LATIHAN SOLDAR MARI MENGENAL WAKTU


Semangat Pagi,, 
Pada hari bapak akan mengajak kalian untuk mengenal waktu. Materi ini sudah pernah bapak sebelumnya jelaskan di kelas. Nah pada hari ini bapak akan menekankan lagi kepada kalian agar kalian lebih paham lagi. Sudah siap untuk belajar hari ini anak-anak? Kalau sudah yukk kita mulai belajarnya.

Coba perhatikan gambar jam di bawah ini anak-anak! 







Kalau dilihat dari jarum jamnya, gambar di atas terdiri dari 2 jarum jam yaitu jarum jam pendek dan jarum jam panjang. Jarum jam pendek itu menunjukkan jam dan jarum panjang menunjukkan menit. Nah coba kalian tebak, jarum pendek berada pada angka berapa? dan jarum panjang berada pada angka berapa? Ya betul jarum jam pendek berada pada angka 7 dan jarum panjang berada pada angka 12. Itu berarti jam di atas menunjukkan pukul 07.00. Mudah bukan anak-anak? 

Nah jika masih bingung, coba kalian perhatikan lagi jam di bawah ini dengan seksama.








Pada jam di atas, jarum pendek berada pada angka 7 dan jarum panjang berada pada angka 2. Kira-kira jika dibaca jam berapakah itu? Untuk memudahkan kalian memahaminya silahkan perhatikan gambar di bawah ini dengan sekasama!









Jarum jam yang panjang bergerak dari angka 12 menuju angka 1 berarti 5 menit dan dari angka 1 ke angka 2 berarti 5 menit. Jika dijumlahkan berarti 10 menit. Nah jika dibaca jam di atas berbunyi Pukul 07.10. Mudah bukan anak-anak? Intinya kita selalu berpatokan dari angka 12 untuk menghitung jumlah menit pada jarum panjang. Setiap bergerak 1 angka ke kanan maka jarum panjang bernilai 5 menit. Jika jarum panjang di angka 3 berarti untuk menuju ke angka 3 jarum panjang bergerak 3 angka ke kanan yaitu dari angka 12 menuju angka 1, angka 2 dan angka 3, sehingga jarum panjang bernilai 15 menit. Mudah bukan anak-anak?

Coba perhatikan lagi contoh jam di samping kiri berikut ini! Pada jam di samping jarum panjang menunjukkan angka 8 dan jarum pendek berada diantara angka 8 dan 9 atau berada ditengah tengan angka 8 dan 9. Kira-kira pukul berapakah jam di tersebut!

 Untuk menjawab soal di atas, coba perhatikan ilustrasi gambar di bawah ini!








Pertama kita hitung dulu menitnya ya anak-anak. Kita hitung bersama-sama dari angka 12 ke angka 1 bernilai 5 menit, dari angka 1 ke angka 2 bernilai 5 menit, dari angka 2 ke angka 3 bernilai 5 menit, dari angka 3 ke angka 4 bernilai 5 menit, dari angka 4 ke angka 5 bernilai 5 menit, dari angka 5 ke angka 6 bernilai 5 menit, dari angka 6 ke angka 7 bernilai 5 menit dan dari angka 7 ke angka 8 bernilai 5 menit. Jika dijumlahkan semuanya maka bernilai 40 menit. 

Atau anak-anak juga bisa menghitung jumlah menit dengan menggunakan cara cepat yaitu perkalian. Dari angka 12 menuju angka 8, maka jarum jam bergerak sebanyak 8x, maka untuk menghitung menitnya 8 x 5 menit = 40 menit. Sama buka hasilnya anak-anak? Nah anak-anak dapat menggunakan cara mana saja untuk menghitung menitnya yang penting kalian paham ya. Nah kita kembali lagi dengan soal di atas, menitnya kita sudah mengetahui, sekarang kita melihat jarum pendeknya. Jarum pendek berada diantara angka 8 dan 9, maka kita gunakan angka yang lebih kecil yaitu angka 8, kecuali jika jarum pendek berada diantara 12 dan 1 kita menggunakan angka 12. Sehingga jika dibaca jam dia atas menunjukkan pukul 08. 40. Mudah bukan anak-anak?

Jika kalian sudah paham tentang cara membaca jam. Sekarang bapak akan ajarkan kalian bagaimana cara menghitung lamanya waktu. Yuk perhatikan contoh soal berikut. Lani pergi ke sekolah pukul 07.00 dan pulang pukul 12.00. Berapa lama Lani belajar di sekolah. Caranya kalian kurangi saja pukul berapa Lani pulang - pukul Lani berangkat sekolah, sehingga diperoleh lama lani di sekolah. Agar kalian lebih paham lagi, mari simak ilustrasi gambar di bawah ini.




Setelah dikurangi diperoleh jawaban 05.00. Maka lama lani di sekolah adalah 5 jam. Mudah bukan anak-anak. Nah sekarang coba perhatikan lagi soal cerita berikut. Budi bermain layang-layang pada pukul 15.45 dan pulang ke rumah pada pukul 17.00. Berapa lama Budi bermain layang-layang? Caranya sama dengan di atas, Pukul berapa Budi pulang dikurangi pukul berapa Budi bermain layang-layan. Jika dikerjakan dengan hitung susun maka akan seperti di bawah ini.







Pada gambar di atas 00 tidak bisa dikurangi 45, maka harus meminjam 1 jam di depan, sehingga 00 akan berubah menjadi 60 menit, sehingga 60 - 45 = 15 menit. Nah untuk angka 17, karena sudah dipinjam tadi 1 jam oleh 00, maka angka 17 berubah menjadi 16, sehingga 16-15 = 01Jadi lama Budi bermain layang-layang adalah 1 jam 15 menit atau bisa ditulis 01.15.

Mudah bukan anak-anak? Nah untuk mengetahui seberapa paham kalian tentang materi yang sudah bapak paparkan di atas, coba kalian kerjakan soal isian singkat di bawah ini. Soal berjumlah 10 buah, dimana setiap soal bernilai 10. Jadi jika kalian benar semua skor kalian 100. Berikut soalnya, selamat belajar anak-anak.

 
Anak-anak juga dapat melihat hasil yang telah kalian kerjakan tadi pada tabel di bawah ini. Semoga hasilnya baik yang anak-anak.
 
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LATIHAN SOLDAR MARI MENGENAL WAKTU"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel