CARA MUDAH MENGOLAH NILAI IJAZAH, MEMBUAT SKL DAN SURAT PERNYATAAN KEABSAHAN DENGAN 1 APLIKASI

Semangat Pagi,,
Tahun ajaran sudah berakhir, namun tugas guru/wali kelas VI belum berakhir. Masih ada serangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan, salh satunya yaitu mengolah nilai ijazah. Ijazah adalah sertifikat pengakuan atas prestasi belajar dan kelulusan dari suatu jenjang pendidikan formal ataupun nonformal. Dengan kata lain ijazah merupakan bukti sah bahwa siswa tersebut telah lulus dan berhak untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (SMP). Dikutip dari Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2022 bahwa blangko ijazah didistribusikan oleh Direktorat melalui Dinas Pendidikan kabupaten/kota untuk jenjang SD dan SMP. Sementara untuk jenjang SMA, SMK, dan SLB dilakukan melalui Dinas Pendidikan provinsi. 
 
Pada tahun 2022, petunjuk pengisian blangko ijazah tertuang dalam Peraturan Sekretaris Jenderal (Persesjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2022. Lebih lengkapnya mengenai penulisan dan penilaian pada ijazah bapak/ibu dapat mengunduhnya dengan Klik DISINI.
 
Setelah bapak/ibu memahami bagaimana penulisan dan pemberian nilai pada blangko ijazah, tahap selanjutnya yaitu bapak/ibu mengolah nilai yang diperoleh oleh anak untuk nantinya dituangkan pada ijazah. Pada umumnya guru kelas VI akan menggunakan excel untuk mempermudah mengolah nilai tersebut.
 
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi bagaimana cara mengolah nilai siswa kelas VI agar bisa menghasilkan nilai yang akan digunakan di ijazah dengan cepat dan mudah. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi pengolahan nilai ijazah SD Kurikulum 2013. Dengan menggunakan aplikasi ini nantinya akan mempermudah bapak/ibu dalam menginput nilai siswa kelas VI.  
 
Aplikasi ini dibuat oleh seorang guru yang bertugas di SDN 14 Kesiman. Beliau adalah I Made Rai Alit Sentanu. Siapa tidak kenal beliau, beliau adalah guru inovatif dalam pembuatan aplikasi pengolahan nilai seperti rapor dan baru-baru ini beliau membuat aplikasi pengolahan nilai ijazah untuk tingkat SD. Harapan beliau dengan aplikasi ini tentu akan mempermudah tugas guru dalam pengolahan nilai ijazah siswa. 
 
Berikut tampilan depan aplikasi pengolahan nilai ijazah
 
Dengan menggunakan aplikasi ini bapak/ibu akan dipermudah mengatur besaran presentase nilai rapor dan Ujian Sekolah (sesuai dengan kebutuhan sekolah). Setelah bapak/ibu menginputkan nilai rapor dan US nantinya bapak/ibu dapat mencetak langsung ijazah dengan menggunakan aplikasi ini. Hasil cetakan inilah yang nantinya digunakan sebagai dasar penulisan ijazah. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan Surat Kelulusan Siswa (SKL) dan Surat Pernyataan Keabsahan yang nantinya dibutuhkan saat siswa melamar ke jenjang yang lebih tinggi (SMP). Untuk lebih jelasnya mengenai cara penggunaan dan unduh aplikasinya, silahkan klik DISINI.
 
Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi bapak/ibu khususnya guru kelas VI di dalam pengolahan nilai ijazah. Jika dirasa bermanfaat, silahkan dibagikan kepada rekan-rekan guru lainnya.

Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MUDAH MENGOLAH NILAI IJAZAH, MEMBUAT SKL DAN SURAT PERNYATAAN KEABSAHAN DENGAN 1 APLIKASI "

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah