APLIKASI PENGOLAHAN NILAI IJAZAH SD K13


Semangat Pagi,, 
Pada postingan sebelumnya saya telah membagikan juknis pengisian blangko ijazah. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi masih berhubungan dengan ijazah yaitu aplikasi pengolahan nilai ijazah SD Kurikulum 2013. Dengan menggunakan aplikasi ini nantinya akan mempermudah bapak/ibu dalam menginput nilai siswa kelas VI. 

Aplikasi ini dibuat oleh seorang guru yang bertugas di SDN 14 Kesiman. Beliau adalah I Made Rai Alit Sentanu. Siapa tidak kenal beliau, beliau adalah guru inovatif dalam pembuatan aplikasi pengolahan nilai seperti raport dan baru-baru ini beliau membuat aplikasi pengolahan nilai ijazah untuk tingkat SD. Harapan beliau dengan aplikasi ini tentu akan mempermudah tugas guru dalam pengolahan nilai ijazah siswa.

Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan program excel. Adapun langkah-langkah dalam penginputan nilai ijazah dengan menggunakan aplikasi ini yaitu sebagai berikut: 
1. Bapak/ibu mengisi identitas sekolah terlebih dahulu, setelah itu klik identitas siswa seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

2.Kemudian akan terlihat kolom identitas siswa, silahkan bapak/ibu isi nama, tempat, tanggal lahir siswa, nama orang tua, NIS, dan NISN, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Setelah melengkapi identitas, silahkan bapak/ibu kembali ke tampilan awal atau home dengan mengklik home seperti yang ditunjukkan tanda panah di atas.
3. Silahkan bapak/ibu menginput nilai siswa, yang terdiri dari nilai agama, SBdP, PPKN, PJOK, Bahasa Indonesia, Muatan Lokal, Matematika, IPA, dan IPS seperti yang ditunjukkan tanda panah pada gambar di bawah ini dengan cara mengklik mata pelajaran tersebut secara bergantian.





















4.Setelah mengklik salah salah satu mata pelajaran, misalnya Agama. Di sana bapak/ibu dihadapkan pada kolom nilai yang mengharuskan menginput nilai dari semester 7, 8, 9, 10, 11, 12. Yang dimaksud semester 7 dan 8 adalah nilai kelas IV Semester 1 dan 2. Begitu juga semester 9 dan 10 adalah nilai kelas V Semester 1 dan 2. Terakhir semester 11 dan 12 adalah nilai kelas VI Semester 1 dan 2. Nilai yang diinput adalah nilai KI-3 dan KI-4. Berikut tampilan gambarnya.










5. Setelah bapak/ibu selesai menginput nilai semua mata pelajaran, bapak/ibu bisa melihat nilai yang sudah diinput tadi dengan cara klik rekap nilai. Seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah pada gambar di bawah ini.













6. Setelah klik rekap nilai, maka akan terlihat rekap nilai semua mata pelajaran yang terlihat seperti gambar di bawah ini.










7. Jika bapak/ibu sudah yakin dengan nilai yang sudah diinput tadi, maka bapak/ibu dapat mengklik menu ijazah yang terdapat di tampilan awal. Ijzah yang diprint inilah yang nantinya akan sebagai dasar bapak/ibu dalam menuliskan nilai ijazah yang asli. Tampilan ijazah terlihat seperti gambar di bawah ini.
TAMPILAN DEPAN











TAMPILAN BELAKANG














Berikut saya lampirkan aplikasi pengolahan nilai ijazah SD Kurikulum 2013 karya I Made Rai Alit Sentanu. Silahkan bapak/ibu dapat mengunduhnya dengan klik UNDUH.

Berikut saya tampilkan gambaran aplikasi ijazah SD Kurikulum 2013

Demikianlah informasi yang dapat saya berikan, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi kita semua terutama bapak/ibu guru yang bertugas menginput nilai ijazah. 

Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "APLIKASI PENGOLAHAN NILAI IJAZAH SD K13"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel