MATERI DAN LATIHAN SOAL TEMA 1 SUBTEMA 4 KELAS V : KONDISI GEOGRAFIS PULAU BESAR DI INDONESIA

Semangat Pagi,,
Bagaimana kabar kalian hari ini anak-anak? Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Ingat di masa pandemi ini anak-anak harus selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Kalian harus selalu menerapkan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas).

Pada hari ini kita akan belajar Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4. Tahukah kamu apa itu denah? Denah merupakan gambaran tentang tata letak dalam suatu ruangan atau tempat. Gambaran yang lebih luas dibandingkan dengan denah adalah peta. Peta merupakan gambaran dengan menggunakan skala tertentu mengenai suatu daerah. 

Coba perhatikan gambar Peta wilayah Indonesia berikut ini!

Gambar 01. Peta Wilayah Indonesia

Berdasarkan peta wilayah Indonesia di atas, kita bisa melihat bahwa Indonesia terdiri dari beribu pulau. Artinya daerah Indonesia memiliki banyak pulau yang terdiri dari pulau-pulau kecil hingga pulau-pulau besar. Bisakah kalian menunjukkan dan menyebutkan pulau-pulau besar di Indonesia? Tahukah kalian apa saja nama pulau-pulau tersebut? Untuk menjawabnya, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari pulau-pulau besar di Indonesia. 
 
Ada beberapa pulau-pulau besar di Indonesia. Pulau-pulau tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
 
1. Pulau Jawa
 
Gambar 02. Pulau Jawa

Pulau Jawa diperkirakan mencapai 128,297 km² dengan enam provinsi dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Provinsi di Pulau Jawa adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten. Adapun batas daratan bagian utara yakni Laut Jawa dan Pulau Kalimantan, batas selatan yakni Samudera Hindia, batas Barat yakni Pulau Sumatera, dan batas Timur yakni Pulau Bali. Sementara batas perairan terdapat batas Utara yakni Laut Jawa, batas Selatan yakni Samudera Hindia, batas Barat yakni Selat Sunda, dan batas Timur yakni Selat Bali.

2. Pulau Sumatra
Gambar 03. Pulau Sumatra 

Luas seluruh Pulau Sumatra adalah 473.600 kilometer persegi, hampir seluas negeri Inggris Raya. Di bagian baratnya membentang Samudra Hindia; di bagian timur dan tenggaranya Selat Malaka, Selat Karimata, dan Laut Jawa; sedangkan di bagian selatannya membentang Selat Sunda.

3. Pulau Kalimantan
Gambar 04. Pulau Kalimantan
 
Pulau yang sebagian besar masih terdiri hutan dan menjadi habitat bagi sejumlah tumbuhan serta satwa endemik ini memiliki luas sekitar 743.330 km persegi. Pulau Kalimantan memiliki batas laut sebelah Barat dengan Selat Karimata, sebelah Timur dengan Selat Makassar, sebelah Selatan dengan Laut Jawa, dan sebelah Utara dengan Laut China Selatan 
 
4. Pulau Sulawesi
Gambar 05. Pulau Sulawesi
 
Pulau Sulawesi memiliki luas mencapai 174.600 km². Dengan luas ini, ada enam provinsi yang berdiri di dalamnya, yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Gorontalo.
 
5. Pulau Papua
Gambar 06. Pulau Papua
 
Luas pulau Papua tercatat mencapai 786.000 km², namun yang menjadi bagian Indonesia hanya sebesar 418.707,7 km². Sedangkan sisanya menjadi bagian dari Papua Nugini. Binatang dan tumbuhan endemik ini mencakup burung cenderawasih, kanguru pohon, ikan pelangi, beragam kupu-kupu dan ribuan tumbuhan dan binatang lainnya.
 
Untuk mengukur pemahaman anak-anak mengenai materi hari ini, silahkan kerjakan soal di bawah ini ya.
 
 
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MATERI DAN LATIHAN SOAL TEMA 1 SUBTEMA 4 KELAS V : KONDISI GEOGRAFIS PULAU BESAR DI INDONESIA "

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah