PENERAPAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Semangat Pagi,,
Bagaimana kabar kalian hari ini anak-anak? Semoga kalian selalu diberikan kesehatan. Ingat ya anak-anak selalu terapkan 5M yaitu Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas. Mari kita berdoa selalu semoga masa pandemi Covid-19 cepat berlalu.
 
Anak-anak tentu sudah pernah belajar pecahan di kelas IV. Untuk mengingatnya kembali silahkan kalian lihat gambar di bawah ini.

Gambar di atas adalah gambar sebuah pizza. Jika 1 buah pizza dibagi menjadi 2 bagian yang sama besar, maka kita dapat menuliskan pecahannya 1/2 (dibaca satu per dua atau setengah). Jika 1 buah pizza dibagi menjadi 4 bagian yang sama besar, maka kita dapat menuliskan pecahannya 1/4 (dibaca satu per empat atau seperempat). Bagaimana sudah ingat anak-anak?
 
Nah pada hari ini kita akan belajar bagaimana penerapan penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam kehidupan sehari-hari. 
 
Contoh 1:
Ibu mempunyai sebuah kue, kue tersebut akan dipotong menjadi 7 bagian yang sama besar. Ibu memberikan kepada Kakak 2 potong kue dan kepada kakak 3 potong kue. Berapa bagian kue yang diberikan kepada Kakak dan Adik?

Contoh 2:
Ibu membeli 9 buah apel. Ibu memberikan 5 buah apel kepada kakak dan 2 buah pada adik. Berapa bagian selisih apel yang akan diterima oleh Kakak dan Adik?
Bagaimana sudah paham anak-anak? Di atas adalah contoh penerapan penjumlahan dan pengurahan yang penyebutnya sama. Masih ingatkan kalian yang mana disebut penyebut? Ya benar, penyebut itu bagian bawah pecahan. Nah bagaimana sekarang kalau penerapan penjumlahan dan pengurangan, jika penyebutnya berbeda?
 
Untuk menyelesaikan pecahan yang penyebut berbeda, tentu kalian harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu. Bagaimana caranya menyamakan penyebut dalam pecahan? Caranya yaitu dengan menggunakan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil). Masih ingatkah kalian dengan KPK? Untuk mengingatkan kembali lagi perhatikan contoh berikut ini.
 
 
Bagaimana anak-anak sudah paham cara menjumlahkan dan mengurangkan pecahan yang penyebutnya sama dan berbeda? Untuk mengukur pemahaman anak-anak mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan yang penyebutnya sama dan berbeda, silahkan kalian kerjakan soal di bawah ini!
 
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PENERAPAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah