SILABUS MATEMATIKA KELAS TINGGI (IV, V, DAN VI) SD SEMESTER 2

Semangat Pagi,,
Semester 1 sudah berakhir, tentunya sebagai seorang pendidik kita harus mempersiapkan administrasi Semester 2 lebih dini agar mempelajaran lebih terkonsep. Perangkat pembelajaran yang dimaksud meliputi Program Semester, Silabus, dan RPP. Jika semuanya tersebut sudah terpenuhi tentu guru akan mudah melaksanakan pembelajaran, karena semuanya sudah terkonsepkan secara rapi.

Pada postingan kali ini saya akan membagikan salah satu perangkat pembelajaran yaitu Silabus. Silabus adalah acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Sebelum menyusun RPP, guru harus membuat Silabus terlebih dahulu. Jika diibaratkan sebuah cerita silabus adalah kerangka dari cerita tersebut. Bagus tidaknya alur sebuah cerita sangat ditentukan oleh kerangka yang disusun. Setelah membuat kerangka barulah guru dapat merancang proses pembelajaran seperti apa yang akan dilaksanakan berdasarkan dari kerangka tersebut. Jika semuanya sudah dilakukan, maka guru akan dengan mudah mengaplikasikannya saat proses pembelajaran.

Dalam penyusunan Silabus ada beberapa komponen yang harus terpenuhi di dalamnya. Hal ini tertuang dalam Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Adapun komponen-komponen tersebut yaitu meliputi:
  • Identitas mata pelajaran 
  • Identitas sekolah 
  • Kompetensi Inti 
  • Kompetensi Dasar 
  • Tema 
  • Materi pokok 
  • Pembelajaran 
  • Penilaian 
  • Alokasi Waktu 
  • Sumber belajar
Nah pada kesempatan ini, saya ingin berbagi Silabus Matematika Semester 2 dari kelas IV-VI SD yang disusun berdasarkan Permendikbud No. 22 tahun 2016. Silahkan bapak/ibu klik gambar di bawah ini untuk mengunduh Silabus Matematika Kelas IV, nanti bapak/ibu akan diarahkan ke tempat mengunduh file.
Sementara untuk mengunduh Silabus Matematika Kelas V, silahkan bapak/ibu klik gambar di bawah ini, nanti akan diarahkan ke tempat mengunduh file.
Sementara untuk mengunduh Silabus Matematika Kelas VI, silahkan bapak/ibu klik gambar di bawah ini, nanti akan diarahkan ke tempat mengunduh file.
Demikian Silabus Matematika Semester 2 yang dapat saya bagikan. Bapak/ibu dapat meniru atau memodifikasi Silabus tersebut sesuai kondisi tempat tugasnya masing-masing. Jika dirasa Silabus ini bermanfaat, silahkan dapat membagikannya kepada rekan sejawat dengan harapan sedikitnya dapat membantu meringankan tugas guru dalam pembuatan administrasi kelas.
Yudi Candra Saya adalah seorang guru Sekolah Dasar yang ingin berbagi informasi sekaligus menambah informasi saya mengenai pendidikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SILABUS MATEMATIKA KELAS TINGGI (IV, V, DAN VI) SD SEMESTER 2"

Post a Comment

link 5 baris

atas 2

Iklan Tengah Artikel (5 baris)

bawah