PEMBAHASAN LAJARING SD MELALUI TVRI 5 MEI 2020


Semangat Pagi,, 
Pada hari ini kalian akan belajar mengenai menaksir berat suatu benda dan menimbangnya. Pernahkah kalian menaksir berat suatu benda? Misalnya antara bola sepak bola dan bola pingpong yang bahannya sama, yang mana lebih berat? Bisakah kalian menjawabnya? Tentu kalian bisa menjawabnya jika dilihat dari segi ukuran, bola sepak bola lebih besar dari pada bola pingpong sehingga dapat dikatakan bola sepak bola lebih berat daripada bola pingpong. Mudah buka anak-anak?

Coba perhatikan gambar di bawah ini!


Ayoo kalian bandingkan berat benda pada masing-masing nomornya. Bisakah kalian menjawabnya? Benda-benda di atas sudah sering kalian temui di sekitar lingkungan kalian. Sudah pasti kalian dengan mudah menjawabnya ya. Pada nomor 1, antara tas dan topi kira-kira mana yang lebih berat? Ya betul, yang lebih berat adalah tas. Untuk nomor 2,antara dadu dan buku, kira-kira mana yang lebih berat? Ya betul, yang lebih berat adalah buku. Pada soal nomor 3, antara kaset CD dan bola sepak bola, kira-kira mana yang lebih berat? Ya betul, yang lebih berat adalah bola sepak bola. Terakhir antara meja dan plastik, mana yang lebih berat? Ya betul, yang lebih berat adalah meja.  Mudah bukan anak-anak? Jadi untuk menentukan berat suatu benda, apabila bahannya sama maka kalian benda yang lebih besarlah yang lebih berat bendanya. Kemudian dapat juga dilihat dari segi bahannya, jika benda tersebut terbuat dari plastik, cenderung benda tersebut lebih ringan jika dibandingkan dengan benda yang terbuat dari kayu. 

Agar kalian lebih paham lagi silahkan kalian perhatikan video di bawah ini. Video ini sama dengan video yang kalian tonton di TVRI. Silahkan di simak baik-baik ya anak-anak.

 
Video di atas adalah video keseluruhan yang sudah digabung. Jadi kalian bisa menonton dari awal sampai akhir. Nah mudah bukan anak-anak materi hari ini? 

Seperti biasa di akhir sesi kalian akan diberikan pertanyaan. Berikut 3 buah pertanyaan yang kalian harus jawab.
PERTANYAAN:
1) Buktikan bahwa berat 2 piring yang sama bahannya, namun berbeda ukuran akan berbeda beratnya!
PEMBAHASAN
Seperti apa yang telah bapak jelaskan di atas, jika 2 buah piring yang bahannya sama, maka untuk melihat piring mana yang lebih berat maka bisa dilihat dari ukurannya. Semakin besar ukuran piring tersebut, maka semakin berat piring tersebut. Nah sebagi ilustrasi coba kalian lihat gambar di bawah ini.



Jika piring seperti gambar di atas, maka sudah tentu piring B yang lebih berat dari piring A.

PERTANYAAN:
2) Ukurlah berat 3 alat dapur di rumahmu, lalu urutkan dari yang paling berat! Caranya, siapkan gantungan baju dan kantong plastik di masing-masing ujungnya. Masukkan 1 alat dapur ke salah satu kantong plastik dan benda lain, sebagai alat ukur ke kantong plastik lainnya. Lakukan bergantian untuk ketiga alat dapur yang kamu pilih sehingga kamu bisa mengurutkan beratnya.
PEMBAHASAN:
Alat dapur ada banyak ya anak-anak. Anak-anak dapat memilihnya 3 saja, misalnya panci, sutil, dan pisau. Semua alat dapur tersebut terbuat dari bahan yang sama yaitu dari bahan aluminium. Nah untuk mengukur beratnya mudah saja, karena terbuat dari bahan yang sama, maka kalian tinggal melihat ukurannya saja. Jika dilihat dari ukurannya maka yang lebih besar adalah panci, kemudian sutil dan terakhir pisau. Nah jika diurutkan dari yang paling berat maka susunannya adalah panci, sutil, dan pisau.

PERTANYAAN:
3) Berat sebuah mangga sama dengan berat 2 buah apel yang sama besar. Jika berat mangga 30 ons, berapa ons berat sebuah apel.
PEMBAHASAN:
Jika pertanyaan di atas diilustrasikan dengan gambar, maka dapat  disajikan seperti gambar di bawah ini.


Berat 1 buah mangga = 30 ons
1 buah mangga beratnya sama denga 2 buah apel
Maka berat 1 buah apel = 30 ons : 2 = 15 ons
Jadi berat 1 buah apel adalah 15 ons.

Semoga materi dan pembahasan yang bapak berikan dapat bermanfaat bagi semuanya terutama bagi anak-anak kelas rendah dari kelas I sampai dengan kelas III. Semangat terus belajarnya ya anak-anak.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PEMBAHASAN LAJARING SD MELALUI TVRI 5 MEI 2020"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel