SILABUS K13 SEMESTER 1 (SATU) SEMUA JENJANG (KELAS I-VI) DI SD

Tahun ajaran 2019/2020 telah usai, itu berarti kita harus mempersiapkan diri menyambut tahun ajaran baru yaitu tahun ajaran 2020/2021. Tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai pada tanggal 13 Juli 2020. Berarti ada jeda sekitar 1 bulan buat guru mempersiapkan diri untuk menghadapi tahun ajaran baru 2020/2021. Salah satu yang harus dipersiapkan oleh guru yaitu perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dimaksud meliputi Kalender Pendidikan, Program Tahunan, Program Semester, Silabus, dan RPP. Jika semuanya tersebut sudah terpenuhi tentu guru akan mudah melaksanakan pembelajaran, karena semuanya sudah terkonsepkan secara rapi.    Pada postingan kali ini saya akan membagikan salah satu perangkat pembelajaran yaitu Silabus. Silabus adalah acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.   Sebelum menyusun RPP, guru harus membuat Silabus terlebih dahulu. Jika diibaratkan sebuah cerita silabus adalah kerangka dari cerita tersebut. Bagus tidaknya alur sebuah cerita sangat ditentukan oleh kerangka yang disusun. Setelah membuat kerangka barulah guru dapat merancang proses pembelajaran seperti apa yang akan dilaksanakan berdasarkan dari kerangka tersebut. Jika semuanya sudah dilakukan, maka guru akan dengan mudah mengaplikasikannya saat proses pembelajaran.        Dalam penyusunan Silabus ada beberapa komponen yang harus terpenuhi di dalamnya. Hal ini tertuang dalam Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Adapun komponen-komponen tersebut yaitu meliputi:      Identitas mata pelajaran      Identitas sekolah     Kompetensi Inti     Kompetensi Dasar     Tema     Materi pokok     Pembelajaran     Penilaian     Alokasi Waktu     Sumber belajar




Semangat Pagi,, 
Tahun ajaran 2019/2020 telah usai, itu berarti kita harus mempersiapkan diri menyambut tahun ajaran baru yaitu tahun ajaran 2020/2021. Tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai pada tanggal 13 Juli 2020. Berarti ada jeda sekitar 1 bulan buat guru mempersiapkan diri untuk menghadapi tahun ajaran baru 2020/2021. Salah satu yang harus dipersiapkan oleh guru yaitu perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dimaksud meliputi Kalender Pendidikan, Program Tahunan, Program Semester, Silabus, dan RPP. Jika semuanya tersebut sudah terpenuhi tentu guru akan mudah melaksanakan pembelajaran, karena semuanya sudah terkonsepkan secara rapi. 

Pada postingan kali ini saya akan membagikan salah satu perangkat pembelajaran yaitu Silabus. Silabus adalah acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Sebelum menyusun RPP, guru harus membuat Silabus terlebih dahulu. Jika diibaratkan sebuah cerita silabus adalah kerangka dari cerita tersebut. Bagus tidaknya alur sebuah cerita sangat ditentukan oleh kerangka yang disusun. Setelah membuat kerangka barulah guru dapat merancang proses pembelajaran seperti apa yang akan dilaksanakan berdasarkan dari kerangka tersebut. Jika semuanya sudah dilakukan, maka guru akan dengan mudah mengaplikasikannya saat proses pembelajaran. 
   
Dalam penyusunan Silabus ada beberapa komponen yang harus terpenuhi di dalamnya. Hal ini tertuang dalam Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Adapun komponen-komponen tersebut yaitu meliputi:
  1. Identitas mata pelajaran 
  2. Identitas sekolah
  3. Kompetensi Inti
  4. Kompetensi Dasar
  5. Tema
  6. Materi pokok
  7. Pembelajaran
  8. Penilaian
  9. Alokasi Waktu
  10. Sumber belajar

    Ke-10 komponen seperti yang terpapar di ataslah yang harus ada di dalam penyusunan sebuah Silabus.  

    Nah pada kesempatan ini, saya ingin berbagi Silabus Semester 1 dari kelas I - VI SD yang disusun berdasarkan Permendikbud No. 22 tahun 2016. Silahkan bapak/ibu klik gambar di bawah ini untuk mengunduh Silabus Kelas I, nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat mengunduh file.

    Sementara untuk mengunduh Silabus Kelas II, silahkan bapak/ibu klik gambar di bawah ini, nanti akan diarahkan ke tempat mengunduh file.

    Sementara untuk mengunduh Silabus Kelas III, silahkan bapak/ibu klik gambar di bawah ini, nanti akan diarahkan ke tempat mengunduh file.

    Sementara untuk mengunduh Silabus Kelas IV, silahkan bapak/ibu klik gambar di bawah ini, nanti akan diarahkan ke tempat mengunduh file.

    Sementara untuk mengunduh Silabus Kelas V, silahkan bapak/ibu klik gambar di bawah ini, nanti akan diarahkan ke tempat mengunduh file. 
    https://www.sangpendidik.com/2020/06/silabus-k13-kelas-v-lima-semester-1-di.html

    Sementara untuk mengunduh Silabus Kelas VI, silahkan bapak/ibu klik gambar di bawah ini, nanti akan diarahkan ke tempat mengunduh file. 
    https://www.sangpendidik.com/2020/06/silabus-k13-kelas-vi-enam-semester-1-di.html

    Silabus yang saya bagikan diatas adalah hanyalah contoh. Bapak/ibu dapat meniru atau memodifikasi Silabus tersebut sesuai kondisi tempat tugasnya masing-masing. Jika dirasa Silabus ini bermanfaat, silahkan dapat membagikannya kepada rekan sejawat dengan harapan sedikitnya dapat membantu meringankan tugas guru dalam pembuatan administrasi kelas.
    Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "SILABUS K13 SEMESTER 1 (SATU) SEMUA JENJANG (KELAS I-VI) DI SD"

    Post a Comment

    Iklan Tengah Artikel