UNDUH APLIKASI PENGOLAHAN NILAI IJAZAH JENJANG SD KURIKULUM 2013


Semangat Pagi,,
Sesuai dengan namanya aplikasi Pengolahan Nilai Ijazah ini diperuntukkan untuk membantu bapak/ibu guru khususnya guru yang mengajar di kelas VI dalam mengolah nilai Rapor dari kelas IV-VI dan nilai Ujian Sekolah sehingga nantinya diperoleh nilai yang akan dicantumkan pada ijazah. Untuk lebih jelasnya mari kita simak bagaimana cara pemakaian dari aplikasi tersebut.
 
Ada 4 hal penting yang harus diperhatikan ketika menggunakan Aplikasi Pengolahan Ijazah ini. Adapun ke-4 hal tersebut yaitu sebagai berikut.
 
1. Identitas Sekolah
  • Jika kolom identitas siswa diklik, akan muncul beberapa identitas siswa yang harus bapak/ibu isi seperti nama lengkap (sesuai akta kelahiran), tempat/tanggal lahir, nama orang tua/wali, NIS, NISN, agama siswa, alamat siswa, no hp siswa, NIK, jenis kelamin, pekerjaan orang tua/wali, alamat orang tua/wali dan no. telp orang tua/wali.
  • Dalam identitas sekolah ini ada beberapa hal yang harus diisi terlebih dahulu yaitu Nama Sekolah, NPSN, Kabupaten/Kota, Provinsi, Kepala Sekolah, NIP, Nama Guru Kelas, NIP, Kelas, Tempat/Tanggal ijazah, Tahun Ajaran dan Jumlah Siswa. Untuk kolom jumlah siswa, bapak/ibu hanya tinggal memilih jumlah siswa yang disesuaikan dengan jumlah kelas VI saat ini.
2. Muatan Lokal
  • Pada kolom muatan lokal, silahkan bapak/ibu bisa ganti sesuai dengan kebutuhan sekolah.
3. Identitas Siswa
  • Pada Identitas Siswa ada beberapa hal yang harus diisi yaitu input nilai rapor Semester 7 sampai dengan Semester 12 (Kelas IV-VI) dan Nilai Ujian Sekolah pada mata pelajaran Agama, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBdP, PJOK, dan Muatan Lokal. Setelah input nilai rapor dan Ujian Sekolah maka secara otomatis nantinya aplikasi akan merata-ratakan nilai tersebut sampai 2 angka dibelakang koma.
  • Pada kolom rekap nilai, jika diklik nantinya akan terlihat nilai masing-masing pelajaran yang sudah dirata-ratakan sampai 2 angka dibelakang koma.
  • Pada kolom ijazah, jika diklik maka akan menampilkan blangko ijazah yang sudah tertulis identitas siswa dan nilai yang telah diinput.
  • Pada kolom SKL, jika diklik maka akan menampilkan SKL beserta rata-rata nilai siswa. SKL ini nantinya akan digunakan oleh siswa sebagai pengganti ijazah (yang bersifat sementara) saat melamar ke jenjang SMP.
4. Persentase Pengolahan Ijazah
  • Pada tabel ini, terlihat persentase yang antara nilai rapor dan nilai Ujian Sekolah. Bapak/ibu dipersilahkan untuk mengubah persentase nilai tersebut sesuai dengan kebutuhan sekolah masing-masing.
Untuk lebih jelasnya bapak/ibu dapat mengeksplor lebih jauh lagi mengenai aplikasi pengolahan ijazah ini. Silahkan klik DISINI untuk mengunduhnya. Semoga aplikasi ini bermanfaat bagi bapak/ibu yang akan mengolah nilai ijazah. Jika dirasa bermanfaat, bapak/ibu dapat membagikannya kepada rekan-rekan guru lainnya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "UNDUH APLIKASI PENGOLAHAN NILAI IJAZAH JENJANG SD KURIKULUM 2013"

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah