KKM PJOK K13 KELAS I, II, III, IV, V, VI SD

 


Semangat Pagi,,
KKM PJOK K13 KELAS I, II, III, IV, V, VI SD-Kriteria Ketuntasan Minimal atau yang disebut KKM adalah kriteria ketuntasan belajar peserta didik yang ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan. KKM harus ditetapkan di awal tahun ajaran dimulai. Dalam menetapkan KKM, setiap satuan pendidikan harus merumuskannya secara bersama-sama melalui musyawarah atau rapat antara kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan. Dengan demikian maka diharapkan dapat menetapkan KKM sesuai dengan kondisi yang ada di sekolah tersebut. 

Ada 3 aspek yang digunakan sebagai dasar dalam merumukan atau menetapkan KKM. Adapun 3 aspek tersebut yaitu sebagai berikut.
  1. Karakteristik Peserta Didik (Intake): memperlihatkan kualitas peserta didik yang dapat diidentifikasi melalui hasil ujian sebelumnya, nilai rapor sebelumnya, ataupun melalui tes awal yang dilakukan oleh sekolah tersebut. Semakin tinggi aspek intake, maka semakin tinggi pula KKM di sekolah tersebut.
  2. Karakteristik Mata Pelajaran (Kompleksitas): tingkat kesulitan dari masing-masing mata pelajaran, yang dapat ditetapkan dengan memperhatikan hasil analisis jumlah KD, kedalaman KD, keluasan KD, dan perlu tidaknya pengetahuan prasyarat. Semakin tinggi kesulitan suatu kompetensi dasar maka nilai KKM yang diberikan semakin rendah.
  3. Kondisi Satuan Pendidikan (Daya Dukung): kondisi yan dimaksud meliputi kompetensi pendidik (misalnya nilai Uji Kompetensi Guru); jumlah peserta didik dalam satu kelas; predikat akreditasi sekolah; dan kelayakan sarana prasarana sekolah. Semakin tinggi daya dukung maka semakin tinggi pula nilai KKM yan diberikan.
Nah ke-3 aspek diataslah yang akan sangat mempengaruhi KKM di satuan pendidikan. Jadi sudah dapat dipastikan KKM di masing-masing satuan pendidikan akan berbeda-beda tergantung dari ke-3 aspek yang sudah dipaparkan di atas. 
 
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan aplikasi KKM yang akan memudahkan bapak/ibu untuk merumuskan KKM. Jadi bapak/ibu cukup menginputkan nilai ke-3 aspek tersebut dalam aplikasi, nantinya sistem yang akan merata-ratakan nilainya sehinga akan diperoleh KKM. Jadi bapak/ibu tidak perlu susah-susah untuk menghitungnya lagi. 

Aplikasi KKM yang akan saya bagikan ini adalah KKM Mata Pelajaran PJOK Kelas I, II, III, IV, V dan VI. Untuk mengunduh Aplikasi KKM SD/MI mata pelajaran PJOK Kelas I, cukup dengan klik gambar di bawah ini, nanti kalian akan diarahkan ke tempat pengunduhan file


Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM PJOK Kelas II SD, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.


Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM PJOK Kelas III SD, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.


Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM PJOK Kelas IV SD, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat pengunduhan file. 


Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM PJOK Kelas V SD, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat pengunduhan file. 

Sementara untuk mengunduh Aplikasi KKM PJOK Kelas VI SD, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti kalian akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.

Semoga Aplikasi KKM PJOK yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi bapak/ibu semuanya sebagai langkah awal dalam menyambut tahun ajaran baru. Jika dirasa bermanfaat dapat menyebarkan atau membagikannya kepada rekan-rekan guru lainnya. Dengan harapan dapat sedikitnya membantu dalam merumuskan KKM.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KKM PJOK K13 KELAS I, II, III, IV, V, VI SD"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah