LATIHAN SOLDAR MENGENAL KONSEP DAN MENGHITUNG KELILING BANGUN DATAR


Semangat Pagi,, 
Nah anak-anak pada hari ini bapak ingin mengajak kalian untuk belajar mengenal keliling bangun datar dan sekaligus mencari keliling bangun datar tersebut. Materi ini terdapat pada tema 7, nah karena tidak semua siswa mempunyai buka tema 7, di sini bapak akan memberikan materi mengenai keliling bangun datar. Yukk simak baik-baik materinya.

Pernahkah kalian mengelilingi sebuah lapangan? Di bagian mana kalian mengelilingi lapangan tersebut? Jika kalian mampu menjawab pertayaan tersebut, maka kalian pasti mudah untuk memahami materi keliling bangun datar yang akan bapak jelaskan. Jika kalian mengelilingi sebuah lapangan, tentu yang akan kalian kelilingi adalah bagian pinggir atau sisi dari lapangan tersebut. Kalian keliling mulai dari suatu tempat dan kembali ke tempat awal kalian mulai berlari itulah yang namanya keliling.

Perhatikan contoh gambar di bawah ini!









Pada gambar di atas, ada seorang anak yang berlari mengelilingi lapangan yang berbentuk persegi panjang. Anak tersebut berlari dari titik A, kemudian melewati titik B, titik C, titik D, dan kembali lagi ke titik A tempat anak itu berlari. Nan maka anak tersebut sudah dapat dikatakan mengelilingi lapangan tersebut.

1. PERSEGI PANJANG
Konsep pada gambar di ataslah yang akan kita gunakan untuk belajar keliling bangun datar. Keliling bangun datar yang akan kita pelajari hari ini adalah keliling bangun datar persegi dan persegi panjang. Nah coba perhatikan gambar persegi panjang berikut ini!






Jika deketahui panjang sisi bawah 9 cm dan lebar sisi kanan 5 cm. Maka tentukanlah keliling bangun datar persegi panjang tersebut! 
Untuk menjawabnya kita harus mengetahui panjang semua sisi pada persegi panjang di atas. Sisi yang belum diketahui adalah panjang sisi atas dan lebar sisi kiri. Berapa panjang sisi atas dan lebar sisi kirinya? Untuk menjawabnya kita ingat lagi sifat-sifat bangun datar persegi panjang ya anak-anak. Salah satu sifat bangun datar persegi panjang adalah kedua sisi yang berhadapan sama panjang. Panjang sisi atas dan panjang sisi bawah saling berhadapan, maka panjangnya sama. Jadi panjang sisi atas adalah 9 cm. Begitu pula lebar sisi kiri yang saling berhadapan dengan lebar sisi kanan. Jadi lebar sisi kiri sama panjangnya dengan lebar sisi kanan, sehingga kita dapat mengetahui lebar sisi kiri adalah 5 cm. 

Nah sekarang kita sudah mengetahui panjang dan lebar sisi-sisinya. Dimana panjang sisi bawah 9 cm, panjang sisi atas 9 cm, lebar sisi kanan 5 cm, dan lebar sisi kiri 5 cm. Jika digambarkan maka akan menjadi sebagai berikut.






Dari gambar di atas, kita dapat mencari keliling bangun datar persegi panjang sesuai dengan konsep mengelilingi lapangan di atas. Pada konsep mengelilingi lapangan, kita mengelilingi semua sisi lapangan tersebut. Artinya jika dihubungkan dengan mencari keliling bangun datar persegi panjang, maka kita menambahkan semua sisi persegi panjang di atas yaitu panjang sisi bawah + lebar sisi kiri + panjang sisi atas + lebar sisi kiri. Atau jika disederhanakan kelilingnya dapat ditulis yaitu panjang + lebar + panjang + lebar, sehingga dapat dapat kita simpulkan keliling persegi panjang sebagi berikut.
Misalnya panjang suatu bangun datar persegi panjang 8 cm dan lebarnya 3 cm. Tentukanlah kelilingnya. Nah untuk mencari kelilingnya kita dapat menggunakan rumus di atas. 
Jadi dari perhitungan di atas, diperoleh keliling bangun datar persegi panjang yaitu 22 cm.

2. PERSEGI 
Pada umumnya untuk mencari keliling bangun datar, caranya sama yaitu dengan menjumlahkan semua sisi bangun datar tersebut. Nah bagaimana dengan keliling bangun datar persegi? Untuk mencari keliling bangun datar persegi tinggal menjumlahkan sisi bawah + sisi samping kiri + sisi atas + sisi bawah. Perhatikan gambar di bawah ini!


Perhatikan gambar di atas apakah sisi bawah, sisi kanan, sisi atas, sisi kiri pada persegi panjangnya sama? Ya benar, semua sisinya panjangnya sama. Maka dapat ditulis keliling persegi = sisi + sisi + sisi + sisi = 4 x sisi.
Misalnya, sebuah bangun datar persegi panjang sisinya 5 cm. Tentukanlah kelilingnya! 
Karena panjang semua sisi persegi adalah sama maka untuk menghitung kelilingnya anak-anak dapat menggunakan rumus di atas yaitu dengan menjumlahkan semua sisi-sisinya atau dengan rumus 4 x sisi.


Mudah bukan anak-anak? Pada intinya baik bangun datar persegi panjang dan persegi cara mencari kelilingnya adalah sama dengan menjumlahkan semua sisi-sisinya. Atau kalian juga dapat menggunakan rumus-rumus yang sudah bapak tuliskan di atas. Nah untuk mengukur pemahaman kalian tentang keliling bangun datar persegi panjang dan persegi, coba kalian selesaikan soal di bawah ini. Bapak sudah buatkan soal sebanyak 10 buah yang berbentuk isian. Selamat mengerjakan anak-anak, selamat belajar.



Setelah menjawab soal di atas, kalian dapat melihat hasilnya pada tabel di bawah ini! Semoga hasilnya mengembirakan ya anak-anak!


 

Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LATIHAN SOLDAR MENGENAL KONSEP DAN MENGHITUNG KELILING BANGUN DATAR"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel