LATIHAN SOLDAR KELAS 3 TEMA 8: PRAJA MUDA KARANA


Semangat Pagi,, 
Pada hari ini saya akan membahas tema terakhir di Kelas rendah (Kelas III) yaitu Tema 8: Praja Muda Karana. Pernahkah kalian mendengar Praja Muda Karana? Ya benar, Praja Muda Karana merupakan akronim dari Pramuka. Tentu kalian sudah pernah melaksanakan Pramuka di lingkungan sekolah kalian seperti baris-berbaris, membangun tenda, ataupun rigem (riang gembira). 

Pada Tema 8 ini akan dibahas mendetail lagi mengenai pramuka yang diintegrasikan dengan mata pelajaran lainnya di kelas 3. Tema 8 dibagi menjadi 4 Sub Tema yaitu Sub Tema 1: Aku Anggota Pramuka, Sub Tema 2: Aku Anak Mandiri, Sub Tema : Aku Suka Berpetualang, dan Sub Tema 3: Aku Suka Bepetualang. Sub Tema 4: Aku Suka Berkarya. Mari kita bahas masing-masing Sub Temanya.

Sub Tema 1: Aku Anggota Pramuka
Pernahkah kalian hormat kepada bendera merah putih? Tentu pernah bukan? saat hormat bagaimana posisi tangann kita? Nah coba perhatikan gambar berikut ini!
 









Saat kita melakukan penghormatan, maka posisi siku kita akan membentuk sudur seperti gambar di atas, nah materi itulah yang akan kita pelajari pada sub tema 1.  

Jenis-jenis sudut ada 4 yaitu sudut sudut siku-siku, sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut lurus. Sudut siku-siku adalah sudut yang besarnya 90 derajat.  Sudut lancip adalah sudut yang besarnya kurang dari 90 derajat, sedangkan sudut tumpul adalah sudut yang besarnya lebih dari 90 derajat. Sudut lurus adalah sudut yang besarnya 180 derajat. Nah agar kalian lebih paham, silahkan lihat gambar masing-masing sudut dapat dilihat seperti gambar di bawah ini!

 





Semboyan negara kita adalah Bhineka Tungga Ika. Terdiri dari 3 kata yaitu Bhineka yang artinya beraneka ragam, tunggal yang artinya satu, dan ika artinya juga. Jadi Bhineka Tunggal Ika artinya Berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya. Bangsa Indonesia memiliki banyak bahasa daerah. Bangsa Indonesia juga terdiri atas berbagai agama dan kepercayaan. Keberagaman yang dimiliki Indonesia adalah kekayaan kebudayaan. Keberagaman harus disyukuri dan dipelihara.

Sub Tema 2: Aku Anak Mandiri
Lambang gerakan pramuka adalah tunas kelapa. Tunas kelapa dijadikan lambang pramuka akarena dari ujung akar sampai ujung atas pohon kelapa memiliki manfaat yang bagi kehidupan manusia. Setiap keputusan yang diambil dalam kegiatan pramuka selalui diputuskan dengan musyawarah. Hal ini sesuai dengan salah satu janji pramuka yaitu patuh dan suka bermusyawarah. Bermusyawarah artinya berdiskusi untuk membicarakan masalah. Bermusyawarah juga untuk menyelesaikan masalah. Bermusyawarah merupakan salah satu pengamalan Pancasila sila ke-4 yang berbunyi  kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Simbol sila keempat Pancasila berupa kepala banteng.

Selain suka bermusyawarah, anggota pramuka harus memiliki sikap mandiri. Salah satunya yaitu mandiri saat melaksanakan persembahyangan (ibadah).  Taat dalam beribadah sesuai dengan janji pramuka. Salah satu janji pramuka yaitu takwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Taat beribadah juga merupakan salah satu pengamalan Pancasila sila ke-1 yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa dengan lambang bintang. Contoh lain pengamalan sila ke-1 yaitu berdoa sebelum makan dan menyayangi makhluk ciptaan tuhan seperti kita merawat tanaman ataupun menyayangi hewan peliharaan kita. 

Dalam pramuka kita juga diajarkan untuk saling bekerjasama dalam menyelesaikan suatu permasalahan seperti membuat tenda. Kerja sama dalam membuat tenda perlu dilakukan agar pekerjaan yang berat terasa lebih ringan dan pekerjaan pun akan cepat terselesaikan. Hal ini merupakan pengamalan Pancasila sila ke-3 yang berbunyi Persatuan Indonesia yang dilambangkan dengan pohon beringin. 

Pembagian tugas dalam mendirikan tenda juga harus dibagi secara adil, ada yang membuat simpul dari tali pramuka, ada yang menyiapkan terpal, ada yang membuat parit, dan ada yang memegang tongkat pramuka. Semua anggota harus bekerja dan mendapatkan tugas yang sama dan adil. Hal ini sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ke-5 yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang dilambangkan dengan padi dan kapas.

Sub Tema 3: Aku Suka Berpetualang
Pramuka selalu identik dengan kegiatan berpetualang, baik berpetualang menyusuri alam ataupun menyusuri perkotaan. Nah tentu dalam kegiatan berpetualang tersebut kita harus mentaati rambu-rambu lalu lintas yang kita lewati agar kita selamat sampai tujuan. Nah coba perhatikan beberapa rambu-rambu lalu lintas yang harus kalia ketahui.




















































Itulah beberapa rambu lalu lintas yang harus kita ketahui dan patuhi. Tentunya masih banyak lagi rambu-rambu lainnya. 

Sub Tema 4: Aku Suka Berkarya
Anggota pramuka harus memiliki keterampilan baik dalam menggambar ataupun membuat kerajinan tangan. Salah satu keterampilan menggambar yang dapat dilakukan yaitu membuat denah. 

Coba kalian perhatikan gambar denah di bawah ini!

Gambar di atas adalah salah satu contoh denah suatu tempat yang dilengkapi dengan dengan arah mata angin. Jika diibaratkan, denah dan arah mata angin adalah 2 sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Kalau kita belajar tentang denah pasti akan menyinggung arah mata angin juga. 

Pada arah mata angin selain ada Timur, Selatan, Barat, dan Utara, kita mengenal arah mata angin lainnya seperti pada gambar di atas yaitu TL (Timur Laut), TG (Tenggara), BD (Barat Daya), dan BL (Barat Laut). TL (Timur Laut) itu letaknya diantara arah mata angin Utara dan Timur, TG (Tenggara) itu letaknya diantara Timur dan Selatan, BD (Barat Daya) itu letaknya diantara Selatan dan Barat, dan BL (Barat Laut) letaknya diantara Barat dan Utara. Mudah bukan anak-anak?

Nah untuk menguji kemampuan peserta didik tentang ringkasan materi yang sudah dibuat di atas. Peserta didik dapat mengerjakan soal berikut yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 soal jawaban singkat.




Untuk melihat hasil pekerjaan kalian, silahkan dapat dilihat pada tabel di bawah ini!
 
Demikianlah paparan ringkasan materi Tema 8: Praja Muda Karana, semoga ringkasan dan soal di atas dapat memantapkan diri peserta didik dalam menghadapi PAT yang sudah di depan mata.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LATIHAN SOLDAR KELAS 3 TEMA 8: PRAJA MUDA KARANA"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel