UNDUH APLIKASI PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH (PKKS) TERBARU


Semangat Pagi,,
Penilaian adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data sebagai bahan pengambilan keputusan. Sehubungan dengan itu, setiap kegiatan penilaian berujung pada pengambilan keputusan. Penilaian kinerja guru dengan tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah yang selanjutnya disebut penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data yang sesungguhnya kepala sekolah/madrasah kerjakan pada setiap indikator pemenuhan standar. Efektivitasnya ditentukan dengan mengukur keberhasilan mencapai target pada tiap indikator dibandingkan dengan target yang ditetapkan dalam program.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 menjelaskan bahwa penilaian kinerja guru merupakan penilaian tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatan. Guru yang dimaksud dalam permendiknas tersebut termasuk guru yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Penilaian ini biasanya dilaksanakan menjelang akhir tahun yaitu bulan November. 

Adapun tampilan Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) dapat dilihat sebagai berikut. 

Cara penggunaan aplikasi ini juga tergolong sederhana. Adapun cara penggunaannya yaitu sebagai berikut.
  1. Klik kotak warna hijau di sebelah Data Kepala Sekolah untuk mengisi identitas kepala sekolah dan penilai dalam hal ini yaitu Pengawas.
  2. Setelah itu klik Menu untuk kembali ke tampilan awal. Lalu klik kotak di sebelah Pnil. Sejawat/Guru, di sini guru-guru akan memberikan penilaian terhadap kepala sekolah. Adapun komponen yang dinilai yaitu perilaku kepala sekolah sehari-hari, hubungan kepala sekolah dengan teman, dan perilaku profesional kepala sekolah. Kemudian klik Menu untuk kembali ke tampilan awal.
  3. Klik kotak di sebelah Penilaian Siswa, di sini kepala sekolah akan dinilai oleh siswa kelas tinggi (IV, V dan VI). Adapun komponen yang dinilai yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan perilaku sehari-hari kepala sekolah. Kemudian klik Menu untuk kembali ke tampilan awal.
  4. Klik kotak di sebelah Penilaian Orang Tua, di sini kepala sekolah akan dinilai oleh orang tua siswa kelas tinggi (IV, V dan VI). Adapun komponen yang dinilai yaitu komunikasi dan kepercayaan dalam memberikan pendidikan.
  5. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah meliputi 3 penilaian yaitu Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi Guru dan Tendik. Silahkan klik komponen di masing-masing penilaian. Misal klik Rencana Program Sekolah, nanti akan diminta untuk memberikan chek-list sesuai dengan bukti fisik yang dimiliki. 
  6. Pasword untuk mengedit aplikasi ini yaitu "latihan"
Untuk lebih jelasnya, silahkan bapak/ibu bisa unduh Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) DISINI

Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat khususnya bagi guru yang diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "UNDUH APLIKASI PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH (PKKS) TERBARU"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah