MATERI DAN SOAL KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3

Semangat Pagi,,
Bagaimana kabar kalian hari ini anak-anak? Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Ingat di masa pandemi ini anak-anak harus selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Kalian harus selalu menerapkan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas).
 
Pada hari ini kita akan belajar Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3. Tahukan kalian apa lambang negara Indonesia? Ya benar, lambang negara kita adalah Garuda Pancasila. Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asas. Kelima asas ini kemudian dilambangkan dalam seekor burung garuda yang dilengkapi lima buah ruang berisi simbol di mana masing-masing simbol tersebut mewakili tiap nilai Pancasila. Agar lebih jelasnya perhatikan gambar Garuda Pancasila berikut.
 
Pada gambar di atas, terlihat bahwa di dalam prisai burung garuda terdapat lima nilai yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Sila ke-1 dengan lambang bintang
  2. Sila ke-2 dengan lambang rantai
  3. Sila ke-3 dengan lambang pohon beringin
  4. Sila ke-4 dengan lambang kepala banteng
  5. Sila ke-5 dengan lambang padi dan kapas
Kelima nilai-nilai Pancasila yang telah disebutkan di atas, perlu sekali kita kembangkan dalam kehidupan sosial budaya. Hal ini dimaksudkan agar tercipta suasana yang tenang, sejahtera, damai, dan aman. Tanpa nilai-nilai tersebut, kita tidak akan dapat mencapai semua itu. 
 
1. Nilai Ketuhan Yang Maha Esa 
Gambar 01. Contoh pengamalan sila ke-1 (Berdoa)
 
Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianutnya. Nilai yang terkandung dalam sila ini juga mengharuskan kita untuk saling menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama yang berbeda-beda. Kita tidak boleh memaksakan suatu agama dan keperyaaan kepada orang lain, kita harus saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah.
 
2. Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Gambar 02. Contoh pengamalan sila ke-2 (Saling mencintai sesama)
 
Setiap warga negara hendaklah mengakui persamaan derajat, persamaan kewajiban antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia, dan persamaan hak. Dengan menjunjung tinggi persamaan derajat, hak, dan kewajiban, maka seluruh bangsa Indonesia bersamasama akan mampu menegakkan dan juga memelihara kebersamaan. Penerapan nilai ini dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengembangkan rasa saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, serta berani menegakkan kebenaran dan keadilan.
 
3. Nilai Persatuan Indonesia
Gambar 03. Contoh pengamalan sila ke-3 (Gotong royong)
 
Makna dan nilai yang terkandung dalam sila ini adalah menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia. Dengan menerapkan sikap cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa dan negara, serta memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Contoh sila ke-3 seperti yang terlihat pada gambar di atas yaitu saling bekerja sama seperti bergotong royong dalam membangun rumah. Dengan bergotong royong maka setiap pekerjaan yang dilakukan akan terasa lebih ringan dan tentunya pekerjaan tersebut akan cepat selesainya.
 
4. Nilai Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama. Kedudukan yang sama tersebut hendaknya digunakan secara sadar dengan mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Selain itu, warga negara Indonesia harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu persoalan bersama. Penerapan dalam sikap sehari-hari adalah dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan, tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, serta mengutamakan budaya musyawarah dalam menyelesaikan masalah dengan diliputi oleh semangat kekeluargaan.
  Gambar 04. Contoh pengamalan sila ke-4 (Musyawarah)
 
5. Nilai Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia
Kita harus menghindarkan diri dari sifat pemborosan, selalu bergaya hidup mewah, dan perbuatan-perbuatan yang merugikan kepentingan umum. Bekerja keras dan menghargai hasil kerja keras orang lain sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sikap kebersamaan. Di samping itu, harus dikembangkan pula sikap adil terhadap sesama, menghormati hak orang lain, serta menolong dan menghargai orang lain.
Gambar 05. Sikap Hemat (Menabung)
 
Bagaimana anak-anak sudah paham mengenai pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari? Nah jika kalian sudah paham, silahkan kalian kerjakan soal di bawah ini. Soal ini berjumlah 10 buah, masing-masing soal bernilai 10. Jadi jika kalian benar semua, maka kalian akan memperoleh nilai 100. Berikut soal yang harus anak-anak kerjakan.

 

Setelah menjawab soal di atas, anak-anak dapat melihat nilai yang diperoleh pada file rekapan di bawah ini.

Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MATERI DAN SOAL KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah