PEDOMAN JARMAT MELALUI BUKU SAKU GERAKAN AJARMAT

Buku Saku Gerakan Ajarmat

Semangat Pagi, 
Pada hari ini saya akan membagikan salah satu buku saku yang saya peroleh dari kegiatan Sarasehan yang baru saja berlangsung melalui kegiatan daring. Buku saku ini mengajarkan bahwa Matematika itu tidak sulit dan tidak serumit yang dibayangkan oleh peserta didik.

Buku saku ini berjudul "Matematika Tidak Sulit Koq". Buku ini diinisiasi oleh PPPPTK Matematika sebagai usaha untuk membuat matematika lebih disadari kehadirannya dalam kehidupan seharihari anak sejak dini. Buku Saku AjarMat (Ayo Belajar Matematika) ini terdiri dari 73 halaman dan memuat 6 topik. Topik 1 membahas tentang "Kesan yang Keliru terhadap Matematika", topik 2 membahas tentang " Apa Matematika itu sesungguhnya?", topik 3 membahas tentang "Mengapa anak kita perlu belajar Matematika?", topik 4 membahas tentang "Apakah setiap anak mampu belajar matematika? ", topik 5 membahas tentang "Bagaimana mendampingi anak belajar matematika?", topik 6 membahas tentang "Beberapa contoh belajar matematika praktis dan humanis".

Semua topik yang terdapat pada Buku Saku AjarMat pada intinya membahas pengetahuan dasar yang dapat menumbuhkan kesan positif peserta didik terhadap Matematika. Perlahan kita dapat merubah mindset mereka agar Matematika yang awalnya tertanam di benak mereka sulit menjadi mudah, yang awalnya membosankan menjadi menarik, dan yang awalnya menyeramkan menjadi menyenangkan.

Berikut saya lampirkan Buku Saku Gerakan AjarMat (Ayo Belajar Matematika) yang dapat diunduh secara gratis.



Demikian informasi yang dapat saya informasikan, mari bersama-sama kita merubah stigama Matematika menjadi sesuatu hal yang disenangi dan ditunggu kehadirannya dalam pembelajaran di kelas. Mulai dari hal yang sederhana seperti memberikan ajungan jempol ataupun pujian-pujian kecil saat siswa berani berpendapat. Hal sekecil ini akan dapat menumbuhkan motivasi dalam diri anak. Ajak anak didik mengenali lingkungan sekitar dengan pembelajaran Matematika, sehingga anak didik merasa senang. 

Misalkan saat anak menaiki tangga, kita dapat meminta anak untuk menghitung jumlah tangga tersebut. Atau saat anak melakukan aktivitas memasak, kita dapat meminta anak untuk menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan anak untuk memasak. Itulah beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk membelajarkan Matematika secara sederhana, sehingga anak tidak terasa bahwa mereka sudah belajar Matematika.

Jika kita sebagai guru sudah mampu menumbuhkan rasa senang dalam diri siswa, maka siswa akan ketagihan dalam belajar Matematika. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga Buku Saku AjarMat ini dapat bermanfaat untuk menanamkan di benak anak bahwa Matematika itu tidak sulit koq. 
Sekian dan terimakasih.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PEDOMAN JARMAT MELALUI BUKU SAKU GERAKAN AJARMAT "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel