SOAL DAN KUNCI JAWABAN TES FORMATIF DAN SUMATIF PPG DALAM JABATAN

 


Semangat Pagi,,
Mahasiswa PPG Dalam Jabatan adalah guru-guru yang mempunyai pengalaman mengajar sebelum tahun 2016 pada semua jenjang pendidikan pra sekolah sampai pendidikan menengah jalur pendidikan formal. Biaya pendidikan PPG Dalam Jabatan berasal dari dana APBN berupa bantuan pemerintah yang disalurkan langsung kepada mahasiswa PPG Dalam Jabatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 
 
Tahapan proses penetapan PPG Dalam Jabatan yaitu sebagai berikut.
 
1. Penjaringan Calon Mahasiswa. Calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu guru dalam jabatan yang belum memiliki sertifikat pendidik, lulus seleksi akademik dan administrasi, telah melakukan konfirmasi kesediaan secara online (daring) melalui laman ppg.kemdikbud.go.id
 
2. Registrasi. Setelah melakukan registrasi mahasiswa yang sudah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melakukan lapor diri ke perguruan tinggi sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku. Perguruan tinggi akan memberikan surat pemanggilan calon mahasiswa. Informasi pemanggilan akan disampaikan pada laman ppg.kemdikbud.go.id
 
3. Pembelajaran. Kegiatan pembelajaran PPG Dalam Jabatan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi pembelajaran daring atau LMS Kemdikbud dan video Conference. Tahapan Kegiatan Pembelajaran PPG Dalam Jabatan secara daring dengan jabaran sebagai berikut.
  • Pendalaman materi dilaksanakan secara daring selama 13 hari dengan materi pedagogi dan profesional.
  • Pengembangan perangkat pembelajaran yang harus diselesaikan selama 14 hari yang meliputi pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan TPACK, memanfaatkan sumber belajar ICT serta berorientasi HOTS.
  • Menghasilkan dokumen perangkat pembelajaran dalam bentuk rencana kegiatan, bahan ajar, LKPD, media, dan instrumen penilaian. 
  • Bagi mahsiswa yang lulus Uji Komprehensif dapat mengikuti dapat mengikuti tahap selanjutnya yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) selama 31 hari di sekolah asal masing-masing dengan didampingi oleh dosen pembimbing dan guru pamong.
4. Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) yang terdiri dari uji kinerja dan uji pengetahuan. Mahasiswa PPG dinyatakan lulus apabila lulus semua matakuliah, pendalaman teori, pengembangan perangkat pembelajaran dan PPL. Selain itu mahasiswa PPG harus lulus UKMPPG yang terdiri dari Uji Kinerja (Ukin) dan Uji Pengetahuan (UP).
 
Setiap mahasiswa PPG menyelesaikan teori yang diberikan, maka mahasiswa wajib menjawab tes formatif dan sumatif yang berhubungan dengan materi yang telah disampaikan. 
 
Pada kesempatan ini saya ingin memberikan refrensi tes sumatif dan tes formatif yang dilengkapi dengan kunci jawabannya. 

>>MODUL PROFESIONAL
BAHASA INDONESIA PGSD
 MATEMATIKA PGSD PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIKSemoga soal formatif dan sumatif ini dapat menjadi refrensi bagi bapak/ibu yang akan mengikuti PPG Dalam Jabatan. Jika dirasa bermanfaat silahkan dibagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SOAL DAN KUNCI JAWABAN TES FORMATIF DAN SUMATIF PPG DALAM JABATAN "

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah