ICE BREAKING SI PENGUSUR BOSAN DI KELAS

ICE BREAKING PENGUSIR BOSAN DI KELAS

Semangat Pagi,,
Pernahkah kalian mendengar ice breaking? Tentu kata ini tidak asing lagi di telinga sahabat sang pendidik semuanya. Biasanya di sela-sela pelatihan baik itu seminar ataupun workshop pasti dilakukan ice breaking. Apa sebenarnya tujuan ice breaking? Seberapa penting ice breaking bagi kita? Nah untuk menjawab itu semua, mari simak baik-baik postingan berikut.


"/> Ice breaking jika diartikan memiliki arti memecah es. Jika dimaknai lebih mendalam lagi ice breaking memiliki makna menghilangkan kebekuan-kebekuan selama suatu kegiatan berlangsung. Penggunaan ice breaking sering dilakukan saat kegiatan pelatihan. Mengapa demikian? Karena pelatihan baik itu seminar ataupun workshop membutuhkan waktu yang lama biasanya dari pagi sampai sore. Bayangkan jika kita harus duduk dan mendengarkan selama itu, tentu rasa bosan dan jenuh akan menghantui kita. Untuk menghilangkan semua itulah, terkadang pelatih atau narasumber mengajak seluruh peserta untuk melakukan ice breaking agar pikiran dapat segera segar kembali.

Melihat paparan di atas, tentu  kegiatan ice breaking rasanya sangat tepat jika dilakukan di sela-sela jam pelajaran. Mengapa perlu dilakukan? Hal ini disebabkan karena siswa berada di sekolah kurang lebih 5 jam. Tentu anak-anak akan cepat merasa bosan jika selama 5 jam diberikan materi pelajaran. Disinilah peran penting guru. Guru harus dapat menyegarkan kembali pikiran siswa dan mengembalikan suasana hati mereka agar kembali beremangat. Salah satunya dapat dilakukan dengan melakukan ice breaking. Ice breaking yang dilakukan bermacam-macam mulai dari senam atau tarian yang gerakannya lucu dan dapat juga suatu permainan yang menarik dan membuat ketawa. Ada beberapa ice breaking yang dapat sahabat sang pendidik terapkan di sekolah yaitu sebagai berikut.

1. Lakukan yang Guru Katakan
Kegiatan ice breaking ini sangat mudah untuk diterapkan di kelas. Siswa harus mengikuti semua aba-aba yang dikatakan oleh guru. Misalnya guru meminta untuk memegang telinga, mulut, hidung, atau anggota lainnya, maka siswa harus memegang anggota tubuh yang dikatakan oleh guru. Namun, agar lebih menarik dan sedikit lebih sulit lagi yaitu saat guru menyuruh siswa memegang telinga saat itu pula guru memegang anggota tubuh lainnya. Terkadang banyak siswa yang terkecoh, siswa hanya melihat anggota tubuh yang guru pegang namun tidak mendengarkan apa yang dikatakan oleh guru. Di sinilah akan terlihat mana siswa yang fokus dan tidak. Karena dalam permainan ini siswa dituntut menirukan apa yang dikatakan oleh guru bukan apa yang dilakukan oleh guru. Permainan ini membutuhkan konsentrasi tinggi siswa. Jadi dengan permainan ini, konsentrasi dan fokus siswa akan kembali lagi.

2. Kalimat Berantai
Permainan ice breaking ini dimainkan oleh beberapa orang dalam satu kelompok. Misalnya satu kelompok terdiri dari 4-5 orang. Kelompok tersebut berbaris membentuk satu garis lurus baik itu berbanjar ataupun beresap. Guru akan menyampaikan kepada orang pertama sebuah kalimat, kemudian kalimat tersebut diteruskan kepada orang kedua begitu seterusnya hingga orang terakhir. Orang terakhirlah nantinya menyampaikan kalimat yang didengarnya.  Kalimat yang disampaikan oleh guru tentunya memiliki kata-kata yang mirip jika dibunyikan, sehingga siswa harus benar-benar mendengarkannya dengan baik. Contoh kalimat seperti beikut "Kuku kaki kakeknya kena kaki kursi kayu". Di sini daya ingat siswa dan tingkat fokus siswa sangat dibutuhkan agar dapat menyampaikan kalimat tersebut kepada temannya.   

3. Berhitung Kelipatan 
Permainan ini diawali dengan kegiatan siswa berhitung satu persatu, kemudian guru dapat meminta siswa untuk mengganti setiap kelipatan (yang telah disepakati) dengan menyebutkan kata yang telah disetujui. Misalkan setiap kelipatan 4 diganti dengan kata "Semangat". Artinya siswa yang mendapat giliran menyebutkan angka 4, 8, 12, dan seterusnya tidak boleh menyebutkan angka tersebut namun harus menggantinya dengan mengatakan "Semangat". Permainan ice breaking ini sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi karena siswa harus fokus kapan mengatakan angka dan kapan mengatakan kata "Semangat".

Selain ice breaking di atas. Pada postingan kali ini juga admin akan bagikan beberapa video ice breaking senam yang gerakannya lucu yang admin peroleh dari berbagai macam pelatihan.

1. Senam Pinguin, Silahkan DIUNDUH
2. Senam Otak, Silahkan DIUNDUH
3. Brain Gym Tra la la la la lero, Silahkan DIUNDUH

Itulah beberapa ice breaking yang dapat sahabat sang pendidik terapkan di sekolah. Semoga bermanfaat dan mari kita majukan pendidikan bersama dengan saling berbagi informasi.





Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "ICE BREAKING SI PENGUSUR BOSAN DI KELAS"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel