UNDUH APLIKASI SASARAN KINERJA PEGAWAI (SKP) TERBARU 2022

Semangat Pagi,,
Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) baik itu PNS dan Pegwai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) wajib membuat Sasaran Kinerja Pegawai atau yang disingkat SKP. SKP adalah rencana atau target kerja yang dibuat oleh seorang pegawai yang kemudian direalisasikan dalam kurun waktu tertentu. Di akhir tahun pegawai tersebut akan dinilai oleh atasannya apakah kegiatan yang direncanakan mampu terealisasi semuanya, sebagian atau tidak terealisasi sama sekali. Untuk guru biasanya dinilai oleh atasannya yaitu Kepala Sekolah sementara kepala sekolah dinilai oleh seorang Kabid Pendidikan.

Sejak tahun 2021 SKP sudah mengalami beberapa perubahan. Terakhir SKP mengalami perubahan dan penyempurnaan kembali di tahun 2022. SKP pada tahun 2022 ini cukup sederhana jika dibandingkan dengan SKP sebelumnya. Jika SKP sebelumnya atasan (kepala sekolah) memberikan penilaian berupa angka kepada guru, maka SKP 2022 penilaian berupa angka tidak lagi digunakan. Penilaian SKP 2022 berupa deskripsi ataupun simbol-simbol saja. 

Selain itu di SKP 2022, juga ditemui gambar kurva distribusi yang menggambarkan predikat kinerja pegawai. Berikut beberapa gambar kurva beserta kategorinya.
Gambar 01. Kurva dengan Kategori Istimewa

Gambar 02. Kurva dengan Kategori Baik

Gambar 03. Kurva dengan Kategori Butuh Perbaikan

Gambar 04. Kurva dengan Kategori Kurang

Gambar 05. Kurva dengan Kategori Sangat Kurang


Untuk lebih memudahkan bapak/ibu memahami SKP 2022, berikut saya kirimkan aplikasi SKP terbaru 2022 yang telah saya susun. Silahkan bapak/ibu dapat unduh gratis aplikasi SKP 2022 DISINI.

Cara menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah dan sederhana yaitu sebagai berikut.
  1. Bapak/ibu buka sheet 1, silahkan lengkapi identitas diri
  2. Di bagian Renja (Rencana Sasaran Kerja), silahkan bapak/ibu tanyakan atasan bapak/ibu terlebih dahulu Rencana Hasil Kerja yang Diintervensi seperti apa. Setelah tahu rencana kerja atasanny (kepala sekolah), maka bapak/ibu tinggal mengintervensi rencana kerja kepala sekolah yang sesuai dengan rencana kerja bapak/ibu.
  3. Pada sheet evaluasi kinerja, silahkan bapak/ibu isi di bagian kolom Realisasi Bukti Dukung. Apakah dokumen rencana sudah sesuai dengan realisasinya atau belum. 
  4. Kemudian di kolom Umpan Balik Berkelanjutan, silahkan bapak/ibu berikan komentar apakah "capaian kerja sesuai target, di bawah target atau melampaui target'.
  5. Dokumen SKP yang bapak/ibu print cukup sheet SKP, Evaluasi Kinerja, dan Dok. Evaluasi Kinerja Pegawai.
Bagaimana bapak/ibu cukup sederhana bukan SKP 2022 yang terbaru ini? Dengan SKP 2022 ini maka lebih memudahkan atasan untuk memberikan penilaian karena hanya berupa deskripsi atau emoji saja bukan lagi berupa angka-angka yang cenderung menimbulkan kecemburuan sosial satu sama lain.

Semoga SKP 2022 yang telah saya susun dapat bermanfaat bagi bapak/ibu semuanya. 
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "UNDUH APLIKASI SASARAN KINERJA PEGAWAI (SKP) TERBARU 2022"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah