KKM PJOK KURIKULUM 2013 KELAS IV SD

 

Semangat Pagi,,
KKM PJOK KURIKULUM 2013 KELAS IV SD-Seperti yang telah saya jelasnya sebelumnya sebelum tahun ajaran dimulai setiap satuan pendidikan masing-masing harus memiliki KKM. Kenapa demikian? Karena KKM dipakai sebagai patokan atau nilai minimal yang harus dicapai oleh peserta didik jika ingin dianggap tuntas dan naik kelas ke jenjang berikutnya. Oleh sebab itu, penting untuk di masing-masing satuan pendidikan merumuskan atau menetapkan KKM terlebih dahulu sebelum proses pembelajaran dimulai.

Merumuskan atau menetapkan KKM pun tidak sembarangan. Kita harus mengetahui bagaimana alur dari proses pengolahan nilai sampai diperoleh nilai yang digunakan sebagai KKM. Seperti yang dijelaskan sebelumnya KKM diperoleh melalui 3 aspek yaitu karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung). Semakin berkualitas ke-3 aspek tersebut, maka semakin tinggi pula KKM di satuan pendidikan tersebut.

Masing-masing KD di setiap mata pelajaran akan ditelaah Kompetensi Dasarnya berdasarkan ke-3 aspek tersebut. Hasil telaah semua KD pada mata pelajaran tersebut dirata-ratakan, hasil rata-rata inilah yang nantinya sebagai KKM mata pelajaran tersebut. Begitu juga dengan mata pelajaran lainnya, sehingga diperoleh KKM masing-masing pelajaran. 

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan Aplikasi KKM K13 PJOK Kelas IV SD. Aplikasi ini akan sangat mempermudah bapak/ibu dalam merumuskan KKM. Aplikasi ini dibuat dalam bentuk microsoft excel. Di dalam Aplikasi ini ada 3 menu yaitu menu petunjuk, data sekolah, dan KKM. Pada menu petunjuk, dijelaskan kriteria dan skala penilaian penetapan KKM. Untuk mengisi identitas silahkan bisa diinputkan pada menu data sekolah. Untuk lebih jelasnya, silahkan unduh Aplikasi KKM PJOK K13 Kelas IV SD DISINI.

Semoga Aplikasi KKM yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi bapak/ibu semuanya sebagai langkah awal dalam menyambut tahun ajaran baru. Jika dirasa bermanfaat dapat menyebarkan atau membagikannya kepada rekan-rekan guru lainnya. Dengan harapan dapat sedikitnya membantu dalam merumuskan KKM.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KKM PJOK KURIKULUM 2013 KELAS IV SD"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah