TUTORIAL MEMBUAT SOLDAR DAN MENGELOLA JAWABAN SISWA DENGAN GOOGLE FORM


Semangat Pagi,, 
Seperti yang kita ketahui bersama hampir 2 bulan sudah kita menghadapi masa pandemi. Dalam masa pandemi ini tentu pelaksanaan pembelajaran di sekolah tidak bisa dilaksanakan. Namun kita sebagai guru harus tetap melaksanakan pembelajaran agar siswa tetap belajar di masa pandemi seperti sekarang ini. Salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan yaitu pembelajaran secara daring. 

Pembelajaran daring ada banyak macamnya, yang paling umum digunakan oleh banyak orang yaitu aplikasi WhattsApp (WA). Aplikasi ini sudah sering digunakan oleh masyarakat sebagai media komunikasi. Jadi semua orang tentu sudah bisa menggunakannya. Selain aplikasi WA, sahabat juga dapat menggunakan Google Form untuk membuat soal online. Bagaimana cara membuat soal dengan google form? Yukk kita bersama-sama belajar membuatnya.

Melalui google form ini guru dapat membuat soal dalam bentuk pilihan ganda ataupun jawaban singkat serta guru juga dapat menginput gambar dalam soal. Selain dapat membuat soal, dengan google form guru juga dipermudah dalam mengoreksi jawaban sisiwa. Bagaimana caranya? Yuk kita belajar sama-sama
  • Sebelum membuat soal, kita harus mempunyai email terlebih dahulu.
  • Silahkan buka google, lihat pojok kanan ada tanda titik yang berbentuk persegi (lihat gambar no. 1) lalu pilih gambar google drive (seperti gambar no. 2)
 
  • Selanjutnya sahabat akan diminta untuk memasukan email (lihat gambar no. 1) dan klik berikutnya (lihat no.2). Setelah itu masukan kata sandi (lihat no. 3) lalu klik berikutnya (lihat no. 4)
 
  • Setelah masuk ke google drive, silahkan klik tanda panah baru (lihat gambar no. 1) pilih lainnya (lihat gambar no. 2) dan klik google formulir (lihat gambar no. 3).
 
  • Selanjutnya buatlah judul soal yang ingin kita buat. Misalnya "Soal Tema 7 Kelas III Mengenal Jenis-Jenis Bangun Datar" (lihat gambar no. 1), kemudian sebelum menyusun soal, kita buat identitas siswa dulu. Silahkan ketik nama pada kolom yang sudah disediakan (lihat gambar no. 2). Kemudian pilih jawaban singkat dengan mengklik tombol ke bawah (lihat gambar no. 3), lalu klik wajib diisi artinya identitas ini harus diisi jika ingin ke tahap selanjutnya (lihat gambar no. 4). Terakhir klik tambah pertanyaan simbol + (lihat gambar no. 5) atau sahabat dapat juga klik duplikat (lihat gambar no. 6).

  • Selanjutnya kita akan membuat kolom Kelas, tadi untuk menambah kolom kita ada 2 pilihan klik tambah pertanyaan atau duplikat, karena bentuk identitasnya sama berupa jawaban isian sahabat dapat klik duplikat seperti yang terlihat pada gambar 6 di atas. Setelah berhasil di duplikasi, maka kalian hanya mengganti kolom nama (lihat gambar no. 1) dengan Kelas dan tidak perlu lagi mengklik wajib diisi. Kemudian klik duplikat (lihat gambar no. 3)
 
  • Selanjutnya kita akan membuat kolom No. Absen. Silahkan sahabat tinggal merubah nama kolom Kelas (lihat gambar no. 1) yang telah didupikasi dengan nama No. Absen. Selanjutnya karena di rasa data iddentitas sudah cukup. Sebelum membuat soal, silahkan kalian klik tambah bagian dengan simbol = (lihat gambar no. 2). Jadi tambah bagian ini berfungsi untuk memisahkan bagian di atasnya dengan di bawahnya.
 
  • Setelah klik klik tambah bagian dengan simbol =, maka bagian identitas dan soal akan terpisah. Silahkan selanjutnya kalian beri judul, misalnya SOAL PILIHAN GANDA (lihat gambar no. 1). Kemudian di bawahnya diisi keterangan Pilihlah yang jawaban paling benar (lihat gambar no. 2). Untuk menambah kolom soal silahkan klik tambah pertanyaan (lihat gambar no. 3)
 
  • Silahkan kalian mulai membuat soal yang diinginkan pada kolom yang telah disediakan (lihat gambar no. 1). Kemudian karena ini pilihan ganda, silahkan pilih opsi pada tanda panah kebawah dan pilih pilihan ganda (lihat gambar no. 2). Lalu akan muncul kolom di bawah soal, silahkan kalian buat opsi pilihannya (tidak perlu membuat A, B, C atau D). Setelah itu klik wajib diisi (lihat gambar no. 3).
 
  • Untuk memberi skor pada soal, silahkan klik setelan yang terletak di pojok kanan (lihat gambar no. 1). Kemudian akan muncul 3 menu yaitu umum, presentasi, dan kuis. Jika kalian ingin mengacak soal artinya setiap siswa tidak akan sama nomor soalnya silahkan klik presentasi dan pilih acak urutan pertanyaan (lihat gambar no. 2). Jika ingin memberikan skor, silahkan klik kuis dan klik jadikan ini sebagai kuis (lihat no. 4) terakhir klik simpan.
 
  • Selanjutnya akan muncul kata kunci jawaban (lihat gambar no. 1), silhkan klik kunci jawaban dan pilih skor masing-masing soal (lihat no. 2) dan klik simpan (lihat gambar no. 3)
 
  • Sementara untuk membuat kunci jawabannya yaitu klik kunci jawaban (lihat gambar no. 1), lalu pilih jawaban mana yang dipakai kunci jawaban (lihat gambar no. 2). Terakhir klik simpan.
 
  • Jika menggunakan acak soal, agar identitas tidak ikut teracak caranya yaitu klik identitas yang telah dibuat sebelumnya, mulai dari NAMA. Kemudian klik tambahkan judul dan deskripsi (lihat gambar no. 1) lalu akan muncul kolom di bawahnya berisi tulisan Juduk tanpa judul (lihat gambar no. 2) silhakan hapus. Begitu juga untuk Kelas dan No. Absen lakukan hal yang sama dengan klik tambahkan judul dan deskripsi
 
  • Untuk membuat soal berikutnya karena opsinya sama yaitu pilihan ganda, maka sahabat tinggal klik duplikat saja yang terletak di bawah.
 
  • Jika kalian ingin membuat soal yang berisi gambar, silahkan klik gambar (lihat gambar no. 1), kemudian silhkan klik cari untuk mencari gambar yang hendak dimasukan (lihat gambar no. 2)
 
  • Setelah gambar muncul pada soal, silahkan ketik keterangan di atas gambar (seperti gambar no. 1) lalu untuk menuliskan soalnya, silahkan klik tanda titik 3 (lihat gambar no. 2) dan pilih tambahkan teks (lihat gambar no. 3). Kemudian akan muncul teks di bawah gambar (lihat gambar no. 4) silahkan kalian tuliskan pertanyaannya.
 
  • Untuk membuat soal selanjutnya caranya sama seperti yang telah admin jelaskan di atas, kalian tinggal klik duplikat lalu mengganti soal yang ingin dibuat.
 
  • Jika semua soal dirasa sudah selesai dibuat, tinggal mengirimkan link soal ke siswa. Caranya klik kirim. Lalu akan muncul 3 pilihan silahkan klik tautan (lihat gambar no. 2). Jika sahabat ingin perpendek URL silahkan centang perpendek URL (lihat gambar no. 4). Nah URL yang terlihat pada gambar no. 3 inilah yang akan dikirim ke siswa. Jika siswa klik tautan tersebut, maka secara langsung siswa akan diarahkan menjawab soal google form tersebut.
 
  • Setelah siswa menjawab soal tersebut, maka nilai siswa sudah dapat dilihat. Caranya yaituklik respons (lihat gambar no. 1). Setelah itu klik spreadsheet yang berwanah hijau (lihat gambar no. 2) dan klik buat (lihat gambar no. 3).
 
  • Nanti akan seperti gambar di bawah ini tampilan rekapan nilai masing-masing siswa.
 
  • Sekarang admin akan coba menjawab soal yang sudah dibuat, setelah menjawab kita langsung mengetahui nilai siswa tanpa menghitungnya.
     

    Bagaimana mudah bukan membuat soal dengan google form dan mengelola jawaban siswa? Semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk kita semuanya, terutama para pendidik yang senantiasa mendampingi anak didiknya untuk berlatih soal-soal.
    Selamat mencoba,,
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TUTORIAL MEMBUAT SOLDAR DAN MENGELOLA JAWABAN SISWA DENGAN GOOGLE FORM"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel