MODUL PPPK GURU KELAS SD TAHUN 2021


Semangat Pagi,, 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) meluncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi - Seri Belajar Mandiri bagi Calon Guru Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK).
 
Program Seri Belajar Mandiri ini dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi pedagogi dan profesional guru calon ASN PPPK dengan mengedepankan konsep ruang kolaborasi dan komunitas pembelajaran. Seri Belajar Mandiri yang data diakses secara daring dan bebas biaya ini juga merupakan komitmen Kemendikbud untuk mendukung para guru dalam persiapan mengikuti seleksi calon ASN PPPK.

Tahun 2021 Kemendikbud merancang kebijakan rekrutmen ASN PPPK kapasitas hampir satu juta orang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing daerahnya. Yang lolos seleksi akan diangkat menjadi ASN PPPK. Seleksi ini berbeda karena dilaksanakan secara daring. Terbuka untuk semua guru honorer dan PPG. 

Seleksi Guru ASN dibuka berdasarkan pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengestimasi bahwa kebutuhan guru saat ini mencapai satu juta guru (di luar guru PNS yang mengajar saat ini). Pembukaan seleksi bagi guru ASN merupakan upaya memberikan kesempatan yang adil bagi guru-guru honorer yang kompeten agar memperoleh penghasilan yang layak. Adapun kriteria guru yang dapat mendaftar untuk mengikuti rekrutmen ASN PPPK yaitu sebagai berikut.
  1. Guru honorer di sekolah yang sudah terdaftar di Dapodik
  2. Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar
Seleksi guru ASN PPPK pada tahun ini sedikit berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Jika kalau tahun sebelumnya formasi untuk guru ASN PPPK terbatas berdasarkan umurnya. Namun pada tahun ini semua guru honorer yang terdaftar di dapodik dan lulusan PPG bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi. Semua yang lulus akan menjadi guru ASN PPPK hingga bisa mencapai 1 juta guru. Oleh sebab itu, pemerintah pusat mengajar pemerintah daerah untuk mengajukan formasi sebanyak-banyaknya sesuai dengan kebutuhan.
 
Untuk mempersiapkan calon guru ASN PPPK menghadapi tes seleksi guru ASN PPPK, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mempersiapkan modul-modul pembelajaran sesuai dengan jenjangnya masing-masing.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan modul PPPK Guru Kelas SD Tahun 2021. Modul Guru Kelas ini terdiri dari Modul Sosio Kultural, Modul Manajerial, Modul Pedagogik, dan Modul Profesional. 
 
MODUL SOSIO KULTURAL
MODUL PEDAGOGIK
 
>>BAHASA INDONESIA SD  
>>ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SD
 Demikianlah Modul Belajar Mandiri seleksi ASN PPPK Guru SD yang dapat saya bagikan. Semoga modul ini dapat bermanfaat bagi guru-guru yang akan mengikuti tes seleksi guru ASN PPPK.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MODUL PPPK GURU KELAS SD TAHUN 2021"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah