LATIHAN SOLDAR MENGENAL DENAH DAN ARAH MATA ANGIN

Materi dan soal tema 8 kelas 3 tentang denah dan arah mata angin


Semangat Pagi,, 
Pada hari ini kita masih belajar tema 8 yaitu Praja Muda Karana. Topik yang akan kita pelajari pada hari ini yaitu mengenal denah dan arah mata angin. Pernahkah kalian mendengar kata denah dan arah mata angin? Dimana biasanya kalian melihat denah dan gambar arah mata angin? Nah untuk menjawab semuanya, yuk kita simak gambar di bawah ini!

Coba kalian perhatikan gambar denah di bawah ini!


Gambar di atas adalah salah satu contoh denah suatu tempat yang dilengkapi dengan dengan arah mata angin. Jika diibaratkan, denah dan arah mata angin adalah 2 sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Kalau kita belajar tentang denah pasti akan menyinggung arah mata angin juga. 

Biasanya denah itu banyak kita jumpai saat ada acara pernikahan. Saat kalian diundang oleh seseorang dalam upacara pernikahan pasti kita akan dikirimkan denah beserta ada arah mata anginnya juga. Apa tujuannya kita diberikan denah? Tentu dengan adanya denah kita akan mengetahui posisi atau tempat dari rumah tersebut, sehingga kita tidak akan kebingungan untuk mencari rumah tersebut. Kemudian apa fungsi arah mata angin pada denah tersebut? Arah mata angin berfungsi sebagai panduan yang digunakan untuk menunjukkan arah. Jadi dengan bantuan arah mata angin tentu kita akan dipermudah mencari posisi rumah yang kita tuju itu berada di sebelah mana.

Dari gambar denah di atas, kira-kira mana gambar arah mata anginnya? Ya betul, pada gambar di atas gambar arah mata angin pada denah itu berada di sebelah kanan. Nah jika kita perbesar gambarnya akan menjadi seperti di bawah ini!



Kira-kira kalian sudah paham tentang simbol-simbol huruf yang di tuliskan di atas? Jika belum kita akan belajar sama-sama hari ini. U artinya Utara, TL artinya Timur Laut, T artinya Timur, TG artinya Tenggara, S artinya Selatan, BD artinya Barat Daya, B artinya Barat. BL artinya Barat Laut.

Coba perhatikan kembali arah mata angin di atas. Jika kita akan membuat arah mata angin, maka posisi U (Utara), T (Timur), S (Selatan), dan B (Barat) tidak boleh salah. Arah mata angin U (Utara) selalu menunjukkan arah atas, S (Selatan) menunjukkan arah bawah, T (Timur) menunjukkan arah kanan, dan arah B (Barat) menunjukkan arah kiri). 

Pada arah mata angin selain ada Timur, Selatan, Barat, dan Utara, kita mengenal arah mata angin lainnya seperti pada gambar di atas yaitu TL (Timur Laut), TG (Tenggara), BD (Barat Daya), dan BL (Barat Laut). TL (Timur Laut) itu letaknya diantara arah mata angin Utara dan Timur, TG (Tenggara) itu letaknya diantara Timur dan Selatan, BD (Barat Daya) itu letaknya diantara Selatan dan Barat, dan BL (Barat Laut) letaknya diantara Barat dan Utara. Mudah bukan anak-anak?

Jadi sangat perlu kita bisa membaca denah yang dibantu dengan arah mata angin. Jika kalian sudah bisa membaca denah tentu kalian akan mudah mencari lokasi suatu tempat. Nah coba perhatikan lagi denah di atas! Kira-kira SD Nusantara berada di sebelah mana Pos Ronda? Petunjuk jawabannya ada pada arah mata angin. Ayoo, siapa yang bisa menjawabnya? Ya betul, SD Nusantara berada di sebelah barat pos ronda. Mudah bukan anak-anak. Coba perhatikan lagi denah di atas, lokasi lapangan berada di sebelah mana Taman Kenanga? Untuk dapat menjawabnya perhatikan kembali arah mata angin pada denah tersebut! Ya benar, lokasi lapangan berada di sebelah Timur Taman Kenanga. Mudah bukan anak-anak.

Nah jika kalian sudah paham, silahkan kalian mengerjakan soal jawaban singkat di bawah ini. Ada 10 buah soal yang harus kalian jawab, setiap soal bernilai 10. Jadi jika kalian benar semuanya, maka kalian akan memperoleh nilai 100. Selamat mengerjakan anak-anak!

 
Setelah kalian menjawab soal di atas, untuk melihat nilai yang kalian peroleh silahkan lihat pada tabel di bawah ini!

Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LATIHAN SOLDAR MENGENAL DENAH DAN ARAH MATA ANGIN"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel