UNDUH APLIKASI PENGOLAHAN NILAI IJAZAH JENJANG SD TERBARU


Semangat Pagi,,
Ijazah adalah sertifikat pengakuan atas prestasi belajar dan kelulusan dari suatu jenjang pendidikan formal atau pendidikan nonformal. Sesuai dengan namanya, ijazah ini akan diberikan kepada peserta didik yang dinyatakan Lulus atau berhasil menyelesaikan belajarnya dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Ijazah ini diterbitkan paling cepat 1 hari setelah tanggal penetapan kelulusan peserta didik dan paling lambat tanggal 31 Juli 2024. 

Ada hal yang sedikit berbeda dengan Blangko Ijazah pada tahun ajaran 2023/2024, dimana di dalam blangko tersebut tertuang Nomor SK Kelulusan per tanggal 10 Juni 2024. Artinya di sini sekolah diwajibkan untuk merapatkan kelulusan tersebut minimal dalam rapat dewan guru yang dimana hasilnya dituangkan dalam sebuah SK Kelulusan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar blangko ijazah tahun ajaran 2023/2024 di bawah ini.
Jadi sudah jelas, bahwa ada sedikit perbedaan blangko ijazah sebelumnya dengan yang tahun sekarang. Salah satunya yaitu munculnya Nomor SK Kelulusan pada ijazah tahun ini. 

Untuk mempermudah penulisan ijazah berikut kami bagikan aplikasi pengolahan nilai ijazah jenjang SD yang sesuai dengan blangko ijazah. Aplikasi ini dilengkapi juga dengan contoh SK Kelulusan dan Surat Keterangan Lulus. Sebelum bapak/ibu pendidik menggunakan aplikasi ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut.
  1. Setelah bapak/ibu unduh Aplikasi ini, pastikan setingan komputer/laptop bapak/ibu tidak memblock aplikasi ini. Caranya yaitu. Klik kanan pada file aplikasi tersebut pilih properties. Setelah itu pada security centang unblock dan klik OK, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini

  2. Setelah bapak/ibu berhasil membuka aplikasi pengolahan nilai ijazah ini, nanti akan terlihat Security Warning Macros have been disabled. Silahkan bapak/ibu klik Enable Content, seperti yang terlihat pada gambar berikut.

  3. Untuk mulai mengisi identitas sekolah, siswa dan input nilai, silhkan pilih menu Pengolhan Nilai, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini

Dalam aplikasi ini terdapat beberapa menu-menu yang wajib bapak/ibu ketahui terlebih dahulu. Adapun menu tersebut yaitu sebagai berikut.
  1. Menu Identitas, di dalam menu ini terdapat identitas sekolah dan kriteria kelulusan. Di dalam identitas sekolah terdapat beberapa hal yang harus diisi seperti Nama Sekolah, NPSN, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, Nama Kepala Sekolah, NIP, Tgl TTD (Gunakan tanggal 11 Juni sehari setelah tanggal kelulusan), Tahun Pelajaran, Tgl. Kelulusan (tanggal 10 Juni 2024), No SK Kelulusan (sesuaikan dengan nomor surat keluar sekolah), dan Tanggal SK (10 Juni 2024). Pada Menu identitas ini, bapak/ibu silahkan bisa memilih persentase penilaian, dimana dalam aplikasi ini ada 2 pilihan yaitu 70% nilai rapor dan 30% nilai US atau 60% nilai rapor dan 40% nilai US. Sementara untuk kriteria penilaian, silahkan lihat pada SKL. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
  2. Menu Data Siswa, di dalam menu ini terdapat NIS, NISN, No. Peserta Ujian, Nama Lengkap (Gunakan huruf besar semua), Tempat Lahir, Tanggal Lahir (Gunakan kombinasi huruf dan angka, misal 2 Januari 2010), dan Nama Orang Tua/Wali. Lebih jelasnya dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.

  3. Jika bapak/ibu ingin menginput foto siswa, aplikasi ini juga menyediakan menu Foto Siswa. Foto siswa yang diunggah yaitu berikuran 3x4 seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

  4. Menu Nilai Siswa dari Semester 7 (Kelas IV Semester 1) sampai Semester 12 (Kelas VI Semester 2) serta Nilai US. Pada menu ini, silahkan bapak/ibu menginput rekapan nilai dari Kelas IV Semester 1 sampai dengan nilai Kelas VI Semester 2 serta nilai US tulis dan praktik. 

  5. Menu Laporan, dimana di dalam menu ini terdapat Rekap Nilai, Nilai Ijazah, Form Ijazah. Untuk melihat blangko ijazah yang sudah terisi lengkap dapat memilih menu Laporan dan pilih Form Ijazah. Setelah dianggap benar silahkan mencetaknya dan blangko tersebut dapat digunakan sebagai dasar penulisan ijazah untuk meminimalisir tingkat kesalahan. Pada Menu ini juga sudah dilengkapi dengan contoh Surat Keterangan Lulus dan SK Kelulusan.
Lebih jelasnya bapak/ibu guru bisa mengunduh Aplikasi Pengolahan Nilai Ijazah Jenjang SD DISINI.

Selain SK Kelulusan yang sudah ada pada aplikasi tersebut, bapak/ibu juga bisa mengunduh contoh SK Kelulusan yang telah saya buat. Silahkan unduh DISINI.

Semoga informasi ini dapat membantu bapak/ibu guru khususnya yang mengajar di kelas VI sebagai refrensi di dalam penulisan blangko ijazah. Jika dirasa bermanfaat, silahkan bisa dibagikan kepada rekan-rekan guru yang membutuhkannya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "UNDUH APLIKASI PENGOLAHAN NILAI IJAZAH JENJANG SD TERBARU"

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah