LATIHAN SOLDAR HOTS NILAI TEMPAT KELAS III


Semangat Pagi, 
Bagaimana Kabar kalian hari ini? Semoga selalu diberikan kesehatan. Nah pada hari ini bapak akan memberikan materi dan soal pendalaman mengenai matematika yang sudah pernah kalian dapatkan di TVRI kemarin yaitu nilai tempat. Sepintas bapak melihat masih banyak anak-anak yang belum paham nilai tempat. Oleh sebab itu pada hari ini bapak akan jelaskan sedikit mengenai nilai tempat.

Coba perhatikan bilangan 526. Jika dijabarkan 526 = 500 + 20 + 6, angka 5 pada bilangan tersebut menempati tempat ratusan, 2 menempati tempat puluhan dan 6 menempati tempat satuan. Jika ditanya nilainya, maka  angka 5 bernilai 500, 2 bernilai 20 dan 6 bernilai 6. Mudah bukan anak-anak? Terlihat sepele namun banyak yang terkecoh dengan soal semacam ini.

Jika soal di atas dikembangkan ke soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) atau Berpikir Tingkat Tinggi maka soal diatas dapat dikembangkan menjadi berikut. Contoh Lani memiliki bilangan 268 dan Wayan memiliki bilangan kebalikan dari bilangan Lani. Tentukan jumlah nilai angka 2 pada bilangan Lani dan Wayan! Pertama yang diketahui adalah bilangan Lani = 268, karena bilangan Wayan kebalikan dari bilangan Lani, maka bilangan Wayan = 862. Jadi jika diminta untuk menentukan nilai angka 2 dari bilangan Lani dan Wayan, maka diperoleh sebagai berikut. Angka 2 pada bilangan Lani bernilai 200 dan angka 2 pada bilangan Wayan bernilai 2. Jadi jika dijumlahkan 200 + 2 = 202. Mudah bukan anak-anak?

Nah untuk menguji pemahaman kalian, silahkan kerjakan soal di bawah ini. Soal bapak buat dalam bentuk isian (jawaban singkat). Silahkan kalian buat jawabannya saja. Soal berjumlah 10 butir, dimana masing-masing soal bernilai 10. Jadi jika kalian benar semuanya, maka kalian akan memperoleh skor 100. Selamat mengerjakan anak-anak, selamat mencoba!

 
Tadi kalian sudah menjawab soal latihan di atas, untuk melihat hasil jawabannya, silahkan kalian lihat pada tabel di bawah ini. Mudah-mudahan sesuai dengan target kalian ya anak-anak.


Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LATIHAN SOLDAR HOTS NILAI TEMPAT KELAS III"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah