SOAL PENILAIAN HARIAN (PH) MATEMATIKA KELAS IV, V, DAN VI SEMESTER 1


Semangat Pagi,,
Pada dasarnya tujuan evaluasi sendiri adalah untuk melacak proses belajar siswa apakah sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah diterapkan, mengecek hasil belajar siswa apakah ada kekurangan atau tidak dalam proses pembelajaran, mencari solusi dari kekurangan yang siswa alami dan menyimpulkan seberapa menguasainya siswa dalam kompetensi yang diterapkan.

Selain itu, adapun beberapa fungsi maupun tujuan dari diadakannya evaluasi pembelajaran terhadap siswa atau peserta didik, antara lain :
  1. Evaluasi disini sebagai alat untuk mengetahui apakah siswa atau peserta didik tersebut telah menguasai pengetahuan, keterampilan atau materi pembelajaran yang telah diberikan oleh seorang guru. 
  2. Untuk mengetahui kelemahan atau kekurangan siswa/peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar.  
  3. Untuk mengetahui tingkat ketercapaian siswa dalam kegiatan pembelajaran apakah sudah memahami dan menguasai keterampilan atau materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh seoarang guru.  
  4. Sebagai alat untuk mengetahui sampai mana perkembangan belajar siswa tersebut  
  5. Sebagai laporan hasil belajar peserta didik yang diberikan kepada orang tua (wali murid) sebagai bukti sampai mana tingkat kemampuan siswa tersebut, misalnya berupa (rapor).
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi soal yang dapat digunakan oleh guru sebagai evaluasi dalam pembelajaran yang biasanya disebut tes evaluasi. Tes evaluasi ini diberikan kepada siswa dengan tujuan untuk mengetahui atau mengukur tingkat kemampuan siswa setelah menerima pengetahuan dari guru. Dengan memberikan tes evaluasi guru dapat refleksi diri mengenai kegiatan pembelajaran yang telah diberikan atau dengan kata lain guru dapat berbenah diri untuk meningkatkan kemampuannya dalam mentransfer pengetahuan kepada siswa.

Salah satu tes evaluasi yang akan dibagikan kali ini adalah tes evaluasi untuk pembelajaran Matematika. Seperti yang diketahui bersama untuk kelas tinggi (Kelas IV, V, dan VI) pelajaran Matematika terpisah dari pembelajaran lainnya (di luar pembelajaran tematik). Soal yang saya bagikan kali ini yaitu soal dari Kelas IV-VI. Soal ini dapat digunakan sebagai refrensi tes evaluasi kepada siswa. Soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban dan kisi-kisi pula sehingga memudahkan guru untuk memeriksa jawaban siswa.

Untuk mengunduhnya sangat mudah, silahkan klik gambar di bawah ini untuk mengunduh Soal Penilaian Harian Matematika Kelas IV. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.

Sementara ntuk mengunduhnya soal Penilaian Harian Matematika Kelas V, silahkan klik gambar di bawah ini, nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.

Sementara ntuk mengunduhnya soal Penilaian Harian Matematika Kelas VI, silahkan klik gambar di bawah ini, nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.

Soal ini selain digunakan sebagai tes evaluasi juga dapat digunakan sebagai latihan soal untuk siswa, mengingat pelajaran Matematika masih menjadi pelajaran yang menyulitkan bagi siswa. Harapannya tentu dengan seringnya mengerjakan latihan maka siswa akan menjadi lebih paham terhadap materi yang sudah disampaikan oleh guru.
 
Demikianlah soal Penilaian Harian Matematika yang dapat saya bagikan, jika bermanfaat silahkan bisa dibagikan kepada rekan-rekan guru lainnya sebagai refrensi dalam pembuatas tes evaluasi atau latihan soal bagi peserta didik.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SOAL PENILAIAN HARIAN (PH) MATEMATIKA KELAS IV, V, DAN VI SEMESTER 1"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah