RPP MATEMATIKA DARING KELAS IV SD SEMESTER 2

Semangat Pagi,,
Seperti yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya, RPP yang disusun oleh guru mengacu pada Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP. Dimana yang awalnya terdapat 13 komponen dalam penyusunan RPP namun sekarang hanya terdiri 3 komponen saja. Komponen tersebut meliputi tujuan, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian (assessment).

1. Tujuan Pembelajaran
Komponen ini merupakan salah satu yang penting dalam RPP. Tanpa tujuan, pembelajaran tidak akan terarah dan tentunya tidak akan sesuai yang diharapkan. Di dalam tujuan pembelajaran akan dipaparkan proses pembelajaran yang menjadi tujuan si pendidik. Oleh sebab itu tujuan pembelajaran menjadi kompenen yang wajib ada di dalam RPP.

2. Langkah-langkah Pembelajaran
Dalam komponen ini, guru menuangkan proses pembelajaran mulai dari pembukaan, kegiatan inti, dan penutup. Dalam kegiatan inti guru berusaha membangun partisipasi siswa agar aktif dalam pembelajaran. Siswalah yang aktif sedangkan guru hanya sebagai fasilitator. Semuanya itu tergambar dalam langkah-langkah pembelajaran, sehingga apabila langkah-langkah pembelajaran disusun secara teratur dan rapi maka tujuan pembelajaran akan mudah tercapai.


3. Penilaian Pembelajaran (Assessment)
Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian. Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, karena penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.


RPP yang disusun oleh guru pada Semester 2 ini sedikit berbeda dari RPP sebelumnya. RPP yang biasanya dibuat oleh guru yaitu RPP tatap muka artinya RPP yang sesuai dengan pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Namun seperti yang kita ketahui bersama wabah Covid-19 membuat semua proses belajar mengajar tidak bisa dilaksanakan di sekolah secara tatap muka, melainkan harus dilaksanakan secara daring/online. Tentu kondisi seperti ini membuat guru mengubah cara mengajarnya pula. Guru harus mampu memanfaatkan teknologi untuk mempermudah proses pembelajaran secara daring.

Ada banyak teknologi yang dapat digunakan seperti WhatsApp, Blogg, Google classroom, dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini juga akan mempengarui RPP yang akan disusun oleh guru. RPP yang disusun harus sesuai dngan kondisi yang terjadi di lapangan. Melihat kondisi seperti sekarang ini, maka RPP yang akan disusun oleh guru yaitu RPP daring. Artinya pelaksanaan pembelajaran yang tertuang dalam RPP harus menjabarkan pelaksanaan pembelajaran secara daring.

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi RPP Matematika Daring K13 Kelas IV SD Semester 2.
Untuk mengunduh RPP Matematika Daring Kelas IV Semester 2, dapat mengunduhnya dengan klik DISINI

RPP yang saya berikan di atas hanyalah sebagai contoh gambaran RPP Matematika Daring dimasa pandemi seperti sekarang ini. RPP tersebut dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di tempat bapak/ibu bertugas. Jika dirasa bermanfaat silahkan RPP ini dapat disebarluaskan ke sahabat-sahabat guru lainnya, sehingga dapat sedikitnya meringankan beban dalam pembuatan administrasi kelas pada Semester 2.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP MATEMATIKA DARING KELAS IV SD SEMESTER 2"

Post a Comment

atas 1

atas 2

Iklan Tengah Artikel