LATIHAN SOLDAR MENGENAL JENIS-JENIS SUDUT


Semangat Pagi,, 
Pada hari ini kita akan belajar tema 8 (Praja Muda Karana) yaitu mengenai jenis-jenis sudut. Pernahkah kalian mendengar kata sudut? Sebenarnya kalian sudah mengenalnya bahkan sudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, namun kalian belum menyadarinya saja. Nah pada hari ini, kita akan bersama-sama membahasnya agar kalian lebih paham lagi. 

Coba perhatikan gambar di bawah ini! 











Kira-kira apa yang dilakukan orang pada gambar di atas? Ya betul, gambar di atas merupakan gambar anak yang lagi hormat. Tentu kalian sudah pernah melakukannya setiap hari senin bukan? Nah gerakan tangan seperti di atas itulah namanya sudut. Agar lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.








Jenis sudut yang terlihat pada gerak tangan anak di atas adalah sudut lancip. Jika dilihat secara umum ada 3 jenis-jenis sudut yaitu sudut lancip, sudut siku-siku dan sudut tumpul. Bisakah kalian membedakan ketiga jenis sudut tersebut. Coba perhatikan gambar di bawah ini! 



Kira-kira jika diperhatikan gambar A, B, dan C termasuk sudut apa? Ya benar, jika dilihat dari jenis sudutnya, gambar A adalah sudut siku-siku, gambar B adalah sudut tumpul dan gambar C adalah sudut lancip. Lalu bagaimana cara membedakan ketiga buah sudut tersebut? Sudut siku-siku adalah sudut yang besarnya 90 derajat atau membentuk tegak lurus seperti yang terlihat pada gambar A di atas. Sudut tumpul adalah sudut yang besarnya lebih dari 90 derajat seperti yang terlihat pada gambar B. Sedangkan sudut lancip adalah sudut yang besarnya kurang dari 90 derajat seperti yang terlihat pada gambar C.

Untuk lebih jelasnya gambar sudut siku-siku, tumpul, dan lancip dapat digambarkan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Bagaimana anak-anak sudah paham tentang jenis-jenis sudut, nah untuk menguji tingkat pemahaman kalian, silahkan jawab soal isian berikut ini. Bapak akan berikan 10 soal. Setiap soal yang benar bernilai 10, jadi jika semuanya benar maka akan memperoleh 100. Silahkan dikerjakan anak-anak. Selamat belajar.


Setelah menjawab, kalian dapat melihat nilai yang sudah kalian peroleh pada tabel di bawah ini. Semoga hasilnya bagus ya anak-anak.

Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LATIHAN SOLDAR MENGENAL JENIS-JENIS SUDUT"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel