PANDUAN PELAKSANAAN PERSIAPAN OBSERVASI KELAS


Semangat Pagi,,

Bapak/ibu guru hebat semuanya, bulan Januari kemarin kita sudah bersama-sama untuk menyusun RHK (Rencana Hasil Kinerja) pada Pengelolaan Kinerja di PMM. RHK yang dibuat merupakan hasil diskusi antara guru dengan kepala sekolah, yang selanjutnya diimplementasikan di bulan Februari. Bagi bapak/ibu yang belum menyusun RHK, pemerintah telah memperpanjang hingga 31 Maret 2014. 

Di bulan Februari ini, bapak/ibu guru sudah bisa melakukan persiapan observasi kelas (pra observasi). Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam tahap persiapan observasi kelas ini yaitu sebagai berikut.

  1. Silahkan bapak/ibu guru menyiapkan instrumen persiapan observasi. Instrumen ini bisa dilihat contohnya pada Perdirjen GTK No. 7606 tentang Juknis Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2023. Instrumen persiapan observasi kelas dapat diunduh DISINI
  2. Silahkan bapak/ibu guru buka PMM, pilih fitur Pengelolaan Kinerja. Nanti akan terlihat tampilan seperti di bawah ini. Lalu klik Cek Langkah Observasi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini

  3. Setelah itu, bapak/ibu silahkan pilih isi dokumen persiapan dengan klik Lanjutkan
  4. Bapak/ibu silahkan cek rubrik observasi sesuai dengan gambar di bawah ini. Ajaklah kepala sekolah untuk berdiskusi mengenai rubrik observasi ini karena rubrik inilah yang akan digunakan oleh kepala sekolah untuk menilai bapak/ibu ketika observasi nanti di bulan Maret.
  5. Diskusilah kembali dengan kepala sekolah mengenai target perilaku yang ingin bapak/ibu perbaiki selama 1 Semester ini dengan memilih 1 atau 2 atau ke-3 target perilaku tersebut dengan memberi centang pada kolom yang telah disediakan. Pilihan bapak/ibu guru akan mempengaruhi rubrik observasi nantinya.
  6. Isilah kolom dengan upaya yang akan bapak/ibu lakukan untuk memperbaiki target perilaku.

  7. Diskusilah dengan kepala sekolah untuk menentukan jadwal observasi kelas, mulai dari tanggal, jenjang, kelas dan mata pelajaran yang akan dipilih.
  8. Unggahlah RPP/Modul Ajar/Asesmen yang akan digunakan saat observasi kelas. Perangkat ajar yang akan diunggah ini diusahakan sesuai dengan rubrik observasi kelas. Perangkat ajar yang diunggah maksimal 10 MB dengan format PDF. Jika sudah selesai mengisi semua klik Kumpulkan. Jika belum mengisi semuanya, bisa klik simpan draf.
Itulah tadi sedikit cara pengisian instrumen dan langkah-langkah pelaksanaan persiapan observasi kelas. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya. 

Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PANDUAN PELAKSANAAN PERSIAPAN OBSERVASI KELAS"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah