MENGENAL PERBEDAAN BATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG

Mengenal perbedaan bangun datar persegi dan persegi panjang

Selamat sore anak-anak,,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga senantiasa selalu diberikan kesehatan. Pada hari ini bapak ingin mengajak kalian mengenal lebih dekat lagi apa itu bangun datar. Sebelumnya kalian sudah diperkenalkan bangun datar lingkaran, persegi, persegi panjang, dan segitiga oleh Pak Ridwan di TVRI. Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh Pak Ridwan yaitu perbedaan persegi dan persegi panjang. Sudah pahamkah kalian perbedaan kedua bangun datar tersebut? Jika belum, yukk simak penjelasan berikut.


Gambar di sebelah adalah gambar bangun datar Persegi. Berapakah persegi memiliki sisi? Yuk, mari kita hitung sama-sama, jika dihitung persegi memiliki 4 buah sisi yaitu sisi samping kiri, sisi samping kanan, sisi atas, dan sisi bawah. Jadi jika disimpulkan persegi adalah sebuah bangun datar yang keempat sisinya sama panjang. Nah sekarang coba kalian perhatikan gambar di bawah ini.











Keempat benda di atas dadu, ubin, papan catur, dan jam dinding merupakan beberapa contoh benda yang berbentuk bangun datar persegi.


Coba perhatikan gambar di samping, apa nama bangun datar di samping? kira-kira berapa jumlah sisi bangun di samping? Bangun di samping adalah bangun datar Persegi panjang. Jumlah sisinya sama dengan bangun datar persegi yaitu 4 buah. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, nama sisi-sisinya yaitu sisi samping kiri, sisi samping kanan, sisi bawah dan sisi atas. Sepintas bangun datar persegi panjang sama dengan bangun datar persegi. Lalu apa bedanya? Walaupun, sama-sama memiliki 4 buah sisi, persegi dan persegi panjang adalah 2 buah bangun datar yang berbeda. 

Jika persegi keempat sisinya sama panjang yaitu sisi samping kiri, sisi samping kanan, sisi bawah dan sisi atas semuanya sama panjangnya. Jadi jika diketahui sisi samping kiri persegi panjangnya 6 cm, maka sisi yang lainnya juga panjangnya sama yaitu 6 cm. Sudah paham anak-anak? Nah kalau persegi panjang hanya sisi yang berhadapan saja yang sama panjang. Coba kalian perhatikan kembali gambar persegi panjang di atas, yang dimaksud sisi berhadapan yaitu sisi samping kiri dan sisi samping kanan serta sisi bawah dan sisi atas. Jadi jika panjang sisi kanan persegi panjang 4 cm, maka panjang sisi kiri persegi panjang juga 4 cm dan jika panjang sisi bawah persegi panjang 7 cm, maka panjang sisi atas persegi panjang juga sama yaitu 7 cm. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa persegi panjang adalah sebuah bangun datar yang memiliki 2 pasang sisi yang sejajar. 

Nah coba kalian perhatikan gambar benda-benda di bawah ini dengan seksama.










Benda di atas seperti bendera, kaca jendela, televisi dan papan tulis merupakan beberapa contoh bangun datar persegi panjang. 

Nah sekarang kalian pahamkan, apa itu persegi dan persegi panjang serta perbedaan keduanya? Mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENGENAL PERBEDAAN BATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel