UNDUH APLIKASI RAPOR K13 SEMUA JENJANG (KELAS I-VI) SEMESTER 1

Semangat Pagi,,
Penilaian Akhir Semester (PAS) sudah dimulai pada awal Bulan Desember. Pada akhir tahun inilah terkadang pekerjaan guru semakin menumpuk mulai dari menilai hasil PAS, menganalisis sampai menginput nilai ke dalam rapor. Hal ini merupakan agenda tahunan yang harus diselesaikan guru-guru sebelum menyambut pergantian akhir tahun.
 
Menurut KBBI arti rapor yaitu buku yang berisi nilai kepandaian dan prestasi belajar murid di sekolah. Rapor ini berfungsi sebagai bukti fisik laporan guru kepada orang tua atau wali murid. Rapor pada umumnya adalah pemberian dari seseorang yang telah melewati waktu bersama, baik dalam belajar mengajar, diskusi, atau melalui sebuah penelitian. Seseorang yang telah mengetahui kelebihan dan kelemahan anak didiknya.
 
Rapor itu sendiri merupakan salah satu pertanggungjawaban sekolah terhadap masyarakat tentang kemampuan yang telah dimiliki siswa yang berupa sekumpulan hasil penilaian. Kegiatan penilaian dilakukan melalui pengukuran atau pengujian terhadap siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dalam suatu unit tertentu. Untuk memperoleh informasi yang akurat penilaian harus dilakukan secara sistematik dengan menggunakan prinsip penilaian.
 
Ada beberapa fungsi rapor yaitu sebagai berikut.
  1. Bagi Siswa: untuk mengetahui kemajuan hasil belajar diri, konsep-kosep atau teori-teori yang belum dikuasai, memotivasi diri untuk belajar lebih baik, serta memperbaiki strategi belajar agar kedepannya jauh lebih baik lagi. 
  2. Bagi Orang Tua: untuk mengetahui perkembangan anaknya sehingga orang tua dapat membantu anaknya belajar, memotivasi untuk meningkatkan hasil belajar serta melengkapi fasilitas belajar di rumah. 
  3. Bagi Guru: sebagai feedback (umpan balik) juga penilaian digunakan guru untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam satu kelas. Hasil penilaian harus dapat mendorong guru agar mengajar lebih baik, dan membantu guru untuk menentukan strategi mengajar yang lebih tepat. 
Selama ini rapor mengalami banyak perubahan. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menyempurnakan rapor tersebut agar sesuai dengan kebutuhan di satuan pendidikan. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan Rapor K13 khusus untuk masa pandemi seperti saat ini. Rapor ini dibuat oleh Kang Martho. Rapor ini sangat mudah untuk digunakan. 

Bapak/ibu dapat mengunduh secara gratis rapor K13, dengan mengklik gambar di bawah ini. Silahkan klik gambar di bawah ini, untuk mengunduh Rapor K13 Kelas I. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.
Sementara untuk mengunduh Rapor K13 Kelas II, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.
Sementara untuk mengunduh Rapor K13 Kelas III, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.
Sementara untuk mengunduh Rapor K13 Kelas IV, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.
Sementara untuk mengunduh Rapor K13 Kelas V, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.
Sementara untuk mengunduh Rapor K13 Kelas VI, silahkan klik gambar di bawah ini. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat pengunduhan file.
Semoga informasi Rapor K13 dapat menjadi refrensi atau sedikitnya dapat membantu bapak/ibu dalam menentukan rapor yang akan digunakan pada Semester Ganjil kali ini. Jika bermanfaat, silahkan dapat dibagikan kepada rekan-rekan guru lainnya.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "UNDUH APLIKASI RAPOR K13 SEMUA JENJANG (KELAS I-VI) SEMESTER 1"

Post a Comment

atas 1

atas 2

Iklan Tengah Artikel