DOKUMEN MODUL AJAR AKTIVITAS INTERAKTIF DI PMM


Semangat pagi,,
Aktivitas interaktif adalah salah satu dari 8 indikator Observasi Pembelajaran untuk Praktik Kinerja di PMM. Pemilihan indikator ini akan sangat berpengaruh terhadap perangkat pembelajaran (Modul Ajar) yang nantinya dibuat. Di dalam rubrik aktivitas interaktif ini terdapat 3 fokus perilaku yang akan diobservasi oleh kepala sekolah. Bapak/ibu silahkan bisa memilih 1 atau 2 atau bahkan 3 fokus perilaku yang ingin ditampilkan saat observasi praktik kinerja nanti.

Di dalam rubrik aktivitas interaktif ini ada perilaku yang dianjurkan dan perilaku yang dihindari. Perilaku yang dianjurkan ini maksudnya, perilaku inilah yang harus bapak/ibu laksanakan dan munculkan ketika melaksanakan observasi praktik kinerja. Sementara perilaku yang dihindari artinya, perilaku tersebut tidak boleh muncul ketika tahap observasi praktik kinerja berlangsung di masing-masing kelas.  Silahkan dalam tahap ini bapak/ibu guru berdiskusi kembali dengan kepala sekolah untuk menelaah satu persatu perilaku tersebut sampai bapak/ibu memahaminya. Setelah paham, silahkan pilih target perilaku mana yang akan ditampilkan nanti. Berikut pernyataan perilaku yang dianjurkan dan perilaku yang dihindari dalam indikator aktivitas interaktif.


Setelah bapak/ibu memahami target perilaku terebut, silahkan dipilih target perilaku mana yang akan dimunculkan saat observasi praktik kinerja. Pada contoh kali ini, saya akan memilih target perilaku 1 (guru memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang memberi peran pada semua peserta didik) dan 3 (guru memfasilitasi terjadinya diskusi kelompok yang interaktif, kritis, dan inklusif.) Kedua target perilaku inilah yang haru ada di dalam modul ajar yang dibuat.

Berikut saya bagikan contoh dokumen Modul Ajar beserta asesmennya yang mengambil indikator Aktivitas Interaktif di PMM.





 
Semoga contoh Modul Ajar di atas dapat membantu bapak/ibu semuanya di dalam membuat perangkat pembelajaran yang akan diunggah di persiapan observasi.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "DOKUMEN MODUL AJAR AKTIVITAS INTERAKTIF DI PMM"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah