KUMPULAN SOAL UJIAN SEKOLAH (US) KELAS VI SD

 
Semangat Pagi,,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk meniadakan ujian nasional (UN) dan ujian kesetaraan di tahun 2021. Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). SE tersebut ditandatangani Mendikbud Nadiem Anwar Makarim pada 1 Februari 2021 dan ditujukan kepada gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Indonesia.
 
Dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tercantum keputusan meniadakan UN dan ujian kesetaraan tersebut berkenaan dengan penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat sehingga perlu dilakukan langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir dan batin peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
 
Sementara itu ada tiga hal yang menjadi persyaratan kelulusan peserta didik dari satuan/program pendidikan. Pertama, peserta didik menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemic Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester. Kedua, peserta didik memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik. Ketiga, mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan Pendidikan. 
 
Salah satu bentuk ujian yang dapat diselenggarakan oleh satuan pendidikan adalah Ujian Sekolah (US). Dengan adanya US ini sekolah diberikan keleluasaan dalam menyusun teks yang nantinya diberikan kepada peserta didik. Teks inilah yang dapat digunakan sebagai salah satu acuan sekolah untuk meluluskan peserta didik pada jenjang akhir (Kelas VI).
 
Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, US biasanya dilaksanakan pada Bulan April. Jadi masih ada waktu kurang dari sebulan untuk guru menyusun teks US. Adapun mata pelajaranyang di ujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPA, PPKN, SBdP, PJOK, dan Bahasa Inggris.
 
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagai soal US. Soal ini dapat dijadikan sebagai refrensi untuk guru-guru dalam penyusunan Soal US ataupun dapat juga dibagikan kepada peserta didik sebagai bahan latihan soal untuk menghadapi US. Soal US yang akan saya bagikan ini dilengkapi dengan kunci jawaban, sehingga akan memudahkan bapak/ibu dalam mengoreksi jawaban peserta didik.

Untuk mengunduhnya sangatlah mudah, silahkan klik link dibawah ini untuk mengunduh mata pelajaran US yang bapak/ibu inginkan.
  1. Unduh Soal US Bahasa Indonesia, Kunci Jawabannya dan Kisi-Kisi Soal DISINI
  2. Unduh Soal US Matematika, Kunci Jawabannya dan Kisi-Kisi Soal DISINI
  3. Unduh Soal US IPA, Kunci Jawaban & Kisi-Kisi Soal DISINI
  4. Unduh Soal US IPS, Kunci Jawaban & Kisi-Kisi Soal DISINI
  5. Unduh Soal US PPKN, Kunci Jawaban & Kisi-Kisi Soal DISINI
  6. Unduh Soal US SBdP, Kunci Jawaban & Kisi-Kisi Soal DISINI  
  7. Unduh Soal US PJOK, Kunci Jawaban & Kisi-Kisi Soal DISINI
  8. Unduh Soal US Agama Kristen & Kunci Jawaban DISINI 
  9. Unduh Soal US Bahasa Inggris, Kunci Jawaban & Kisi-Kisi Soal DISINI
Demikianlah soal-soal US yang dapat saya bagikan, semoga sedikitnya dapat membantu rekan-rekan guru lainnya dalam penyusunan soal US. Jika dirasa bermanfaat, silahkan bapak/ibu dapat membagikannya kepada rekan-rekan guru lainnya. 
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "KUMPULAN SOAL UJIAN SEKOLAH (US) KELAS VI SD"

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah