SOAL AKM LITERASI DAN NUMERASI LEVEL 1 (KELAS I DAN II SD/MI)

Semangat Pagi,,
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). 

AKM Literasi Membaca
Dari aspek konten, AKM literasi membaca terdiri dari literasi membaca teks fiksi dan literasi membaca teks fiksi. Teks fiksi merupakan teks yang ditujukan untuk memberikan pengalaman mendapatkan hiburan, menikmati cerita, dan melakukan perenungan kepada para pembacanya. Teks informasi merupakan teks yang ditujukan untuk memberikan fakta, data, dan informasi dalam rangka pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah.

Dari aspek konteks, AKM literasi membaca terdiri dari literasi konteks personal, literasi konteks sosial budaya, dan literasi konteks saintifik. Literasi konteks persolan berkenaan dengan kepentingan diri secara pribadi. Literasi konteks sosial budaya berkenaan dengan kepentingan antarindividu, budaya, dan isu kemasyarakatan. Literasi konteks saintifik berkenaan dengan isu, aktivitas, serta fakta ilmiah baik yang telah dilakukan maupun futuristic.

Dari aspek proses kognitif, AKM literasi membaca terdiri dari literasi dalam menemukan informasi, literasi dalam interpretasi dan integrasi, dan literasi dalam evaluasi dan refleksi. Literasi dalam menemukan informasi meliputi keterampilan dalam mencari, mengakses serta menemukan informasi tersurat dari wacana. Literasi dalam interpretasi dan integrasi meliputi keterampilan dalam memahami informasi tersurat maupun tersirat, memadukan interpretasi antar bagian teks untuk menghasilkan inferensi. Literasi dalam evaluasi dan freleksi meliputi keterampilan dalam menilai kredibilitas, kesesuaian maupun keterpercayaan teks serta mampu mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks.

Kompetensi dan subkompetensi dari AKM literasi membaca tertuang dalam learning progression sebagai berikut.
  1. Kompetensi menemukan informasi (access and retrieve) terdiri dari subkompetensi mengakases dan subkompetensi mencari informasi dalam teks dan mencari dan memilih informasi yang relevan.
  2. Kompetensi memahami (interpet and integrate) terdiri dari subkompetensi memahami teks secara literal dan subkompetensi menyusun inferesni, membuat koneksi, dan prediksi baik tes tunggal maupun teks jamak.
  3. Kompetensi mengevaluasi dan merefleksi (evaluate and reflect) terdiri dari subkompetensi menilai kualitas dan kredibilitas konten pada teks informasi tunggal maupun jamak, subkompetensi menilai format penyajian dalam teks, dan subkompetensi merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi.
 
AKM Literasi Matematika (Numerasi)
Dari aspek konten, AKM numerasi terdiri dari domain bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian, dan aljabar. Numerasi bilangan meliputi meliputi representasi, sifat urutan, dan operasi beragam jenis bilangan (cacah, bulat, pecahan, desimal). Numerasi pengukuran dan geometri meliputi mengenal bangun datar hingga menggunakan volume dan luas permukaan dalam kehidupan sehari-hari. Juga menilai pemahaman peserta didik tentang pengukuran panjang, berat, waktu, volume dan debit, serta satuan luas menggunakan satuan baku. Numerasi data dan ketidakpastian meliputi pemahaman, interpretasi serta penyajian data maupun peluang. Numerasi aljabar meliputi persamaan dan pertidaksamaan, relasi dan fungsi (termasuk pola bilangan), serta rasio dan proporsi.

Dari aspek konteks, AKM numerasi terdiri dari numerasi personal, numerasi sosial budaya, dan numerasi siantifik. Numerasi personal berkenaan dengan dengan kepentingan diri secara pribadi. Numerasi sosial budaya berkenaan dengan kepentingan antarindividu, budaya dan isu kemasyarakatan. Numerasi saintifik berkenaan dengan isu, aktivitas, serta fakta ilmiah baik yang telah dilakukan maupun futuristic.

Dari aspek proses kognitif, AKM numerasi terdiri dari pemahaman, penerapan, dan penalaran. Pemahaman dalam numerasi meliputi keterampilan dalam memahami fakta, prosedur serta alat matematika. Penerapan dalam numerasi meliputi keterampilan dalam menerapkan konsep matematika dalam situasi nyata yang bersifat rutin. Penalaran dalam numerasi meliputi ketermpilan dalam bernalar dengan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah bersifat non rutin.

Kompetensi dan subkompetensi AKM numerasi yang tertuang dalam learning progession dikelompokkan dalam domain dan subdomain berikut.
  1. Domain bilangan terdiri dari subdomain representasi, subdomain sifat urutan, dan subdomain operasi. 
  2. Domain geometri dan pengukuran terdiri dari subdomain bangun geometri dan subdomain pengukuran. 
  3. Domain aljabar terdiri dari subdomain persamaan dan pertidaksamaan, subdomain relasi dan fungsi (termasuk pola bilangan), dan subdomain rasio dan proporsi. 
  4. Domain data dan ketidakpastian terdiri dari subdomain data dan representasinya dan subdomain ketidakpastian dan peluang. 

Contoh Soal AKM Literasi Membaca Level 1 yaitu sebagai berikut

 Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Penjelasan dan Soal-soalnya - www.gurnulis.id

Apakah kamu tahu komodo? Komodo salah satu hewan yang sangat besar. Ia tinggal di Pulau Komodo. Pulau Komodo ada di Indonesia. Komodo mempunyai gigi yang panjang. Panjang gigi komodo lebih kurang 2,5 sentimeter. Jumlah gigi komodo ada sekitar 60 buah. Lidah komodo juga panjang dan bercabang. Fungsi lidah komodo untuk mencium bau mangsa. Komodo dikenal sebagai kadal yang paling besar di Bumi. Itu karena berat badan komodo bisa sampai 200 kilogram.
 
Pertanyaan 1
Identitas
  • Jenjang: Level 1 (Kelas 1 SD/ MI dan kelas 2 SD/ MI). 
  • Konten: Teks informasi.
  • Konteks: Saintifik. 
  • Kompetensi: Menemukan informasi (access and retrieve). 
  • Subkompetensi: Mengakses dan mencari informasi dalam teks. 
  • Rincian Kompetensi: Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. 
  • Bentuk Soal: Jawaban singkat. 
Bunyi Pertanyaan
Berapa panjang gigi komodo?


Penskoran
  • Nilai penuh: kode 1 apabila menjawab “2,5 cm atau 2,5 sentimeter”. 
  • Tidak ada nilai: kode 0 apabila menjawab dengan jawaban lain; kode 9 apabila kosong. 
Pertanyaan 2
Identitas

  • Jenjang: Level 1 (Kelas 1 SD/ MI dan kelas 2 SD/ MI). 
  • Konten: Teks informasi. 
  • Konteks: Saintifik. 
  • Kompetensi: Memahami (interpret and Integrate). 
  • Subkompetensi: Memahami teks secara literal 
  • Rincian Kompetensi: Mengidentifkasi topik atau fokus pembahasan pada teks informasi yang sesuai jenjangnya. 
  • Bentuk Soal: Pilihan ganda.
 
Bunyi Pertanyaan
Bacaan itu menceritakan tentang ….
A. gambaran komodo
B. jenis-jenis komodo
C. Pulau Komodo yang indah
 

Penskoran

Nilai penuh: kode 1 apabila menjawab “A. gambaran komodo”.
Tidak ada nilai: kode 0 apabila menjawab dengan jawaban lain; kode 9 apabila kosong.

Contoh Soal AKM Numerasi Level 1 yaitu sebagai berikut

Perhatikan gambar kartu-kartu berisi bilangan di bawah ini.
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Penjelasan dan Soal-soalnya - www.gurnulis.id 
Pertanyaan 1
Identitas

  • Domain: Bilangan.
  • Subdomain: Representasi.
  • Kelas: 2 SD/ MI.
  • Konteks stimulus: Personal.
  • Kompetensi: Memahami bilangan cacah (maksimal tiga angka).
  • Level kognitif: Knowing (pemahaman).
  • Bentuk soal: Pilihan ganda kompleks.
 
Bunyi Pertanyaan
Desi ingin mengambil beberapa kartu bilangan yang nilai angka satuannya lebih kecil dari 5. Kartu-kartu apa saja yang dapat diambil Desi?
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Penjelasan dan Soal-soalnya - www.gurnulis.id
a
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Penjelasan dan Soal-soalnya - www.gurnulis.id
b
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Penjelasan dan Soal-soalnya - www.gurnulis.id
c
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Penjelasan dan Soal-soalnya - www.gurnulis.id
d
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Penjelasan dan Soal-soalnya - www.gurnulis.id
e
 
Penskoran
  • Nilai penuh: kode 1 apabila menjawab “B dan C”. 
  • Tidak ada nilai: kode 0 apabila menjawab dengan jawaban lain; kode 9 apabila kosong.
Selain soal AKM Literasi dan Numerasi yang sudah dicontohkan di atas, bahasan yang lebih spesifik dan lengkap mengenai bentuk soal AKM level 1 dapat diakses pada artikel-artikel berikut.
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 1

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 1

Kumpulan Soal AKM Numerasi Level 1

Semoga soal-soal di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika dirasa bermanfaat, silahkan dibagikan kepada rekan-rekan guru lainnya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SOAL AKM LITERASI DAN NUMERASI LEVEL 1 (KELAS I DAN II SD/MI)"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah