RAPOR K13 KELAS IV SEMESTER 2

 

Semangat Pagi,,
Rapor dapat diartikan sebagai buku yang berisi nilai kepandaian dan prestasi belajar murid di sekolah. Rapor ini berfungsi sebagai bukti fisik laporan guru kepada orang tua atau wali murid. Rapor pada umumnya adalah pemberian dari seseorang yang telah melewati waktu bersama, baik dalam belajar mengajar, diskusi, atau melalui sebuah penelitian. Seseorang yang telah mengetahui kelebihan dan kelemahan anak didiknya.
 
Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan Rapor K13 Kelas IV Semester 2. Rapor ini dibuat oleh Kang Martho. Rapor ini sangat mudah untuk digunakan. Ada 5 komponen yang terdapat pada Rapor K13 ini seperti Data Pokok, KI1 & KI2, KI3, KI4, dan Raport. Pada komponen Data Pokok terdiri dari identitas, nama siswa, dan mulok (muatan lokal). Pada komponen KI 1 & KI 2 terdiri dari Nilai KI 1  KI 2. Pada komponen KI 3 terdiri dari nilai KI 3. Pada komponen KI 4 terdiri dari nilai KI 4. Sedangkan pada komponen Raport terdiri dari sampul, nilai, mutasi, dan buku induk.

Untuk mempermudah pengoperasian Rapor K13 ini, di sini saya akan coba sedikit menjelaskan cara penggunaanya.
  1. Silahkan isi identitas sekolah terlebih dahulu, dengan klik tombol identitas.
  2. Setelah mengisi identitas sekolah, selanjutnya klik tombol identitas siswa untuk mengisi identitas siswa
  3. Kemudian dilanjutkan pengisian muatan lokal yang disesuaikan dengan satuan pendidikan masing-masing.
  4. Selanjutnya mengisi nilai KI 1 dan K2. Untuk nilai KI 1 ada 4 komponen yang dinilai yaitu taat, syukur, berdoa, dan toleransi. Sementara untuk KI 2 ada 6 komponen yang dinilai yaitu jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri.
  5. Silahkan beri nilai KI 1 dan KI 2 dari 1 sampai 4. 1 Berarti perlu bimbingan, 2 berarti cukup baik, 3 berarti baik, dan 4 berarti sangat baik. 
  6. Untuk KI 3 dan KI 4, silahkan isi sesuai dengan nilai yang diperoleh siswa yaitu KI 3 untuk ranah pengetahuan dan KI 4 untuk ranah keterampilan.
  7. Tahap terakhir yaitu mencetak Rapor. Silahakn klik tombol sampul untuk mencetak sampul rapor siswa dan klik tombol nilai untuk mencetak nilai siswa.
Itulah tadi paparan secara umum cara mengoperasikan Aplikasi Rapor K13 yang akan saya bagikan. Untuk lebih jelasnya bapak/ibu dapat mengunduh Aplikasi Rapor K13 DISINI
 
Semoga informasi Rapor K13 dapat menjadi refrensi atau sedikitnya dapat membantu bapak/ibu dalam menentukan rapor yang akan digunakan pada Semester Genap kali ini. Jika bermanfaat, silahkan dapat dibagikan kepada rekan-rekan guru lainnya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RAPOR K13 KELAS IV SEMESTER 2"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah