LATIHAN SOLDAR MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR


Semangat Pagi,, 
Beberapa hari yang lalu kita sudah belajar tema 7 yang membahas tentang keliling bangun datar. Nah pada hari ini kita masih membahas Tema yang sama namun materinya kita tingkatkan lagi yaitu mengenai luas bangun datar. Pernahkah kalian menghitung luas suatu daerah atau tempat? Jika belum, yuk kita bersama-sama belajar, bagaimana cara menghitung luas suatu daerah atau tempat.

Perhatikan gambar di bawah ini!
Kira-kira jika dilihat, bangun datar di atas termasuk bangun datar apa anak-anak? Ya betul, bangun di atas adalah contoh bangun datar persegi panjang. Tentu kalian sudah mengetahui semuanya karena waktu ini bapak sudah mengenalkan bangun datar persegi panjang. Nah yang menjadi permasalahan sekarang berapa luas satuan bangun datar persegi panjang di atas?

Nah untuk menghitungnya kalian tinggal menghitung jumlah kotak satuan yang terdapat pada gambar di atas. Nah sebagai ilustrasinya, perhatikan gambar di bawah ini!








Setelah dihitung ternyata persegi panjang tersebut terdiri dari 12 kotak satuan. Nah jika disederhanakan lagi, kalian dapat mengalikan antara panjang dan lebar persegi panjang di atas. Pada gambar di atas panjangnya 4 kotak satuan dan lebarnya 3 kota satuan. Jika ditanya luasnya, maka cara mencarinya yaitu Panjang x Lebar. 






Jadi luas persegi panjang di atas adalah 12 kotak satuan. Mudah bukan anak-anak? 

Selanjutnya perhatikan bangun datar di bawah ini!







Jika dilihat dari ukurannya, gambar bangun apakah disamping? Ya benar, gambar di samping adalah gambar bangun datar persegi. Nah kira-kira bagaimana cara menghitung luasnya! Untuk menghitung luasnya, caranya sama dengan menghitung luas persegi panjang yaitu dengan menghitung banyak kotak satuan dalam persegi tersebut.







Setelah dihitung ternyata jumlah kotak semuanya ada 9 kotak, berarti luas persegi pada gambar di atas adalah 9 kotak satuan. Kalian juga dapat menghitung luasnya dengan menggunakan rumus yang sama dengan menghitung luas persegi panjang yaitu Panjang x Lebar, karena panjang dan lebar pada persegi sama ukurannya maka rumus luas persegi dapat dituliskan sebagai berikut.
Jadi luas bangun datar persegi di atas adalah 9 kotak satuan. Mudah bukan anak-anak. 

Nah untuk mengukur pemahaman kalian tentang luas bangun datar persegi dan persegi panjang. Silahkan kalian kerjakan soal isian berikut yang berjumlah 10 buah, dimana masing-masing soal bernilai 10. Jadi jika kalian benar semuanya maka kalian memperoleh nilai 100. Selamat mengerjakan anak-anak.

Setelah menjawab, kalian bisa melihat hasilnya pada tabel di bawah ini! Semoga hasilnya memuaskan ya anak-anak! 
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LATIHAN SOLDAR MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel