PEMBAHASAN LAJARING SD MELALUI TVRI 16 APRIL 2020

Pembelajaran sifat-sifat bangun datar oleh pak ridwan

Semangat Pagi sahabat sang pendidik,, 
Sudahkah kalian menonton acara TVRI pada hari ini? Tentunya kalian sudah menonton semuanya. Seperti biasa pada pukul 08.30 TVRI menayangkan acara edukasi bagi anak SD Kelas I, II, dan III. Jika kemarin Sahabat Pelangin yaitu Wayan, Chandra, Nisa, dan Martha menceritakan mengenai Pahlwan. Pada ini Pak Ridwan akan mengajak kita untuk belajar sifat bangun datar. 

Sudahkah kalian mengetahui apa itu bangun datar? Bangun datar adalah sebuah bangun yang dibentuk oleh beberapa buah titik lalu dihubungkan oleh garis lurus. Contoh bangun datar ada banyak, misalnya segitiga, persegi, persegi panjang, trapesium, belah ketupat, layang-layang, lingkaran, dan masih banyak lainnya. Nah pada hari ini Pak Ridwan akan mengajak kalian untuk membahas 4 buah bangun datar yaitu segitiga, persegi, persegi panjang, serta lingkaran. 

Bagi anak-anak ataupun bapak/ibu guru yang belum sempat menonton di TVRI, admin akan tayangkan cuplikannya sebagai berikut. Dimana akan ada 3 sesi yaitu Sesi 1 membahas tentang bangun datar segitiga, sesi 2 membahas tentang bangun datar persegi dan persegi panjang, dan sesi terakhir sesi 3 membahas tentang bangun datar lingkaran. Yukk simak baik-baik videonya.

Sesi 1 (Bangun Datar Segitiga)

Sesi 2 (Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang)

Sesi 3 (Bangun Datar Lingkaran)


Nah sudah pahamkan kalian mengenai bangun datar segitiga, persegi, persegi panjang dan lingkaran? Jika sudah mari kita simak pertanyaan pada masing-masing segmen.

Segmen 1 (Bangun datar Segitiga)
Pertanyaan: Hitunglah jumlah segitiga pada gambar berikut!


Pembahasan: Jika dihitung maka jumlah segitiga yang terdapat pada gambar di atas adalah 5 buah. Kenapa bisa 5? Yuk kita sama-sama hitung.
Jika dipecah maka segitiga tersebut akan menjadi 4 buah segitiga kecil dan jika disatukan akan terbentuk 1 buah segitiga yang besar. Jadi jika dijumlahkan 1 + 4 = 5 buah segitiga.


Segmen 2 (Persegi dan Persegi Panjang) 
Pertanyaan: Jelaskan perbedaan persegi dengan persegi panjang lalu tunjukkan dengan gambar!
 Pembahasan: Coba perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar di atas adalah contoh gambar bagun datar persegi dan persegi panjang. Bisakah kalian membedakannya? Adapun perbedaanya yaitu sebagai berikut.
1) Jika persegi keempat sisinya sama panjang sedangkan persegi panjang keempat sisinya tidak sama panjang atau bisa dikatakan sepasang sisinya yang berhadapan sama panjang.
2) Persegi memiliki 4 simetri lipat sedangkan persegi panjang memiliki 2 simetri lipat.

Segmen 3 (Lingkaran) 
Pertanyaan: Tuliskan 5 benda berbentuk lingkaran yang ada di sekitarmu!
Pembahasan: Ada banyak benda-benda di lingkungan kalian yang berbentuk lingkaran yuk, simak gambar di bawah ini.
Dari gambar di atas, kalian bisa menyebutkan apa saja benda yang berbentuk lingkaran seperti jam dinding, uang koin, roda, kaset CD, cincin,dan kancing baju. Itulah beberapa contoh benda yang berbentuk lingkaran kalian bisa menyebutkan benda-benda lainnya lagi.

Itulah materi hari ini yang dibawakan langsung oleh Pak Ridwan. Semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terutama untuk bapak/ibu guru yang mengajar di kelas rendah dan begitu pula untuk siswa kelas I, II, dan Kelas III. Sekian dan terimakasih.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PEMBAHASAN LAJARING SD MELALUI TVRI 16 APRIL 2020"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel