SEMUA GURU BISA MENGIKUTI PPG DI TAHUN 2022


Salam Bahagia,,
Memperoleh Sertifikat Pendidik (Serdik) adalah dambaan bagi semua insan pendidik. Sertifikat pendidik adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru sebagai tenaga profesional. Dengan memiliki sertifikat pendidik maka kesejahteraan guru mulai meningkat. Selain itu dengan memiliki sertifikat pendidik, maka guru yang statusnya masih honorer dapat memperoleh afirmasi maksimal 100% saat mengikuti PPPK. Tidak hanya itu saja, sertifikat pendidik menjadi salah satu syarat bagi guru untuk nantinya ditugaskan (diberi tugas tambahan) sebagai kepala sekolah. Begitu pentingnya sertifikat pendidik, jadi tidak salah jika semua pendidik bersusah payah untuk mendapatkannya. Untuk memperoleh sertifikat pendidik tentu semua guru harus melalui tahapan Pendidikan Profesi yang sekarang bernama PPG (Pendidikan Profesi Guru). 

PPG resmi diluncurkan pada tahun 2018 guna menggantikan konsep lama dari pendidikan profesi yaitu Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang telah diadakan sejak tahun 2007. Adapun perbedaan mendasar yaitu waktu pelaksanaannya, pelaksanaan PPG cukup panjang dibandingkan dengan PLPG yang hanya 11 hari saja. Selain itu, PLPG juga hanya bisa diikuti oleh mereka yang sudah memiliki status guru dengan beberapa syarat lainnya. Namun, PPG dibagi menjadi 2 yaitu pertama PPG prajabatan  atau belum jadi guru dan PPG dalam jabatan atau sudah menjadi guru. 

Mulai tahun ini akan dilaksanakan PPG model baru. Bagaimana regulasi PPG tahun 2022? Siapa saja yang bisa mengikuti PPG? Berapa lama kegiatan pendidikan profesi tersebut? Dan berapa jumlah kuota dalam pelaksanaan PPG di tahun 2022? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut yuk kita simak baik-baik penjelasannya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Rapat Kerja Forkom Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia pada tanggal 29 Januari 2022 diperoleh data bahwa semua guru dapat mengikuti PPG di tahun 2022. Namun hanya saja lamanya PPG berbeda-beda. Bagi guru yang TMT s.d Desember 2015 akan mengikuti PPG Daljab (Dalam Jabatan) yang rencana pelaksanaannya sekitar 3 bulan. Sementara bagi guru yang TMT mulai dari 2016 s.d 2019 akan mengikuti PPG Daljab (Dalam Jabatan) yang rencana pelaksanaannya sekitar 1 semester. Sedangkan bagi Prajab Model Baru rencana pelaksanaannya sekitar 2 semester. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.


Dari ketiga jenis PPG di atas, Jenis PPG Daljab (TMT s.d Desember 2015) yang memiliki jumlah calon peserta PPG terbanyak yaitu 1.138.373. Adapun rincian calon peserta PPG tersebut berasal dari dari PLPG, Lulusan Guru Penggerak (GP), ASN P3K, Sisa 2021, Derah khusus, dan lainnya. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Ada beberapa tahapan penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan tahun 2022 yaitu mulai dari pendaftaran dan seleksi administrasi sampai UKMPPG UKIN (4 hari) UP (2 hari). Lebih jelasnya tahapan Penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan tahun 2022 dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Untuk pelaksanaan PPG pada tahun 2022, dibagai menjadi 3 kategori yaitu sebagai berikut. 
1. PPG Dalam Jabatan (Daljab) TMT di bawah atau sampai dengan Desember 2015
PPG ini rencananya akan dibagi menjadi 2 angkatan yaitu Angkatan 1 dan Angkatan 2, dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan dengan kuota masing-masing angkatan sebanyak 20.000 peserta. PPG ini rencananya akan dimulai pada Bulan Maret 2022. 

2. PPG Dalam Jabatan (Daljab) TMT 2016 - 2019
PPG direncanakan akan berlangsung selama 1 semester (6 bulan) dengan kuota 36.000 peserta. Rencananya akan dilaksanakan bulan April.

3. PPG Pra Jabatan Model Baru TMT 2020-2022
PPG ini rencananya akan berlangsung selama 2 semester (1 tahun) dengan kuota 40.000 peserta. Rencananya akan dilaksanakan mulai Bulan Agustus 2022. 

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini


Lebih lengkapnya mengenai hasil Rapat Kerja Forkom Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia pada tanggal 29 Januari 2022 dapat bapak/ibu unduh di bawah ini

Demikianlah informasi mengenai PPG tahun 2022 yang dapat saya informasikan. Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu yang akan mengikuti PPG di tahun 2022. Jika dirasa bermanfaat, silahkan dapat dibagikan informasi ini kepada rekan-rekan guru lainnya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SEMUA GURU BISA MENGIKUTI PPG DI TAHUN 2022"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah