Berbagai Permainan Bola Besar
Bab 2. Kombinasi Gerak Dasar dalam Berbagai Permainan Bola Kecil
Bab 3. Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar melalui Lompat Jauh dan Lempar Roket
Bab 4. Variasi Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Bela Diri Pencak Silat
Bab 5. Latihan Daya Tahan Jantung untuk Mengembangkan Kebugaran Jasmani

Semester 2
Bab 6. Kombinasi Pola Gerak Dominan pada Senam Ketangkasan Menggunakan Alat
Bab 7. Kombinasi Gerak Dasar Langkah dan Ayunan Lengan dalam Aktivitas Berirama
Bab 8. Renang Gaya Dada
Bab 9. Pemeliharaan Diri dan Orang Lain dari Penyakit
Bab 10. Bahaya Rokok, Minuman Keras, dan Narkoba

Untuk mengunduh Modul Ajar PJOK Kelas V Semester 1 dan 2 dapat dapat klik DISINI di bawah ini

Semester 1
Modul Ajar PJOK Bab 1, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PJOK Bab 2, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PJOK Bab 3, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PJOK Bab 4, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PJOK Bab 5, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI

Semester 2
Modul Ajar PJOK Bab 6, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PJOK Bab 7, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PJOK Bab 8, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PJOK Bab 9, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
Modul Ajar PJOK Bab 10, untuk mengunduhnya silahkan klik DISINI
 
Semoga Modul Ajar ini dapat menjadi refrensi bagi bapak/ibu di dalam proses pembelajaran di kelas ataupun untuk melengkapi administrasi kelas.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP/MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA KELAS V SD"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah